Kelahiran

Hindari Efek Radiasi! Main HP Dekat Bayi Ada Jarak Amannya

Hindari Efek Radiasi! Main HP Dekat Bayi Ada Jarak Amannya

HP atau telepon genggam merupakan perangkat teknologi pintar yang jaman sekarang wajib dimiliki oleh setiap orang. HP bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan seseorang bahkan bisa dijadikan perantara untuk mencari nafkah bagi yang memiliki bisnis online.

Main HP bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Namun terkadang, sebagai Ibu kita pun lupa dan terlalu sering bermain HP dekat dengan bayi atau anak-anak.

Entah sambil menyusui, sambil menggendong bayi ataupun sambil mengajak bayi bermain atau nonton video. Padahal perangkat teknologi ini jelas memiliki efek radiasi yang tentu berbahaya bagi bayi ya Bu.

Karenanya main HP dekat bayi ada baiknya perlu diberikan jarak aman. Sebab radiasi karena terlalu sering main HP dekat bayi nggak main-main lho! Bahkan radiasi ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang cukup fatal bagi si kecil.

Lalu apa saja sih bahaya main HP dekat bayi? Berapa jarak main HP dekat bayi yang ideal dan tidak mengancam kesehatannya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

Bahaya main HP dekat bayi


Kemajuan teknologi memang sangat membantu dalam menjalankan kehidupan sehari-hari kita dari tahun ke tahun. Teknologi dari HP pun terus berkembang, dari yang hanya bisa menelpon dan menangkap pesan suara, kini sudah bisa bertatap muka dengan video call.

Tapi jangan sampai terlalu asik dan mengabaikan kesehatan si kecil ya Bu. Sebab, main HP dekat bayi ternyata sangat berbahaya lho!

Melansir Healthy Children main HP dekat bayi memungkinkan si kecil terkena radiasi yang jelas sangat berbahaya bagi kesehatannya. Meskipun radiasi HP termasuk dalam non ionizing atau low energy, namun efeknya bahkan dapat menyebabkan penyakit kanker!

Apalagi menurut penelitian pada bulan Mei tahun 2016 yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) ditemukan bahwa penelitian menggunakan beberapa ekor tikus yang diberikan radiasi frekuensi radio (frekuensi yang sama dengan HP) selama beberapa waktu, terbukti mengalami peningkatan sel kanker. 

Ini berarti walau tergolong low energy, efek radiasi HP tidak main-main.

Meski hal ini masih perlu diteliti lebih dalam oleh para ahli, namun yang jelas penelitian ini mengingatkan kita akan bahaya nyata dari main HP dekat dengan bayi. Sehingga orang tua perlu memberikan jarak aman saat sedang main HP dekat anak-anaknya. Berikut ini adalah bahaya lain ketika main HP dekat bayi:

  • Bayi berisiko mengalami kerusakan otak;
  • Bayi berisiko terkena kanker;
  • Berpotensi mengalami gangguan kesehatan secara fisik maupun mental;
  • Meningkatkan detak jantung bayi dan memengaruhi syaraf otonom;
  • Bayi dapat mengalami kecemasan, tekanan darah, gangguan motorik dan lainnya;
  • Bayi berisiko mengalami gangguan tidur dan stress.

Jarak aman main HP dekat bayi


Sejatinya ketika orang tua main HP tetap diperbolehkan, namun harus tetap memperhatikan jarak aman agar anak tidak berisiko terkena radiasi. Jika melansir WebMD menurut Dr. L. Lloyd Morgan, seorang peneliti dari Environmental Health Trust, berdasarkan penelitian yang ia buat berjudul Journal of Microscopy and Ultrastructure jarak aman main HP dekat bayi adalah sekitar 15-20 cm.

Termasuk jika Ibu bermain komputer, laptop ataupun komputer tablet. Meskipun baik HP ataupun komputer dalam keadaan mati, namun perangkat pintar tersebut tetap bisa mengalirkan efek radiasi terhadap tubuh manusia.

Tempat terbaik untuk menaruh atau bermain HP adalah tidak dekat bayi. Bahkan efek radiasi main HP dekat bayi bisa terjadi sejak dalam kandungan lho Bu! Terutama jika Ibu hamil bermain HP dan menaruh HP dekat dengan perutnya.

Dr. Morgan juga menjelaskan bahwa belakangan ini para Ibu menyusui juga sering main HP dekat bayi. Ini jelas bukanlah suatu hal yang pantas ditiru, sebab hal ini dapat mengakibatkan radiasi pada bayi yang sangat berbahaya bagi perkembangan otaknya.

Tips aman main HP dekat bayi


Main HP dekat bayi perlu jarak yang aman untuk menghindari risiko terkena radiasi yang berbahaya bagi kesehatan. American Academy of Pediatrics merekomendasikan beberapa tips aman main HP dekat bayi berikut ini:

  • Beri jarak minimal 15-20 cm dari HP ke tubuh si kecil;
  • Hindari meletakkan HP di bawah bantal tidur anak;
  • Jangan gunakan HP saat sinyal sedang lemah. Sebab sinyal HP yang lemah akan lebih banyak memancarkan sinar radiasi yang sangat berbahaya bagi bayi; dan
  • Hindari main HP dekat bayi ketika sedang menyusui, selain dapat mengurangi bonding antar Ibu dan anak, main HP saat menyusui juga membuat perhatian bayi teralihkan. Sehingga proses menyusui tidak berjalan maksimal.

Mengingat main HP dekat bayi sangat berbahaya, maka sebisa mungkin letakkan HP ketika sedang bermain dengan si kecil ya Bu. Tempat teraman menaruh HP di rumah agar si kecil terhindar dari radiasi adalah di meja, laci ataupun tas.

Editor: Dwi Ratih