Kesehatan

7 Efek Main HP Sambil Tiduran yang Dapat Berakibat Fatal

7 Efek Main HP Sambil Tiduran yang Dapat Berakibat Fatal

Sebaiknya tidak membiasakan diri main HP sambil tiduran, kenali efek main HP sambil tiduran agar kamu tidak kecanduan.

HP atau telepon genggam semakin sulit dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Bahkan, orang-orang kerap merasa resah saat tidak memegang HP dalam jangka waktu tertentu. Ini menyebabkan banyak orang yang melepaskan genggaman HP meski sudah memasuki jam istirahat dan tidur.

Meski menyenangkan, ternyata terdapat segudang efek main hp sambil tiduran yang tidak ingin kita dapatkan, salah satunya dampak buruk kesehatan. Segera hentikan kebiasaan buruk ini sekarang juga. Penggunaan HP terlalu sering terutama menjelang tidur dapat mendatangkan efek main HP sambil tiduran yang sangat buruk.

Di zaman teknologi ini, main hp sambil tiduran merupakan aktivitas yang sering ditemui, termasuk anak main hp sambil tiduran. Bahkan, tidak sedikit yang terlelap sembari dalam keadaan menggunakan HP hingga badan tertindih.

Apa saja efek main HP sambil tiduran?

1. Stres

7-efek-main-hp-sambil-tiduran-yang-dapat-berakibat-fatal-1

Stres adalah efek main hp sambil tiduran yang pertama. Yang dimaksud stres ini adalah perasaan khawatir karena adanya rasa tegang dan selalu dalam keadaan berjaga-jaga meski HP telah diletakkan.

Perasaan cemas ini akan terjadi terus-menerus karena khawatir akan adanya pesan, notifikasi, dan telepon masuk yang bakal terlewatkan.Jika kondisi ini terus berlangsung, bukan tidak mungkin tubuh akan otomatis tercegah dalam kondisi rileks total.

2. Menurunkan kualitas tidur

Efek main HP sambil tiduran berikutnya adalah menurunkan kualitas tidur. Bermain HP menjelang waktu tidur dapat menurunkan kualitas tidur menurut sebuah penelitian.

Kamu akan lebih sulit memejamkan mata, bahkan cenderung tidak mendapatkan tidur yang nyenyak saat tidur.

Ada banyak faktor yang menyebabkan ini terjadi. Pertama, rangsangan cahaya biru dari HP akan mengganggu ritme sirkadian otak yang melibatkan rasa kantuk seseorang, yakni pelepasan hormon melatonin. Kedua, efek main HP sambil tiduran dapat membuat emosi bergejolak sehingga rasa kantuk akan lebih sulit muncul.

Jika anak main hp sambil tiduran di malam hari, tanpa disadari kebiasaan ini akan menyebabkan anak susah tidur sehingga berdampak pada insomnia. Mata yang lelah dipakai seharian membuat tidur tertunda dan membuat kualitas tidur buruk.

3. Risiko depresi dan gangguan bipolar

7-efek-main-hp-sambil-tiduran-yang-dapat-berakibat-fatal-2

Ternyata Efek main HP sambil tiduran adalah dapat meningkatkan risiko depresi dan gangguan bipolar berdasarkan penelitian yang melibatkan banyak murid. Hasi penelitian ini menunjukkan hubungan adanya penggunaan HP menjelang tidur dengan penurunan adaptasi lingkungan di kemudian hari.

Penurunan kesehatan mental juga dapat terjadi jika main HP sebelum tidur karena dapat memicu mood depresi.

4. Otak menjadi lelah

Efek main HP sambil tiduran selanjutnya adalah membuat otak menjadi mudah lelah. Ini bisa disebabkan oleh durasi waktu tidur yang tertunda dan terpotong-potong. Tidur yang tidak cukup membuat proses pemulihan badan tidak optimal sehingga membuat otak tidak dapat bekerja optimal di kemudian hari.

5. Menurunkan kesehatan mata

7-efek-main-hp-sambil-tiduran-yang-dapat-berakibat-fatal-3

Menurunkan kesehatan mata adalah efek main HP sambil tiduran yang ingin dihindari. Main HP dalam jangka waktu lama akan mengganggu indra penglihatan yang disebabkan oleh pancaran sinar biru dari layar HP yang dapat menyebabkan kerusakan retina seperti degenerasi macular.

Jika dibiarkan berlarut-larut, kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan.

Sebenarnya, penelitian sendiri belum mendapatkan hasil konkrit perihal kerusakan mata akibat main HP sambil tiduran. Bagaimanapun, kamu harus menghindarinya.

Efek main HP sambil tiduran juga dapat menyebabkan Transient Smartphone Blindness menurut hasil penelitian yang tertera pada New England Journal of Medicine. Transient Smartphone Blindness merupakan sindrom yang berpotensi memicu mata anak menjadi tidak dapat melihat dalam beberapa waktu. 

Ini disebabkan dibutuhkan penyesuaian cahaya dari mata sebelah kiri ke mata sebelah kanan sehingga berisiko menyebabkan mata minus sebelah.

Jika kebiasaan ini tidak segera dihentikan, Maka akan meningkatkan risiko kebutaan permanen. Gejalanya dapat dilihat dari bagian mata anak yang berwarna putih dan berubah menjadi kemerahan.

6. Berisiko terkena kanker dan tumor otak

Jangan biarkan anak main HP sambil tiduran karena salah satu efek main HP sambil tiduran adalah meningkatkan risiko terkena kanker dan tumor otak. Ini sesuai dengan hasil riset yang dilakukan oleh international Agency of Research on Cancer yang berada di naungan WHO dalam journal of Clinical Oncology pada tahun 2009.

Seringnya anak main HP sambil tiduran sembari mendapatkan minimnya pencahayaan dapat meningkatkan risiko terkena kanker mata dan tumor otak. Ini juga disebabkan oleh radiasi yang dipancarkan oleh smartphone yang mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar.

7. Bangun kesiangan

7-efek-main-hp-sambil-tiduran-yang-dapat-berakibat-fatal-4

Karena main hp sambil tiduran membuat tidur menjadi tertunda, akibatnya efek main hp sambil tiduran adalah meningkatkan risiko bangun kesiangan. Membaca buku di HP lebih rentan membuat bangun kesiangan daripada membaca buku fisik.

Jika kebiasaan main HP sambil tiduran tidak segera dihentikan, kamu akan banyak menerima efek buruk dari kebiasaan ini termasuk merusak kualitas tidur. Padahal, dalam tidur terjadi banyak fase penting seperti fase pemilihan tubuh. Tinggalkan HP di ruangan berbeda saat hendak pergi tidur agar tidur tidak terdistraksi.

Editor: Dwi Ratih