Kelahiran Dibaca 771 kali

10 Rekomendasi Hair Lotion Untuk Bayi dengan Bahan Alami

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
10 Rekomendasi Hair Lotion Untuk Bayi dengan Bahan Alami

Siapa, sih, yang nggak ingin punya bayi yang lahir dengan rambut yang lebat dan sehat? Tebal tipisnya rambut bayi memang ditentukan oleh faktor genetik. Namun, menurut beberapa sumber, ada beberapa cara yang bisa Ibu terapkan agar rambut si kecil bisa tumbuh lebat saat lahir. Rambut pada janin dikatakan mulai tumbuh pada usia kandungan minggu ke-14.

Ada pun beberapa makanan yang dipercaya bisa membantu membuat rambut janin tumbuh dengan sehat, antara lain:

  • Telur. Telur kaya akan protein yang baik untuk pertumbuhan rambut.

  • Ikan. Kandungan omega 3 dan 6 di dalamnya diketahui baik untuk pertumbuhan rambut.

  • Buah yang berwarna oranye. Buah-buahan berwarna oranye banyak mengandung vitamin A.

  • Kacang-kacangan. Selain menambah energi, kacang-kacangan dan buah-buahan kering juga kaya akan nutrisi untuk kesehatan, seperti serat, beragam mineral dan protein.

Intinya, agar janin bisa tumbuh kembang dengan sempurna dan sehat, termasuk soal pertumbuhan rambutnya, Ibu mesti mengonsumsi makanan bergizi.

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Bayi

Nah, setelah si kecil lahir, ada bayi yang terlahir dengan rambut lebat, tapi ada juga yang terlahir dengan rambut tipis atau tidak ada sama sekali. Seberapapun tebal atau tipisnya rambut si kecil, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala bayi. Simak yuk beberapa tipsnya di sini.

  1. Menggunakan handuk dengan bahan lembut

    Penggunaan handuk yang kasar dan kebiasaan menggosok-gosok kepala untuk mengeringkan rambut anak, bisa merusak folikel rambut, dan menjadikan rambut patah dan rontok.

  2. Vitamin E

    Nggak hanya baik untuk kesehatan kulit, vitamin E juga bermanfaat untuk rambut.

  3. Almond

    Ibu bisa memijat kepala bayi dengan minyak sweet almond dan untuk anak yang lebih besar, kacang almond bisa dijadikan camilan untuk si kecil yang sudah bisa makan makanan padat, seperti kacang.

  4. Keramas secara rutin

    Keramas secara rutin agar kotoran dan keringat tidak menumpuk di kulit kepala.

  5. Grooming

    Kita biasanya menyisir rambut agar tidak berantakan. Padahal, menyisir rambut juga ada manfaat lainnya, loh, yaitu bisa memperlancar peredaran darah di kulit kepala.

  6. Zat besi

    Zat besi dapat mencegah rambut patah.

  7. Lidah buaya

    Lidah buaya seakan sudah menjadi resep turun temurun untuk mempertebal rambut.

  8. Menggunakan hair lotion atau hair oil untuk bayi
    Gunakan hair lotion untuk bayi saat memijat kulit kepalanya. Tujuan memijat kulit kepalanya adalah untuk melancarkan peredaran darah. Jangan lupa, gunakan minyak yang bermanfaat untuk kesehatan rambut, misalnya minyak kemiri, seledri, jojoba, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Hair Lotion untuk Bayi

Yuk, bantu pertumbuhan rambut anak dengan hair lotion, simak yaa rekomendasinya berikut ini:

  1. Mitu Baby Fresh and Clean Hair Lotion

    Hair lotion untuk bayi Mitu Baby Fresh and Clean Hair Lotion

    Produk ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti lidah buaya dan minyak kemiri (kukui nut oil) yang dipercaya punya beragam manfaat untuk kesehatan rambut. Selain teruji nggak memicu alergi, produk ini juga diformulasikan dengan pH yang seimbang.

    Pastikan Ibu membeli produk Mitu Baby Fresh and Clean Hair Lotion yang asli di official store-nya di sini. Kemasan 100ml, bisa Ibu dapat dengan harga Rp18.000. Hair Lotion dari Mitu ada varian lainnya yaitu Mito Baby Hair Lotion Natural dengan ekstrak aloe vera, minyak kemiri dan urang aring.

  2. Pure Baby Hair Lotion

    Hair lotion untuk bayi Pure Baby Hair Lotion

    Pure Baby Hair Lotion untuk bayi dengan formula yang lembut, diperkaya dengan minyak kemiri, seledri dan Pro Vitamin B5. Kandungannya dapat membantu pertumbuhan kulit bayi, merawat rambut agar tetap ternutrisi dan menjaga kesehatan kulit kepalanya.

    Produk ini aman digunakan setiap hari. Tersedia dalam dua ukuran yaitu 80ml dengan harga Rp21.000 dan kemasan 230ml. Klik di sini untuk memesan.

  3. My Baby Hair Lotion Black and Shine

    Hair lotion untuk bayi My Baby Hair Lotion Black and Shine

    Adalah lotion perawatan rambut dan kulit kepala bayi, dengan formula yang lembut dan teruji aman untuk kulit bayi. Dengan kandungan ekstrak alpukat dan kemiri, hair lotion untuk bayi yang satu ini punya tambahan manfaat lainnya, yaitu melembutkan rambut bayi dan menjadikannya berkilau. Yuk, beli My Baby Hair Lotion Black and Shine kemasan 100ml seharga Rp22.100 di sini.

  4. Baby Cussons Hair Lotion

    Hair lotion untuk bayi Baby Cussons Hair Lotion

    Hair lotion untuk bayi yang satu ini tersedia dengan beragam varian, yaitu almond oil and honey, coconut oil and aloe vera, juga candlenut and celery. Di salah satu official store-nya, Baby Cussons Hair Lotion kemasan 100ml, dijual dengan harga Rp23.50000, kemasan lainnya adalah 200ml, dengan harga Rp37.000.

  5. Zwitsal Baby Hair Lotion Natural

    Hair lotion untuk bayi Zwitsal Baby Hair Lotion Natural

    Hair lotion untuk bayi dari Zwitsal dengan kandungan alami diperkaya ekstrak kemiri, lidah buaya dan seledri. Fungsi kandungannya adalah untuk membantu pertumbuhan rambut bayi agar lebih tebal dan hitam. Juga menutrisi rambut, menjadikannya harum dan terasa segar.

    Produk ini teruji hypoallergenic dan aman digunakan untuk kulit sensitif. Kemasan 100ml dan 200ml. Zwitsal Baby Hair Lotion Natural kemasan kecil seharga Rp24.200 bisa dibeli di marketplace ini.

  6. Bambi Baby Hair Lotion

    Hair lotion untuk bayi Bambi Baby Hair Lotion

    Adalah hair lotion untuk bayi dengan bahan-bahan natural. Mengandung allantoin dan vitamin E yang bermanfaat untuk menenangkan kulit kepala bayi yang kemerahan akibat iritasi ringan, menjadikan rambut lembut dan berkilau serta mudah disisir. Kandungan lainnya adalah minyak kemiri, aloe vera dan seledri.

    Produk Bambi mudah di dapat karena punya banyak official store-nya, salah satu di sini, nih. Dengan Rp28.500 Ibu sudah bisa mendapatkan Bambi Baby Hair Lotion dengan ukuran 100ml.

  7. Pigeon Baby Hair Lotion

    Hair lotion untuk bayi Pigeon Baby Hair Lotion

    Pigeon Baby Hair Lotion diperkaya dengan minyak jojoba untuk menjaga kelembapan rambut bayi dan ekstrak bunga chamomile untuk menghindari kulit kepala dari iritasi ringan. Usapkan pada rambut setelah keramas, pijat perlahan dan sisir. Produk ini tersedia dalam dua ukuran yaitu 100ml dan 200ml dengan harga Rp35.000. Yuk, beli hair lotion untuk bayi ini dengan praktis di sini.

  8. Tropee Bebe Candlenut Oil

    Hair lotion untuk bayi Tropee Bebe Candlenut Oil

    Produk ini terbuat dari bahan alami yaitu kukui nut oil atau minyak kemiri untuk menstimulasi pertumbuhan rambut dan alis anak. Tropee Bebe Candlenut Oil juga dilengkapi dengan essential oil lavender untuk menambahkan manfaat dan menjadikan rambut anak harum. Minyak ini nggak menggunakan parfum sehingga aman untuk bayi.

    Beli produk ini di supermarket the FoodHall, di akun @tropeebebe.id atau di sini, dengan estimasi harga Rp50.000. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan juga sampo kemiri dari brand ini.

  9. Beauty Barn Kids Hair Lotion

    Hair lotion untuk bayi Beauty Barn Kids Hair Lotion

    Adalah leave-on hair lotion khusus untuk anak. Dibuat dengan bahan-bahan alami seperti candlenut oil (minyak kemiri) dan rosemary yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan menjadikannya tebal. Ada pula tambahan pink grapefruit untuk memperkuat rambut dan mencegah ketombe. Cara pakainya, cukup semprotkan pada rambut dan kulit kepala anak, lalu pijat perlahan dan nggak perlu dibilas.

    Produk ini bisa dipakai oleh bayi usia tiga bulan ke atas. Beauty Barn Kids Hair Lotion tersedia dalam tiga ukuran kemasan, yaitu 60ml dengan harga Rp 65.000, kemasan 120ml dan 250ml. Klik di sini untuk membeli di situs resminya.

  10. Azeta Baby Hair Aloe Vera Lotion

    Hair lotion untuk bayi Azeta Baby Hair Aloe Vera Lotion

    Selain menutrisi rambut, Azeta Baby Hair Aloe Vera Lotion juga bermanfaat untuk mengurangi gejala cradle cap atau ketombe (kerak kepala) bayi. Produk ini tidak menimbulkan alergi dan bisa digunakan oleh bayi baru lahir. Produk ini bisa Ibu beli di sini. Estimasi harganya adalah sekitar Rp100.000.

Cara menghilangkan kerak di kulit kepala bayi

Cradle cap atau kerak kulit di kepala bayi tidak menimbulkan rasa gatal ataupun nyeri, namun kerak ini agak sulit untuk dihilangkan. Kerak ini juga bisa muncul di sekitar telinga, hidung dan di kelopak mata. Belum diketahui secara pasti, apa yang menjadi penyebab munculnya kerak kulit kepala ini, diduga disebabkan oleh hormon ibu ketika hamil, jamur dan bakteri. Jangan coba menghilangkan kerak ini dengan menggaruknya, cukup mandikan bayi secara rutin dengan menggunakan sampo bayi dengan bahan yang lembut.

Sudah rajin pakai hair lotion tapi rambut anak tidak tumbuh selebat yang diharapkan? Ingat, ya, Bu, tebal atau tidaknya rambut anak juga dipengaruhi oleh gen. Jadi jangan terlalu kecewa bila hasilnya tidak sesuai dengan harapan Ibu. Yang paling penting, rambut si kecil tumbuh dengan sehat, terlepas dari tebal atau tipisnya rambut.

(Stephanie)