Kelahiran

8 Pilihan Cemilan Penambah ASI Terbaik Bagi Para Busui

8 Pilihan Cemilan Penambah ASI Terbaik Bagi Para Busui

Ada banyak pilihan cemilan penambah ASI yang bisa Ibu pilih selama menyusui si kecil! Menariknya, seluruh cemilan pelancar ASI ini juga punya cita rasa yang lezat sekaligus menyehatkan. Kandungan nutrisi yang ada pada deretan cemilan penambah ASI ini diklaim bisa memenuhi kebutuhan kalori yang dibutuhkan para busui.

Mengutip dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Ibu menyusui membutuhkan setidaknya 2500 kalori per hari. Jumlah tersebut bisa dipenuhi dengan konsumsi makanan bergizi serta cemilan pelancar ASI berikut ini. Apa saja? Yuk, cari tahu daftar lengkapnya di sini!


1. Kacang almond

Kacang almond menjadi pilihan utama cemilan pelancar ASI bagi para busui. Pasalnya, kacang almond memiliki kandungan kalsium, asam lemak omega-3 dan protein yang berperan penting dalam meningkatkan hormon laktasi. Di samping itu, Asam amino dalam kacang almond membentuk serotonin yang diperlukan sebagai neurotransmitter untuk menyusui.

Cemilan penambah ASI yang satu ini juga baik untuk kesehatan si kecil. Kandungan vitamin E, B2, B3, B1, magnesium, fosfor hingga zat besi akan si kecil perlukan begitu masuk ke tubuhnya melalui ASI yang diminum. Artinya, manfaat kacang almond tidak hanya bisa dirasakan oleh busui tetapi juga si kecil.


2. Yogurt

Jangan lewatkan yogurt sebagai salah satu cemilan penambah ASI yang baik bagi busui dan si kecil. Yogurt kaya akan mineral seperti kalsium, seng, dan zat besi. Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah, hal ini bermanfaat bagi Ibu terutama di hari-hari pertama menyusui setelah melahirkan.

Selain itu, yogurt juga tinggi protein dan probiotik sehingga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan Ibu menyusui. Nah, agar Ibu tidak mudah bosan menjadikan yogurt sebagai cemilan pelancar ASI, cobalah tambahkan irisan buah-buahan segar atau madu sebagai pelengkap yogurt.


3. Popcorn

Suka makan popcorn sambil nonton drakor atau film di rumah? Pas banget nih, karena popcorn juga termasuk salah satu cemilan pelancar ASI bagi para busui. Seperti yang diketahui, popcorn terbuat dari jagung yang tinggi serat. Kandungan serat inilah yang membantu mendorong proses laktasi.

Untuk memaksimalkan manfaat popcorn bagi busui, sebaiknya hindari mencampurkan bahan-bahan pelengkap seperti gula, karamel, atau mentega secara berlebihan. Perasa dan bahan-bahan pelengkap tersebut justru akan membuat gula darah busui mengalami peningkatan. Tentu saja, kondisi ini tidak baik bagi Ibu yang sedang menyusui bayinya.


4. Telur rebus

Siapa bilang Ibu menyusui tidak boleh makan telur? Sebaliknya, menu yang satu ini justru bisa dijadikan cemilan penambah ASI. Makanan sumber protein tinggi ini baik untuk ibu menyusui dan bayi. Di dalam satu butir telur rebus terdapat vitamin A, vitamin B5, vitamin B2, vitamin B12, folat, fosfor dan selenium yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan tersebut mampu meningkatkan produksi ASI.

Jika dibandingkan dengan suplemen pelancar ASI yang mengandung nutrisi tunggal, telur rebus justru memiliki nutrisi yang lebih banyak. Kandungan nutrisi telur juga lebih mudah diserap dan diolah tubuh. Jadi, Ibu tidak lagi perlu ragu menjadikan telur rebus sebagai cemilan pelancar ASI, ya!


5. Labu kuning

Jarang diketahui, labu kuning ternyata direkomendasikan sebagai pilihan cemilan penambah ASI. Hal ini dikarenakan labu kuning mengandung beragam nutrisi seperti kalsium, zat besi, kalium, zinc, vitamin A, vitamin C, karbohidrat, protein, vitamin D, vitamin E, dan serat yang mendukung proses laktasi.

Lebih dari itu, kandungan asam amino esensial dalam labu kuning bisa membantu tubuh memproduksi hormon serotonin. Hormon serotonin ini bekerja untuk mengendalikan suasana hati dan membuat tidur lebih nyenyak. Tentu saja, kualitas tidur yang baik bisa berpengaruh pada produksi dan kualitas ASI. 


6. Pisang

Buah-buahan adalah sumber yang kaya nutrisi. Mereka juga dapat membantu mencegah sembelit, yang sering dialami Ibu setelah melahirkan. Salah satu buah yang direkomendasikan sebagai cemilan penambah ASI, yaitu pisang. Buah dengan cita rasa manis ini memiliki kadar kalium mencapai 450 miligram per buah. Perlu diketahui, kalium berperan penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh selama menyusui.

Dikutip dari Medical News Today, pisang mengandung air dan serat, yang keduanya meningkatkan kesehatan pencernaan. Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 10% kebutuhan serat seseorang dalam sehari. Tak heran jika cemilan pelancar ASI ini juga mengenyangkan.


7. Edamame

Edamame merupakan jenis kacang-kacangan yang populer di Jepang. Sepintas edamame terlihat mirip kedelai, namun keduanya tidaklah sama. Edamame bisa direbus atau dipanggang bersama kulitnya, sementara kacang kedelai harus dikupas dan dibersihkan terlebih dulu.

Menjadikan edamame sebagai cemilan pelancar ASI adalah tindakan tepat. Pasalnya, edamame kaya akan protein, karbohidrat, serat, folat, serta vitamin A, B, C, E, dan K yang dibutuhkan Ibu menyusui juga bayinya. Nutrisi baik dalam edamame tentu akan meningkatkan kualitas ASI para busui.


8. Granola bar

Satu lagi cemilan penambah ASI yang bisa Ibu pilih, yaitu granola bar. Cemilan ini kaya serat yang bisa membantu busui kenyang lebih lama. Kandungan serat dalam granola bar juga membantu sistem pencernaan Ibu lebih baik dan terbebas dari risiko konstipasi. Ibu bisa memilih granola bar dengan bahan kacang almond, kenari, hingga kacang mete untuk meningkatkan produksi ASI.


Kira-kira mana cemilan penambah ASI yang paling Ibu sukai?


Editor: Atalya