Kelahiran

7 Merk Suplemen Pelancar ASI, Bikin Produksi ASI Melimpah!

7 Merk Suplemen Pelancar ASI, Bikin Produksi ASI Melimpah!

Benarkan menyusui adalah proses yang alami sehingga Ibu tidak memerlukan suplemen pelancar ASI?

Proses menyusui merupakan hal yang sangat menantang sekaligus mengesankan bagi tiap Ibu. Tentunya tidak semua Ibu dianugerahi dengan produksi ASI yang melimpah sejak awal kelahiran si kecil.

Beberapa Ibu justru ada yang harus berjuang untuk memperbanyak produksi ASInya. Mulai dari dengan menjaga makanan yang lebih bernutrisi hingga mengonsumsi suplemen pelancar ASI.

7 suplemen pelancar ASI terbaik

Yup! Suplemen pelancar ASI menjadi salah satu ikhtiar Ibu agar produksi ASInya tetap lancar. Di dalam suplemen pelancar ASI tersebut biasanya sudah terdapat berbagai macam ekstrak bahan alami yang dipercaya untuk melancarakan ASI.

Misalnya saja mulai dari ekstrak daun katuk, daun torbangun, daun kelor, barley dan aneka bahan alami lainnya yang diolah menjadi suplemen. Selain dapat meningkatkan produksi ASI, suplemen pelancar ASI juga praktis dikonsumsi tanpa adanya proses pemasakan. 

Untuk itu, berikut adalah berbagai merk suplemen pelancar ASI yang bisa jadi pilihan bagi Ibu menyusui.

1. Herbs of Gold


Photo source: Tokopedia

Herbs of Gold adalah salah satu suplemen ASI terbaik yang. Suplemen pelancar ASI ini mengandung ekstrak fenugreek yang dapat melancarkan aliran ASI yang tersumbat.

Bahkan menurut para Ibu yang sudah mengonsumsi pil pelancar ASI ini, dengan mengonsumsi beberapa pil Herbs of Gold setiap 1 tablet sehari produksi ASI sudah mulai berlimpah lho! Tentunya dibarengi dengan konsumsi makanan yang bergizi dan konsumsi cairan yang lebih banyak.

Nah, agar produksi ASI makin berlimpah walau sudah minum suplemen pelancar ASI, Ibu juga diharapkan tetap sering menyusui si kecil. Mengingat prinsip produksi ASI adalah supply and demand.

Jika kami merupakan seorang Ibu bekerja, maka disarankan untuk sering memompa ASI tiap 2-3 jam sekali agar produksi ASI makin lancar. Harga pil pelancar ASI Herbs of Gold memang terbilang cukup mahal yakni sekitar Rp 230 ribu hingga Rp 250 ribu-an.

2. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold


Photo source: Tokopedia

Merk suplemen pelancar ASI terbaik yang banyak dipilih oleh Ibu menyusui lainnya adalah Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold. Yup! Selain dikenal dengan produk penunjang kesehatan keluarga, Blackmores juga punya varian suplemen khusus untuk Ibu menyusui lho!

Pil pelancar ASI mengandung asam folat, zat besi, kalsium serta DHA dan mineral lainnya yang bermanfaat untuk melancarkan aliran ASI. Berbeda dengan pil pelancar ASI lainnya, Ibu disarankan mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold sebanyak 2 kali sehari. 

Harga yang ditawarkan oleh suplemen pelancar ASI yang satu ini adalah mulai dari Rp 339.500/120 kapsul.

3. Mom Uung


Photo source: Shopee

Diklaim dapat memperbanyak produksi ASI hingga kental dan bernutrisi bagi bayi, Mom Uung juga jadi salah satu suplemen pelancar ASI yang banyak jadi pilihan para Ibu.

Mom Uung adalah suplemen pelancar ASI berbentuk kapsul yang mengandung kandungan daun kelor dan ekstrak ikan gabus. 

Daun kelor sendiri merupakan sayuran yang baik untuk melancarkan ASI, sementara ikan gabus sendiri bermanfaat untuk meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin yang bagus diperlukan oleh Ibu menyusui agar produksi ASI menjadi lebih lancar dan melimpah.

Bahkan, tak hanya bisa melancarkan produksi ASI, Mom Uung  juga dapat mencegah penuaan dini berkat kandungan antioksidan dalam daun kelor dan mempercepat penyembuhan luka pasca operasi caesar berkat albumin yang terdapat dalam ekstrak ikan gabus tersebut. 

Mom Uung sendiri bisa dikonsumsi sehari 2 kali tiap 2 kapsul dan di jual bebas di pasaran dengan harga sekitar Rp 120 ribu.

4. Herbiology Breastfeeding


Photo source: Herbilogy

Suplemen pelancar ASI yang satu ini selain bisa membantu memperbanyak produksi ASI, ternyata juga bisa merangsang hormon prolaktin dan oksitosin lho! Ditambah dengan bahan utama ekstrak daun katuk, daun kelor, dan fenugreek dapat mengendorkan otot payudara sehingga pembuluh darah dapat melebar.

Hal ini otomatis dapat membantu memperlancar proses produksi dan aliran ASI. Herbilogy breastfeeding ini tersedia dalam kemasan kapsul per 60 butir dan berbentuk minuman teh dengan harga mulai dari Rp 90 ribu sampai Rp 120 ribu-an.

Sementara untuk aturan konsumsinya, pil pelancar ASI ini bisa diminum sebanyak 3 kali sehari. Untuk hasil terbaik, Ibu disarankan untuk tetap memperbanyak minum air putih sebanyak 8 gelas sehari.  

5. ASIfit


Photo source: Toko Sehatq

Berbeda dengan pil pelancar ASI lainnya, ASIfit adalah suplemen pelancar ASI dengan harga yang terbilang cukup terjangkau ya Bu. Sebab per 30 kaplet suplemen ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 70 ribu-an saja lho!

Untuk komposisinya sendiri, ASIfit ini mengandung ekstrak daun katuk yang dapat membantu melancarkan aliran ASI yang tersumbat serta dapat menjaga daya tahan tubuh Ibu selama menyusui. 

Nggak hanya itu ya Bu, pil pelancar ASI ini juga mengandung vitamin B12, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1 yang berfungsi untuk membantu memperbaiki proses metabolisme, kinerja saraf Ibu dan juga bayi.

6. Herba ASImor


Photo source: Home Tester Club

Ingin ASI lebih kental tubuh lebih fit pasca melahirkan? Ibu mungkin bisa memiliki Herba ASImor sebagai salah satu suplemen pelancar ASI pilihan. Sebab produk ini mengandung kombinasi 3 bahan alami yang dapat meningkatkan produksi air susu pada Ibu menyusui yakni ekstrak daun katuk, torbangun, dan ikan gabus.

Karena mengandung ekstrak ikan gabus otomatis membuat suplemen pelancar ASI ini dapat membantu proses penyembuhan luka pasca melahirkan dan membuat ASI jadi jauh lebih kental. Suplemen pelancar ASI ini bisa dikonsumsi sehari 2 kali per 1 kaplet dengan harga jual sekitar Rp 65 ribu hingga Rp 78 ribu.

7. Legendary Milk Pump Princess


Photo source: Shopee

Legendary Milk Pump Princess adalah suplemen pelancar ASI buatan Amerika yang cukup banyak peminatnya di Indonesia lho! Apalagi kebanyakan review dari para Busui yang mengatakan suplemen pelancar ASI ini terbukti ampuh dalam melancarkan dan membuat produksi ASI menjadi lebih banyak.

Berbeda dengan merk pil pelancar ASI lainnya, Legendary Milk Pump Princess diformulasikan khusus oleh para ahli tanpa mengakibatkan bayi terkena kolik setelah menyusui. 

Untuk komposisinya sendiri, Pump Princess lebih banyak mengandung black seeds, daun torbangun, fennel dan moringa yang terpercaya dapat meningkatkan produksi ASI oleh para masyarakat India dan Timur Tengah sejak berabad-abad lalu.

Untuk dosis sekali minum disarankan sebanyak 2-3 kali sehari per 1 tablet. Sementara untuk harganya sendiri suplemen pelancar ASI ini memang terbilang cukup mahal yakni sekitar Rp 300 ribu/ 60 kapsul dan Rp 800 ribu-an/ 180 kapsul.

Editor: Dwi Ratih