Kelahiran

5 Fakta Tentang Ibu Menyusui Makan Pedas, Apakah Boleh?

5 Fakta Tentang Ibu Menyusui Makan Pedas, Apakah Boleh?

Ibu menyusui makan pedas tampaknya masih menjadi polemik ya? Terutama di kalangan ibu-ibu yang sudah lebih dahulu lahir daripada kita, misalnya ibu kita atau nenek kita. 

Kabarnya bila mengonsumsi makanan pedas akan mempengaruhi rasa ASI yang dikeluarkan. Padahal Ibu sangat menyukai makanan pedas sebelum momen kehamilan dan kelahiran si kecil. Apakah ibu menyusui makan pedas berpengaruh pada bayi dan membahayakan? 

Lalu sebenarnya bolehkah ibu menyusui makan pedas? Atau apakah ibu menyusui makan pedas efek pada bayi cukup berbahaya? Ulasan berikut ini wajib dibaca sampai selesai bila Ibu sedang merasakan keraguan ini ya.

Fakta Tentang Ibu Menyusui Makan Pedas

Sebenarnya, tak ada makanan yang benar-benar pantang dikonsumsi saat sedang hamil atau menyusui, tentu saja kecuali kafein berlebih atau alkohol. Ibu menyusui diperbolehkan makan dan minum apapun asalkan kesehatannya tetap terjaga dan masih mampu menyusui si kecil dengan baik tanpa hambatan. 

Bila makanan pedas memicu rasa sakit perut sehingga ibu tidak bisa menyusui, maka sebaiknya makanan jenis ini dihindari. Mengutip dari laman Healthline, berikut ini merupakan fakta tentang ibu menyusui makan pedas yang perlu kita ketahui:

1. Ibu Menyusui Boleh Makan Pedas

Bolehkah ibu menyusui makan pedas? Sampai saat ini belum ada penelitian atau hasil ilmiah yang pasti mengenai bahaya ibu menyusui makan pedas. Ibu menyusui tetap boleh makan pedas asalkan tidak berlebihan dan tetap aman untuk perut atau kesehatannya.  Faktanya, ibu menyusui makan pedas efek pada bayi akan sangat minim. 

Justru bayi yang terpapar berbagai macam rasa melalui cairan ketuban saat ibu sedang hamil atau melalui ASI nantinya akan membuat si kecil lebih mampu bertoleransi pada rasa makanan yang variatif saat memasuki fase MPASI-nya. Rasa lain yang mungkin akan mempengaruhi rasa ASI adalah bawang putih, mint, hingga vanilla. 

Sebuah penelitian mengungkapkan juga, ibu yang suka berbagai macam rasa kuat ketika hamil dan menyusui akan cenderung melahirkan bayi pecinta kuliner nantinya. Ini cukup menjawab pertanyaan apakah ibu menyusui makan pedas berpengaruh pada bayi bukan?

2. Hentikan Bila Mengganggu Kesehatan

Ibu menyusui makan pedas boleh asal tidak membuat kondisi kesehatannya menurun misalnya makanan pedas justru memicu GERD kambuh, memunculkan heartburn yang tak nyaman, perut mulas, hingga memicu diare berkelanjutan. 

Hentikan mengonsumsi makanan pedas terutama saat sedang menyusui bila hal-hal ini terjadi. Alih-alih mendatangkan manfaat, bagi sebagian orang yang tak kuat makan pedas justru akan membuatnya tumbang. 

Namun pada dasarnya, hal ini sekaligus menjawab apakah ibu menyusui makan pedas berpengaruh pada bayi atau tidak. Bila tidak membahayakan ibunya, maka tetap aman untuk bayinya juga kalau dikonsumsi secara aman.

3. Mengonsumsi Makanan Pedas Secukupnya

Sebenarnya disarankan supaya ibu menyusui makan pedas bila benar-benar meginginkannya saja. Lalu apakah ibu menyusui makan pedas berpengaruh pada bayi? 

Sebenarnya hal ini akan lebih fokus kepada efek pada kesehatan ibunya, bila ibu menyusui sakit maka warna dan rasa ASI akan terpengaruh sehingga tak nyaman juga untuk si kecil. Saat menyusui sebaiknya memilih makanan yang aman baik untuk ibu maupun bayinya.

4. Makan Pedas Mempengaruhi Rasa ASI

Apakah ibu menyusui makan pedas berpengaruh pada bayi Tidak sama sekali, namun makanan pedas akan mempengaruhi rasa ASI adalah hal yang benar. Melansir dari laman Very Well Family, seorang asisten professor di Medical University of Varna, Bulgaria bernama Dimitar Marinov mengungkapkan suatu hal dan sekaligus menjawab pertanyaan bolehkah ibu menyusui makan pedas, menurutnya makanan pedas hanya akan mempengaruhi rasa ASI namun tidak membahayakan bayi Ibu. 

Karena fakta ini juga, Dimitar Marinov mengatakan kalau ibu menyusui boleh makan pedas dan sebaiknya tidak terlalu membatasi diri dengan diet ketat.

5. Bayi Rewel Karena ASI Pedas adalah Mitos

Mayoritas orang tua atau orang-orang yang terdahulu seringnya percaya bahwa sesuatu yang mereka makan termasuk makanan pedas akan membuat bayi Ibu rewel terus menerus. Mereka juga khawatir kalau ibu menyusui makan pedas efek pada bayi akan lebih buruk lagi. 

Padahal ini merupakan mitos yang sebaiknya tidak ditelan mentah-mentah karena pada dasarnya pemicu bayi rewel belum tentu dari ASI atau makanan yang dikonsumsi Ibunya. 

Ashley Georgakopoulos, konsultan laktasi dan direktur laktasi di Motif Medical juga mengungkapkan ini adalah mitos yang masih sering beredar di kalangan ibu menyusui, ia juga menuturkan banyak budaya di seluruh dunia yang sering menikmati rempah-rempah namun ibunya tetap menyusui dengan baik. Kesimpulannya, ibu menyusui makan pedas aman untuk bayi!

Manfaat Makanan Pedas Saat Menyusui

Fakta-fakta di atas sudah menjawab banyak pertanyaan tentang bolehkah ibu menyusui makan pedas? Atau saat ibu menyusui makan pedas efek pada bayinya akan seperti apa? 

Selebihnya, Ibu penyuka makanan pedas boleh sedikit lega karena makanan pedas tersebut justru bermanfaat untuk proses menyusui yang sedang ibu jalani, mengutip dari laman Very Well Family, berikut ulasannya:

1. Memperbanyak Produksi ASI

Ibu menyusui makan pedas justru akan membuat bayi ibu nantinya akan lebih mengenal rasa makanan yang variatif sehingga kegemarannya pada makanan juga akan meningkat. Beberapa bayi juga ternyata penyuka rasa yang amat kuat dan lebih suka mengonsumsi makanan yang beraroma dibandingkan makanan yang aman-aman saja dengan rasa yang cenderung hambar. 

Memang tidak salah juga, namun terkadang GTM akan lebih sering dimulai lebih dahulu. Saat ibu menyusui makan pedas atau mengkonsumsi makanan dengan rasa yang lebih kuat cenderung akan membuat si kecil menghabiskan waktu menyusu lebih lama. Sebuah penelitian juga mengungkapkan, pernah ada percobaan tentang bayi yang terpapar bawang putih dalam ASI justru betah menyusu lebih lama.

2. Bayi Berkenalan dengan Aneka Rasa

Ashley Georgakopoulos, konsultan laktasi mengungkapkan bahwa saat ibu menyusui makan pedas dan mengkonsumsi makanan yang lebih beraroma justru akan membuat bayi Ibu menjadi seorang pemakan yang lebih baik dan lebih berani nantinya. Varian rasa yang lebih kuat dan beraroma ini juga akan mengembangkan selera makan si kecil lebih baik lagi. 

3. Bikin Ibu Lebih Happy!

Satu hal yang dilarang dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah makanan pemicu alergi, jadi wajib waspada dan mengetahui makanan jenis apa yang membuat si kecil alergi. Bila sudah tahu maka wajib untuk dihindari. 

Saat menyusui, ibu sebaiknya tidak perlu melakukan diet ketat dan makan berbagai makanan yang ada cenderung akan menambah energi dan kekuatan ibu saat menjalani hari-hari dan merawat si kecil. 

Menghilangkan menu makanan pedas kesukaan ibu seringkali akan membatasi pola makan ibu menyusui sehingga dikhawatirkan akan menyebabkan nutrisi yang tidak seimbang.

Fakta Tentang Makanan Pedas

Jenis makanan yang satu ini kerap sekali menjadi pemicu seseorang sakit perut, panas dalam, hingga sakit tenggorokan. Makanan pedas di sisi lain juga mengandung capsaicin yang memberi manfaat juga untuk tubuh, berikut ini manfaat lain dari makanan pedas, dilansir melalui CNN Indonesia:

1. Meningkatkan Selera Makan dan Membuat Bahagia 

Siapa yang kalau makan harus tersedia sambal di meja? Yup benar sekali, makanan pedas biasanya akan lebih menggugah selera makan dan meningkatkan suasana hati lho. 

Hormon endorfin pembawa rasa bahagia ini ternyata bisa lepas saat kita mengonsumsi makanan pedas karena mengandung capsaicin. Menurut riset Northwestern University, capsaicin akan merangsang sinyal yang akan membuat otak kita berpikir kalau kita sedang diserang rasa sakit (mengkonsumsi makanan pedas memang ada efek yang tak terduga), oleh karena hal ini, otak secara otomatis akan melepas hormon endorfin untuk melawan rasa yang tidak nyaman ini. 

Jadi bila hati sedang tidak mood, ada baiknya Ibu segera mencari makanan pedas yang menggugah selera ya supaya mood bisa kembali bagus lagi dan merawat si kecil dengan bahagia lagi.

2. Membuat Sumbatan pada Hidung Mereda

Pernah dengan kalau lagi flu atau pilek inginnya makan makanan panas yang pedas supaya hidung tidak buntu dan ingus bisa cair seketika kan? Nah ini bener banget! 

Dengan mengkonsumsi makanan yang hangat dan pedas, ingus akan lebih lumer dan cair seketika, ini juga bisa meningkatkan selera makan sehingga flu dan pilek bisa teratasi secara lebih alami. 

Ada banyak rekomendasi makanan pedas yang dapat membantu meredakan flu dan pilek seperti semangkuk bakso pedas, semangkuk soto segar yang pedas, pecel lele dengan sambal yang pedas, atau semangkuk kari pedas kesukaan Ibu. 

Meski makanan pedas bagus, tapi hindari dulu makanan pedas yang tidak alami seperti bubuk cabai ditambah penguat rasa karena ditakutkan malah akan membuat tenggorokan tidak nyaman.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Makanan pedas juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung  atau kardiovaskular. Mengkoksumi cabai juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan melawan peradangan. 

Capsaicin yang terkandung di dalam makanan pedas dapat juga menghadang gen yang mempersempit arteri sehingga aliran darah pada pembuluh meningkat. Ketika pembuluh darah melebar, ini dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah pembekuan darah.

4. Mendukung Program Diet

Ibu sedang melakukan diet? Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makanan pedas dapat membantu menigkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Riset lain juga membuktikan saat kita mengkonsumsi makanan pedas, tubuh akan melakukan peningkatan pembakaran energi secara sederhana. 

Namun tentu saja tidak serta merta makanan pedas akan langsung menurunkan berat badan ya, jadi harus tetap diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

5. Makanan Pedas Kaya Akan Nutrisi

Apakah ibu menyusui makan pedas berpengaruh pada bayi? Tidak, justru sebaliknya, Ibu menyusui makan pedas akan menambah sejumlah nutrisi pada ibu dan ASI yang dihasilkan. Makanan pedas seperti yang menggunakan cabai alami akan mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin A dan C serta beberapa mineral penting yang berguna untuk tubuh kita. Inilah mengapa ibu menyusui makan pedas efek pada bayi tidak begitu signifikan dan malah mendatangkan manfaat.

6. Mencegah Kanker

Bila masih ada yang bertanya bolehkah ibu menyusui makan pedas? Jawabannya adalah masih boleh asal tidak berlebihan dan tidak menyebabkan sakit. Adalagi manfaat lain mengkonsumsi makanan pedas seperti dapat mencegah kanker. 

Menurut American Association for Cancer Research, capcaisin yang terkandung pada cabai dapat membantu membunuh sel kanker dan leukemia bahkan efeknya juga sama pada tubuh yaitu seperti obat kanker.


Editor: Atalya