Kelahiran Dibaca 1,068 kali

12 Rekomendasi Krim Ruam Popok Bayi

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
12 Rekomendasi Krim Ruam Popok Bayi

Si Kecil sering rewel ketika Anda sedang membersihkan area popoknya, Bu? Mungkin ia terkena ruam popok, tuh. Bagaimana cara mengatasi ruam ini? Yuk, simak informasinya di bawah ini?

Apa Itu Ruam Popok?

Ruam popok atau diaper rash, adalah peradangan kulit (dermatitis) yang ditandai dengan kulit kemerahan di sekitar area popok. Ruam popok ini biasanya ada kaitannya dengan popok yang terlambat diganti sehingga kulit si kecil terpapar oleh tumpukan feses atau urin dalam waktu yang sangat lama. Untungnya, ruam popok nggak terlalu sulit untuk diatasi. Ruam popok juga gampang dikenali, contoh gejalanya misalnya muncul kemerahan di sekitar area genital, bokong dan paha bayi. 

Penyebab Ruam Popok pada Bayi

Ada beberapa hal yang bisa memicu munculnya ruam popok antara lain:

  1. Iritasi akibat urin dan kotoran

    Jika popok terlambat diganti, maka kotoran dan urin bisa memicu iritasi pada kulit bayi. Terlebih lagi, jika bayi sering buang air besar atau sedang terkena diare.

  2. Popok terlalu ketat

    Ukuran popok yang terlalu ketat bikin popok sering menggesek kulit. Hal ini juga bisa memicu munculnya ruam.

  3. Iritasi akibat suatu produk

    Meskipun kandungan pada perlengkapan bayi dikatakan aman, tapi tetap saja, loh, ada kemungkinan tidak cocok dengan kulit anak. Kandungan yang bisa mengiritasi ini, bisa saja berasal dari tisu basah, bedak, minyak, pelembap kulit, detergen pakaiannya, bahkan dengan kandungan yang ada pada popoknya.

  4. Infeksi jamur atau bakteri

    Karena sering tertutup oleh popok, maka kulit bayi seringkali menjadi lembap dan gerah. Nah, hal ini mudah banget memicu berkembangnya jamur (yeast) dan bakteri. Ruam popok yang diakibatkan oleh jamur atau bakteri ini biasanya ditandai dengan bintik-bintik kemerahan di lipatan kulit. 

  5. Kulit sensitif

    Bayi dengan kulit sensitif cenderung lebih gampang terkena ruam popok. Misalnya bayi dengan seborrheic dermatitis atau atopic dermatitis.

  6. Mencoba makanan baru

    Hal ini ada kaitannya dengan kotoran si Kecil. Setelah ia mendapatkan makanan padat misalnya, maka kandungan pada kotoran dan frekuensi ia buang kotoran akan berubah, hal ini bisa memicu ruam popok pada bayi. 

  7. Dampak dari makanan yang dimakan ibu

    Misalnya Ibu memberikan ASI, nah, apa yang Ibu konsumsi, mungkin tidak membuat si kecil sensitif sehingga terjadilah ruam popok. 

  8. Penggunaan antibiotik

    Ada kalanya bayi atau Anda membutuhkan antibiotik. Namun sayangnya, antibiotik terkadang turut menjadi faktor penyebab ruam popok.

Cara Mencegah Ruam Popok

Untuk meredakan ruam popok ini, Ibu bisa menggunakan krim ruam popok atau pengobatan lainnya yang disarankan oleh dokter. Ada pun tips untuk mencegah ruam popok, yaitu:

  • Lebih sering mengganti popok.

    Intinya, untuk menjaga agar kulit di sekitar popok tetap kering dan bersih. Ketika mengganti popok, bersihkan dengan baik dan perlahan (hindari menggosok-gosok kulit) kulit bayi, misalnya dengan kapas yang sudah dicelup air hangat. Gunakan sabun yang lembut bagi kulit bayi. Hindari menggunakan sabun atau wipes yang mengandung fragrance dan alkohol. 

  • Keringkan kulit bayi.

    Setelah Ibu membasuh, pastikan kulitnya dikeringkan dengan baik dengan handuk yang lembut. Selain itu, perlu juga kulit bayi dibiarkan terpapar udara, atau ‘diangin-anginkan’, caranya dengan memberi waktu si Kecil tanpa menggunakan popok.

  • Jangan pakai popok ketat.

    Jangan rekatkan popok terlalu ketat atau naikkan ukuran popoknya. Hal ini baik untuk aliran udara di dalam popok. 

Rekomendasi Krim Ruam Popok untuk Si Kecil

  1. Cussons Baby Protect Care Diaper Rash Cream

    Krim Ruam Popok Cussons Baby Protect Care Diaper Rash Cream

    Mengandung zinc oxide yang melindungi kulit, allantoin yang sebagai anti iritasi serta witch hazel extract untuk mengurangi gatal. Produk ini memiliki pH seimbang, aman bagi kulit sensitif dan bisa digunakan sehari-hari. Harga Cussons Baby Protect Care Diaper Rash Cream ini terjangkau, loh, yaitu Rp21.000 untuk kemasan 50gr. Ibu bisa memesannya di sini.

  2. Sleek Baby Antibacterial Diaper Cream

    Krim Ruam Popok Sleek Baby Antibacterial Diaper Cream

    Produk ini efektif mencegah ruam dan iritasi kulit di sekitar popok. Produk ini telah teruji tidak memicu alergi. Oleskan Sleek Baby Antibacterial Diaper Cream setiap selesai mandi atau setelah mengganti popok. Harganya, sekitar Rp35.000 untuk kemasan 80gr. Klik di sini untuk membelinya. Anda pun bisa mengecek informasi lengkap tentang produk Sleek lainnya di situs resmi Sleek.

  3. Zwitsal Extra Care Baby Cream

    Krim Ruam Popok Zwitsal Extra Care Baby Cream

    Adalah krim ruam popok yang dilengkapi dengan zinc, yang bermanfaat untuk meredakan ruam akibat iritasi, pemakaian popok yang terlalu lama atau terlalu ketat. Karena produk ini sudah teruji hypoallergenic, maka aman digunakan bagi kulit yang sensitif. Beli produk Zwitsal Extra Care Baby Cream di sini. Ukuran 100ml bisa Anda dapatkan dengan harga Rp40.000, untuk lebih praktis, tersedia kemasan kecil yaitu 50ml.

  4. Pure Baby Rash Cream

    Krim Ruam Popok Pure Baby Rash Cream

    Produk ini cepat serta efektif mengatasi berbagai jenis ruam, termasuk di antaranya ruam popok dan ruam akibat susu, serta mengatasi iritasi kulit. Kemasan tube 50gr, Pure Baby Rash Cream seharga Rp60.000. Pesan di sini.

  5. Botanina Diaper Rash Salve

    Krim Ruam Popok Botanina Diaper Rash Salve

    Produk ini juga terdiri dari bahan-bahan alami. Contohnya, minyak kelapa organik, lilin lebah, shea buter, lavender oil, chamomile blue german oil dan tocopherol vitamin E. Selain untuk meredakan ruam popok pada bayi, krim ini juga bisa digunakan untuk kulit yang meradang, mengatasi gatal alergi, terbakar, cacar, digigit serangga dan eksim. Karena bentuknya padat, produk ini bisa diandalkan ketika Anda membawa si Kecil bepergian. Caranya gampang, cukup hindari produk dari panas. Mau mencoba? Tinggal klik situs resminya di sini. Kemasan kaleng 15ml, bisa Anda beli dengan harga Rp65.000.

  6. Bepanthen Nappy Rash

    Krim Ruam Popok Bepanthen Nappy Rash

    Krim ruam popok ini punya dua kegunaan, yaitu mencegah munculnya ruam popok dan kandungan Provitamin B5 di dalamnya mempercepat penyembuhan dengan meregenerasi kulit baru. Bepanthen Nappy Rash diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang rentan. Produk ini tanpa pewarna, pewangi dan pengawet. Dengan harga Rp72.000 per 20gr, Anda bisa memesan produk keluaran Bayer ini di sini.

  7. Myco Z Salep

    Krim Ruam Popok Myco Z Salep

    Salep ini membutuhkan resep dokter, ya. Berfungsi untuk mengatasi infeksi kulit yang diakibatkan oleh jamur dan ruam kulit (termasuk ruam popok). Beli salep ini di sini, Rp105.000 untuk kemasan 10gr.

  8. Sudocrem Baby Care Cream

    Krim Ruam Popok Sudocrem Baby Care Cream

    Berbeda, nih, dengan krim ruam popok lainnya. Krim ini serbaguna, loh. Selain untuk menghilangkan nappy rash, krim ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit terbakar sinar matahari, bedsores, eksim, lecet dan perawatan kulit untuk orang tua. Untuk menggunakannya, cukup oleskan tipis-tipis saja, ya. Untuk bayi, pastikan Anda membeli produk di tempat yang terpercaya, ya, misalnya di sini. Sudocrem Baby Care Cream isi 60gr, harganya Rp115.000.

  9. Mustela Barrier Cream

    Krim Ruam Popok Mustela Barrier Cream

    Terdiri dari 98% produk alami, teruji secara klinis aman digunakan setiap hari serta bisa digunakan oleh bayi baru lahir. Krim popok ini tidak mengandung pewangi, pengawet, paraben dan bahan kimia lainnya. Mustela Barrier Cream kemasan praktis 50ml dengan harga Rp125.000 bisa Anda pesan di sini.

  10. Beauty Barn Delicate Soothing Diaper Cream

    Krim Ruam Popok Beauty Barn Delicate Soothing Diaper Cream

    Produk ini mengandung bahan-bahan alami. Shea butter di dalamnya melembapkan dan menenagkan kulit, tea tree sebagai disinfektan alami untuk mencegah timbulnya ruam popok, kandungan lainnya adalah jojoba oil dan lavender. Bersihkan area diaper, lalu oleskan krim dalam jumlah yang agak banyak, ya, Bu. Beauty Barn Delicate Sooting Diaper Cream kemasan 50gr, bisa Anda dapat dengan harga Rp125.000. Cek situs resminya di sini.

  11. Baby Sebamed Diaper Rash Cream

    Krim Ruam Popok Sebamed Diaper Rash Cream

    Krim ruam popok ini mengandung panthenol yang bisa membantu menyembuhkan luka dan meregenerasi kulit. Selain meringankan gejala ruam popok dan alergi, krim ini juga bisa menjaga kesehatan kulit. Produk Sebamed asli bisa Anda pesan dibeli di sini. Baby Sebamed Diaper Rash Cream ukuran 100ml, harganya adalah Rp184.000.

  12. Buds Everyday Nappy Time Change Cream

    Krim Ruam Popok Buds Everyday Nappy Time Change Cream

    Terdiri dari kombinasi shea butter, jojoba oil, sunflower oil, sesame oil, bisabolol dan vitamin E untuk membantu mengatasi ruam popok dan melindungi kulit si Kecil. Catatan, gunakan dalam jumlah kecil. Buds Everyday Nappy Time Change Cream isi 75ml dijual dengan kisaran harga Rp200.000. Yuk, cek produknya di sini.

Jika penggunaan krim ruam popok tidak membuat ruam popok kunjung sembuh atau justru memburuk, maka segera periksakan si Kecil ke dokter, ya, Bu. Tanda-tanda yang patut ibu waspadai adalah ruamnya berdarah, bernanah, demam, dan anak terlihat merasa kesakitan ketika buang air.

(Stephanie)