Kelahiran

Dianggap Nakal, Ini Arti Unyeng-Unyeng Di Kepala Jika Lebih Dari Satu

Dianggap Nakal, Ini Arti Unyeng-Unyeng Di Kepala Jika Lebih Dari Satu

Pusaran rambut atau yang lebih dikenal dengan unyeng-unyeng di kepala manusia akan selalu dimiliki tiap orang. Umumnya unyeng-unyeng di kepala yang dalam bahasa medis dikenal dengan nama cowlick hanya berjumlah satu, dengan posisi di kanan atau kiri kepala.

Namun bagi beberapa orang, unyeng-unyeng di kepala menjadi sangat istimewa karena mereka memiliki lebih dari satu buah. Nah, ternyata menurut mitos yang beredar dalam masyarakat Indonesia posisi dan jumlah unyeng unyeng di kepala memiliki beragam arti lho!

Salah satu yang paling terkenal adalah ketika memiliki dua buah unyeng-unyeng di kepala yang konon berarti adalah anak yang nakal. Yup! Bagi masyarakat di Pulau Jawa, posisi dan jumlah unyeng-unyeng di kepala sangat memengaruhi karakter seorang anak.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketika seorang anak memiliki lebih dari satu unyeng-unyeng, dapat dipastikan anak tersebut sangat nakal. Lucunya, makin banyak unyeng-unyeng yang dimiliki maka makin dianggap nakal pula sifatnya.

Lalu apa saja sih arti unyeng-unyeng di kepala yang beredar di masyarakat? Apakah mitos tersebut bisa dipercaya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut yuk!

Kenapa jumlah unyeng unyeng di kepala berbeda-beda?


Setiap manusia tentu memiliki unyeng unyeng di kepalanya. Beberapa ada yang memiliki lebih dari satu unyeng unyeng.

Menurut penelitian dari National Library of Medicine jumlah unyeng unyeng di kepala manusia sangat bergantung pada genetiknya. Jadi kalau ada orang tua yang memiliki unyeng unyeng lebih dari satu, ada kemungkinan keturunan lainnya juga akan memiliki jumlah yang sama.

Tiap orang juga memiliki perbedaan pada arah lingkaran unyeng unyeng kepala. Ada yang melingkar ke arah kiri ataupun kanan. Selain faktor genetik, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan arah lingkaran ini berbeda misalnya saja; bekas operasi, cedera di kepala dan juga akibat pernah melakukan transplantasi rambut.

Sementara itu, selain jumlah unyeng unyeng di kepala yang berbeda tiap orang, ternyata letaknya pun ikut berbeda. Melansir Healthline beberapa letak unyeng unyeng yang paling umum adalah, di tengah, belakang dan kepala bagian depan.

Namun, biasanya letak unyeng unyeng di kepala sangat dekat dengan garis rambut. Bahkan yang lebih mengejutkan, unyeng unyeng ini juga bisa ditemukan pada janggut pria lho Bu! Tapi karena rambut bagian janggut keriting, biasanya unyeng unyeng ini sulit ditemukan.

Mitos dan fakta arti unyeng unyeng di kepala

Kata orang, jumlah unyeng unyeng di kepala sangat menentukan karakter dan sifat seorang anak lho Bu! Tapi bagaimana jika memiliki unyeng unyeng lebih dari dua ya? Dari pada penasaran simak dalam penjelasan berikut yuk.

1. Mitosnya anak dengan unyeng unyeng satu punya sifat baik


Faktanya, sifat baik seorang anak tergantung dari didikan orang tuanya ya Bu. Unyeng unyeng di kepala bukanlah patokan yang mengartikan bahwa anak tersebut baik atau tidak.

Secara keseluruhan, jika melansir Parenting First Cry sifat dan karakteristik seorang anak tergantung dari didikan orang tua. Apalagi anak merupakan seorang peniru ulung yang mudah sekali meniru segala macam hal yang ada di sekitarnya.

Untuk itu, orang tua perlu menjadi contoh yang baik agar anak tumbuh dengan karakter yang positif. Jadi, unyeng unyeng di kepala tidak ada hubungannya sama sekali dengan karakter seorang anak ya Bu! 

2. Mitosnya unyeng unyeng lebih dari satu menandakan anak tersebut nakal


Faktanya, baik buruk sifat seorang anak lagi lagi tergantung dari didikan orang tuanya. Arti unyeng unyeng lebih dari satu tidak menentukan karakter anak dan membuat anak tumbuh menjadi nakal.

Sekali lagi mitos unyeng unyeng di kepala lebih dari satu tersebut jelas salah ya Bu. Sebab, sejauh ini jumlah unyeng unyeng di kepala sangat dipengaruhi oleh faktor genetik.

3. Mitosnya posisi unyeng unyeng di sebelah kanan menandakan anak kidal


Menurut mitos, arti unyeng unyeng di kepala sebelah kanan yang cukup sering di dengar menandakan anak tersebut kidal alias lebih mahir menggunakan tangan kiri dalam kehidupan sehari-harinya. Benarkan demikian?

Melansir Better Health sebanyak 10% populasi manusia di dunia ternyata menggunakan tangan kidal untuk melakukan aktivitas sehari-hari mereka. Para peneliti masih terus menggali lebih dalam mengapa hal ini bisa terjadi.

Namun biasanya bayi usia 18 bulan akan mulai menggunakan kedua tangannya dalam beraktivitas. Di mana satu diantara kedua tangan tersebut lebih dominan dan akan lebih terbentuk pada usia 3 tahun.

Jika si kecil ternyata kidal, ada baiknya orang tua tidak perlu memaksakan agar anak selalu menggunakan tangan kanannya ya Bu. Hal ini dapat membuat ia menjadi tertekan, sebaliknya biarkan ia menggunakan tangan manapun sesuai dengan kenyamanannya.

Jadi jelas, mengenai mitos arti unyeng unyeng kepala di sebelah kanan tidak ada kaitannya sama sekali dengan anak kidal ya Bu!

4. Mitosnya orang dengan unyeng unyeng di kepala depan lebih mudah tersambar petir

Faktanya, tidak ada hubungannya sama sekali antara posisi unyeng unyeng di kepala dengan sambaran petir. Namun, jika cuaca di luar sedang tidak bersahabat dan cenderung petir ada baiknya urungkan niat untuk bepergian ke luar rumah ya Bu.

Hal ini untuk menghindari Ibu tersambar petir di luar rumah, pilih hari lain jika memang harus bepergian keluar. Sebab petir sangat mudah menyambar hal apapun termasuk manusia, pohon, tiang listrik dan hal lain yang mudah menghantarkan listrik.

Secara keseluruhan unyeng unyeng di kepala tidak memiliki arti khusus bagi kehidupan seorang anak. Jadi jangan mudah percaya dengan mitos yang beredar mengenai arti unyeng unyeng tersebut ya Bu!

Editor: Dwi Ratih