Kelahiran

5 Hal Yang Membuat Anda Merasa Sakit Saat berhubungan Intim Paska Operasi Caesar

5 Hal Yang Membuat Anda Merasa Sakit Saat berhubungan Intim Paska Operasi Caesar

Penelitian menunjukkan kebanyakan wanita mengalami rasa sakit saat pertama kali berhubungan seks setelah melahirkan, meski mereka melahirkan secara normal maupun sesar. Wanita yang melahirkan melalui operasi caesar kemungkinan dua kali lipat mengalami rasa sakit saat melakukan seks selama 18 bulan setelah melahirkan, dibanding wanita yang melahirkan secara normal.

Pemulihan Dari Operasi Caesar

Setelah menjalani operasi caesar, Anda akan dirawat di rumah sakit selama 2 hingga 4 hari. Perlahan alat medis seperti obat rasa sakit dan kateter dilepas. Meski tidak melahirkan secara normal, Anda tetap mengalami pendarahan vaginal karena rahim berkontraksi untuk kembali ke ukuran normal.

Kebanyakan pasien sesar tidak mengalami pendarahan vaginal sebanyak pasien yang melahirkan normal. Ini karena darah sudah dibersihkan selama pembedahan. Tapi pendarahan akan tetap berlangsung selama 4 hingga 6 minggu.

Rahim butuh waktu sekitar 6 minggu untuk kembali ke ukuran normal, serviks akan menutup kembali selama waktu ini. Anda harus menghindari seks atau menggunakan tampon di vagina selama beberapa minggu setelah sesar.

Berhubungan Seks Setelah Operasi caesar

Kebanyakan ahli menyarankan untuk menunggu 6 minggu setelah melahirkan sebelum kembali melakukan hubungan seks. Ini berlaku bagi wanita yang melahirkan secara normal maupun sesar. Kebanyakan operasi caesar dilakukan setelah persalinan dimulai yang berarti tubuh telah mengalami perubahan fisik yang sama dengan persalinan dan kelahiran normal.

Butuh sekitar 6 minggu untuk serviks menutup sepenuhnya. Ini jadi waktu bagi tubuh untuk pulih setelah pembedahan. Beberapa wanita memerlukan waktu lebih lama dari 6 minggu sebelum berhubungan seks setelah operasi caesar. Ini bergantung apa yang mereka rasakan secara fisik maupun emosi.

Penyebab Kenapa Berhubungan Seks Terasa Sakit Pasca Operasi Caesar

Meski telah menunggu 6 minggu setelah melahirkan sebelum berhubungan seks kembali, beberapa wanita mengalami rasa sakit saat berhubungan intim. Ini kadang menimbulkan stres. Rasa sakit bisa bervariasi mulai dari sensasi terbakar hingga rasa sakit internal. Berikut penyebab utama rasa sakit saat berhubungan seks setelah operasi caesar:

1. Rasa Sakit Di Sekitar Luka

Sayatan paling umum yang digunakan pada operasi caesar adalah “bikini cut” atau sayatan horizontal. Sayatan dibuat pada perut bawah, tepat diatas rambut kemaluan. Luka sayatan tidak hanya pada permukaan kulit. Ada juga luka pada jaringan di bawah sayatan. Area luka membatasi aliran darah dan bisa sangat sensitif pada sentuhan. Pasien sesar juga mengalami rasa sakit pada bagian dalam, meski luka telah lama sembuh. Luka operasi caesar bisa menyebabkan otot di dekatnya merasakan sakit, termasuk area seperti klitoris.

2. Tingkat Estrogen Rendah

Hormon estrogen membantu menjaga jaringan di vagina, sehingga vagina mendapat pelumas yang baik. Menyusui membuat tingkat estrogen rendah, yang berarti selama berhubungan seks, wanita bisa merasa tidak nyaman atau sakit karena kekeringan dan gesekan. Penggunaan pelumas sebelum penetrasi kadang bisa membantu. Beberapa wanita diresepkan krim estrogen untuk mengatasi vagina yang kering. Biasanya tingkat estrogen akan meningkat dan kembali normal ketika siklus menstruasi datang kembali.

3. Menyusui, Kekeringan, Dan Libido Rendah

Menyusui bisa menurunkan hormon alami di dalam dan luar vagina yang membuat hasrat seks menurun. Bila Anda tidak memiliki hasrat seks, vagina tidak akan basah. Bila vagina tidak cukup basah, terjadi gesekan yang terasa seperti sobekan. Anda harus gunakan pelumas. Coba gunakan minyak kelapa, minyak zaitun, atau pelumas dengan bahan dasar air.

4. Cemas Bayi Akan Terbangun

Tahukah Bunda, otot dasar panggul itu merespon apa yang ada di pikiran Anda. Otot ini ibarat pembaca pikiran. Mengagumkan bukan? Ketika Anda merasa takut, gugup, cemas, atau tidak nyaman, otot dasar panggul secara otomatis meresponnya dan menegang. Ini membuat vagina dan anus menjadi lebih kecil. Bila otak lebih rileks, vagina juga akan rileks.

5. Disfungsi Dasar Panggul

Ada mitos yang bilang kalau masalah dasar panggul hanya terjadi setelah kelahiran vaginal. Kehamilan yang jadi penyebab utamanya, yakni ketika otot dan jaringan terhubung ke depan dan belakang panggul sehingga menegang bahkan terluka. Ini bisa memicu otot mengencang di dasar panggul. Ketegangan ini menimbulkan rasa sakit saat berhubungan seks. Wanita merasakan sakit di vagina atau area spesifik seperti area tepat di atas serviks. Kecemasan tentang seks yang terasa sakit bisa menyebabkan lebih banyak ketegangan, yang memicu rasa sakit lanjutan yang dialami selama berhubungan seks.

Anda bisa mencari bantuan dari spesialis kesehatan wanita atau kembali melatih dasar panggul Anda. Terapi meliputi relaksasi dasar panggul, pernafasan diafragma, dilator vagina, dan kadang relaksasi otot. Seks yang terasa sakit adalah hal normal, tapi ini jadi topik yang risih dibahas bersama dokter. Beberapa wanita menganggap dokter bukan orang yang tepat untuk membantu menemukan penyebab rasa sakit saat seks.

Tubuh butuh waktu untuk pulih dari operasi caesar. Minta pasangan untuk bersabar dan bersikap lembut. Bila rasa sakit berlanjut, jangan ragu untuk meminta referensi  spesialis kesehatan wanita yang bisa membantu mencari tahu penyebab dan penanganan terbaik.

Tips Mengatasi Rasa Sakit Saat Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar

Kemungkinan seks bukan jadi prioritas utama Anda saat sudah memiliki anak. Seks setelah melahirkan lebih banyak rasa sakitnya dibanding senangnya. Bunda mungkin akan bertanya-tanya, apakah Anda bisa menikmati hubungan intim lagi? Tentu saja. Bunda hanya butuh waktu dan kesabaran, terutama dari pasangan. Nah, berikut beberapa tips untuk membantu Anda siap melakukannya hubungan intim setelah caesar:

1. Lampu Hijau Dari Dokter

Hal pertama dan paling penting, pastikan Anda sudah mendapat izin dari dokter. Jangan berhubungan seks sebelum 4 minggu setelah melahirkan. Ini bisa menyebabkan infeksi vagina buat Bunda yang melahirkan normal, dan buat Anda yang menjalani operasi caesar, luka masih dalam proses penyembuhan di waktu-waktu tersebut. Lagi pula, tubuh Anda butuh waktu untuk sembuh.

2. Pemanasan

Tentu pasangan sudah tidak sabar karena sudah menunggu selama 6 minggu atau bahkan lebih, dan kini ia sangat siap melakukannya. Meski ia tidak butuh banyak foreplay, Anda sangat membutuhkannya. Jadi minta pasangan melakukannya, bahkan lebih intens dari biasanya.

3. Beritahu Yang Harus Dilakukan Suami

Anda yang tahu mana yang terasa sakit dan mana yang tidak. Jadi bicaralah dan beri panduan untuk suami.

4. Posisi Yang Tepat

Lakukan eksperimen dan temukan posisi yang tidak menekan jahitan dan memberi Anda kontrol saat penetrasi dalam. Posisi wanita di atas atau spooning sangat baik untuk dilakukan pasca melahirkan karena alasan tadi.

5. Latihan Kegel

Pompa aliran darah dan fleksibilitas otot vagina dengan melakukan latihan Kegel. Mulai lakukan Kegel segera setelah melahirkan. Anda juga bisa memulainya selama hamil, sebelum melahirkan. Lakukan siang dan malam dan juga saat Anda berhubungan seks.

Ini yang harus Bunda lakukan saat senam kegel:

  • Tahan dasar panggul seperti Anda menghentikan aliran urin saat buang air kecil

  • Tahan otot selama beberapa detik

  • Ulangi sesering mungkin sepanjang hari, semakin sering semakin baik.

(Ismawati)