Kelahiran

7 Pilihan Botol Susu Bayi Paling Direkomendasikan

7 Pilihan Botol Susu Bayi Paling Direkomendasikan

Ada begitu banyak variasi botol susu bayi di pasaran, sehingga menemukan yang paling tepat dan nyaman digunakan oleh bayi jadi susah-susah gampang. Saking banyaknya pilihan, Ibu bisa pusing sendiri yang mana yang sekiranya akan cocok dan disukai bayi. Nah, jika Ibu kebingungan, mari simak bersama kelanjutan artikel ini. 

Sebelum mulai menentukan merk apa yang akan disukai bayi, sebaiknya Ibu tidak membeli botol susu bayi langsung dalam jumlah banyak. Menurut laman Baby Sparks, jika belum menemukan botol susu bayi yang pas, maka belilah 1 untuk setiap jenis botol dengan mulai dari mencoba 2 jenis saja. Bila nantinya kedua jenis ini ditolak bayi, cobalah merk lain dengan cara yang sama, yaitu mencoba 2 jenis botol lainnya.

Nah, perhatikan hal-hal di bawah ini, ya saat mulai mencari botol susu bayi:

  • Pastikan botol memiliki tanda BPA-free.
  • Pilih botol yang mudah dipegang anak dan mudah dibersihkan.
  • Pilih botol yang paling tahan panas dan tidak menyerap bau atau warna, seperti botol berbahan PPSU. Meski lebih mahal dari botol berbahan PP, PPSU memiliki daya tahan pemakaian lebih lama, yaitu 1 tahun, sebelum akhirnya diganti. Sedangkan botol PP harus diganti jika sudah 6 bulan pemakaian. Botol berbahan siliko atau kaca juga direkomendasikan karena ketahanannya lebih baik daripada plastik.
  • Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan bayi. Jika bayi minum masih sedikit, maka gunakan botol berkapasitas kecil. Jika bayi terbiasa minum banyak, berikan yang ukurannya lebih besar.
  • Pilih nipple yang paling nyaman untuk anak. Ada nipple yang berbentuk panjang tapi ramping, ada juga yang lebar tapi pendek. 
  • Pilih level nipple yang sesuai usia bayi. Level ini menentukan seberapa besar lubang pada nipple dan memengaruhi banyaknya susu yang menetes.

Rekomendasi Merk Botol Susu Bayi

Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, berikut rekomendasi botol susu bayi yang bisa dicoba:

1. Pigeon Nursing Bottle

Photo source: pigeon.co.id

Pigeon dikenal sebagai merk yang paling umum dipilih Ibu karena harganya yang terjangkau, nipple dot yang nyaman digunakan bayi dan kualitas yang unggul. Pigeon menghadirkan beberapa pilihan botol susu bayi sesuai kebutuhan bayi. Botol PP hadir dalam jenis standart dan wide neck. PP Slim Neck Nursing Bottle menggunakan nipple peristaltik yang mendorong gerakan alami dari lidah bayi. Sedangkan PP Wide Neck juga menggunakan nipple peristaltik yang didesain denga permukaan lebar untuk membuat bayi membuka mulutnya lebih lebar. Ada juga jenis Glass Nursing Bottle dengan badan botol dari kaca, juga PPSU Nursing Bottle yang berbahan PPSU. Semua varian ini hadir dalam pilihan size 160ml dan 240ml. Khusus slim neck, Pigeon juga menyediakan ukuran 50ml.

2. Sweety Baby Bottle

Photo source: sweetycare.com

Sweety Baby dikenal sebagai merk diaper yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Setahun yang lalu Sweety Baby mulai meluncurkan produk botol susu bayi berbentuk wide neck. Botol susu bayi ini hadir dalam dua jenis, yaitu berbahan kaca dan berbahan Kopoliester. Botol kacanya dilengkapi sarung silicon sehingga tidak mudah pecah. Sedangkan Kopoliester merupakan plastic yang sangat mirip dengan kaca. Keduanya BPA Free dan dilengkapi dot anti sedak dan anti kolik. Botol susu kaca dikemas ukuran 150ml, sedangkan kopoliester dalam ukuran 180ml dan 260ml.

3. Tomme Tippe Easi-Vent

Photo source: tommetippe.co.id

Botol susu bayi ini memiliki desain yang unik. Badan botolnya mudah digenggam dan bentuk dotnya didesain memudahkan pelekatan bayi. Sehingga bayi dapat menyusu dengan nyaman. Dotnya lentur dan silikonnya lembut. Aliran dot juga pelan sehingga cocok untuk bayi 0-3 bulan. Botol susu ini juga anti kolik, lho.

4. Comotomo

Photo source: comotomo.com

Comotomo dikenal sebagai botol yang bebas bingung puting dan memudahkan bayi untuk tetap mengenali puting Ibu bagi Ibu yang menyusui. Desain leher botolnya lebar sehingga memudahkan pembersihannya. Yang membedakan comotomo dari merk lain adalah badan botolnya yang terbuat dari silikon, yang bebas bahan beracun. Dilengkapi teknologi dual air-vent yang menghindarkan bayi dari kolik.

5. Philips Avent

Photo source: philips.co.id

Ada dua jenis botol susu Avent, yaitu Klasik dan Natural. Kedua jenis produk ini memiliki katup anti kolik, tidak mudah bocor saat menyusu, bebas BPA dan lehernya lebar, sehingga mudah dibersihkan. Tetapi tipe Natural memiliki dot yang dirancang mirip payudara, berbeda dari tipe Klasik. Bahkan tipe Natural juga menyediakan botol susu bayi yang terbuat dari kaca.

6. MAM

Photo source: mambaby-ind.com

Dot merk MAM memiliki katup agar udara tidak mudah masuk saat bayi menyusu. Botolnya juga memiliki valve yang mencegah kembung bagi bayi. Nah, berbeda dari botol susu bayi merk lain, botol susu MAM bisa dilepas bagian bawahnya, sehingga mudah membersihkan bagian bawah botol yang sering tidak terjangkau pencucian.

7. Dr.Browns

Photo source: drbrowns.id

Botol susu bayi yang satu ini merupakan botol berjenis slim neck tetapi dilengkapi dengan internal vent system yang ampuh mencegah kolik. Bahannya terbuat dari plastik PP. Nah, baru-baru ini Dr.Browns mengeluarkan seri baru, yaitu Glass Options+ Deco Bottle, yang terbuat dari kaca. Bahan kaca yang digunakan adalah borosilicate glass yang aman dan tahan panas hingga 300°C dan dapat menjaga kadar nutrisi ASI. Merk ini juga menjamin bahwa dengan menggunakan seri botol kaca ini merupakan one lifetime investment yang artinya bisa digunakan seumur hidup. 

Nah, itu dia pilihan botol susu bayi yang Ibupedia rekomendasikan. Botol mana ya yang sesuai untuk bayi Ibu?

Penulis: Mega Pratidina Putri
Editor: Dwi Ratih