Kelahiran

Lebih Cepat Sembuh, 7 Manfaat Persalinan Normal Bagi Ibu Dan Bayi

Lebih Cepat Sembuh, 7 Manfaat Persalinan Normal Bagi Ibu Dan Bayi

Salah satu metode melahirkan yang banyak diinginkan oleh para Ibu adalah melahirkan secara normal. Selain lebih cepat pulih, manfaat persalinan normal lainnya ternyata juga bermanfaat untuk bayi lho Bu!

Hal ini dikarenakan Ibu bisa dapat kembali berjalan dan beraktivitas setelah melahirkan. Sehingga lebih mudah melakukan bonding dengan si kecil beberapa jam pasca melahirkan.

Tentunya tanpa merasakan sakit akibat jahitan di perut yang membuat Ibu kesulitan untuk berjalan, layaknya persalinan dengan cara operasi caesar. Selain itu, bayi yang dilahirkan dengan proses normal cenderung memiliki sistem imun yang lebih baik.

7 manfaat persalinan normal bagi ibu dan bayi

Lalu apa saja sih manfaat persalinan normal lainnya yang perlu Ibu ketahui? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut yuk!

1. Kekebalan tubuh bayi meningkat


Melansir Pregnancy Birth Baby manfaat melahirkan normal bagi bayi salah satunya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Hal ini dikarenakan saat melahirkan, terdapat bakteri baik yang dikeluarkan vagina di jalan lahir.

Bakteri ini bisa membantu meningkatkan bakteri baik lain dalam tubuh bayi yang bermanfaat besar bagi sistem imunnya. Apalagi saat lahir, antibodi bayi cenderung menurun.

Itulah pentingnya koloni bakteri yang ada dalam vagina ditambah. Apalagi jika ditambah dengan asupan kolostrum atau ASI pertama yang Ibu berikan pada si kecil saat melahirkan, bisa semakin meningkatkan kekebalan tubuhnya.

2. Ibu lebih cepat pulih


Sudah bukan isapan jempol lagi, ketika seorang Ibu memilih melakukan persalinan normal maka ia juga jadi lebih cepat pulih, dibandingkan dengan Ibu yang menjalani operasi caesar. Mereka bahkan sudah dapat berjalan sesaat setelah melahirkan lho!

Jika melansir Parenting First Cry hal ini dikarenakan saat Ibu melahirkan, hormon yang disebut endorfin dilepaskan di dalam tubuh. Hormon ini terbukti mampu menghilangkan rasa sakit dan membantu tubuh dalam mengatasi rasa sakit.

Operasi caesar dapat memakan 4-6 bulan agar jahitan internal sembuh sepenuhnya. Sementara jika melahirkan normal dan mendapat jahitan perenium paling lama sekitat 2 minggu luka Ibu sudah pulih kembali.

3. Lebih singkat berada di rumah sakit


Manfaat melahirkan normal selanjutnya bagi Ibu dan bayi adalah, dapat langsung pulang 1-2 hari setelah melahirkan. Selain bisa lekas berkumpul dan beristirahat di rumah, hal ini juga dapat mengurangi biaya kamar rawat inap di rumah sakit lho!

Sehingga sekaligus bisa menghemat biaya. Selain itu jika dibandingkan operasi caesar, biaya persalinan normal juga jauh lebih murah.

4. Minim infeksi dan komplikasi


Katanya, manfaat melahirkan normal bagi tiap Ibu adalah minimnya kemungkinan untuk mengalami infeksi dan komplikasi. Faktanya hal ini jelas benar ya Bu.

Manfaat melahirkan normal membuat Ibu mengalami kemungkinan kecil untuk tertular infeksi jenis apapun. Sementara persalinan caesaf dapat menyebabkan infeksi pada luka dan lapisan rahim atau saluran kemih.

Selain itu, kasus perlengketan rahim cenderung lebih tinggi pada bedah caesar, di mana organ dalam saling menempel atau menyatu dan berujung pada pengangkatan rahim. Demi menyelamatkan nyawa Ibu.

5. Tidak berdampak pada kehamilan berikutnya


Melahirkan caesar tentu memiliki risiko yang cukup tinggi salah satunya mengenai jarak kelahiran anak berikutnya. Biasanya dokter menyarankan agar setelah operasi caesar, Ibu bisa kembali hamil setelah 3 tahun pasca melahirkan.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya kemungkinan infeksi akibat sayatan luka dalam yang mungkin belum kering. Namun, jika kamu memutuskan melakukan persalinan normal tentu hal ini tidak berlaku ya Bu.

Manfaat persalinan normal tidak akan membatasi Ibu memiliki anak lagi dengan jarak kehamilan berapa pun. Dengan catatan kondisi kesehatan Ibu sedang dalam kondisi yang prima dan stabil.

6. Meningkatkan energi pada bayi baru lahir


Setelah lahir, bayi tidak akan mendapatkan asupan makanan lagi dari plasenta layaknya di dalam kandungan Ibu. Akibatnya, kadar gula darah mereka mulai menurun.

Namun melansir Belly Belly meskipun hal ini normal terjadi, akan tetapi pada bayi yang lahir secara normal justru akan terlindungi dari efek buruk gula darah rendah (hipoglikemia) yang mengakibatkan cedera otak. 

Selain itu, manfaat melahirkan normal lainnya bagi Ibu adalah biasanya ASI bisa langsung keluar setelah melahirkan. Otomatis bisa menjaga kadar gila dalam darah bayi menjadi lebih stabil.

7. Paru-paru bayi lebih bersih


Manfaat persalinan normal yang terakhir adalah dapat membuat paru-paru bayi menjadi lebih bersih. Hal ini dikarenakan otot-otot yang bekerja untuk mendorong bayi keluar selama persalinan normal rupanya dapat memeras cairan ketuban dari paru-paru bayi. 

Sehingga proses ini dapat menurunkan risiko penyakit pernapasan pada bayi dan paru-parunya menjadi lebih bersih.

Editor: Dwi Ratih