Kelahiran

Mengantuk Saat Menyusui, Ternyata Ada Dampak Bahaya Bagi Bayi

Mengantuk Saat Menyusui, Ternyata Ada Dampak Bahaya Bagi Bayi

Ibu, pernahkah kamu merasa sangat mengantuk saat menyusui si kecil? Wah, kalau ini sih sering banget Ibumin rasakan saat menjadi seorang Busui.

Awalnya, Ibumin sempat mengira bahwa, mengantuk saat menyusui yang Ibumin alami akibat faktor kelelahan karena kurang istirahat saja. Tapi ternyata, mengantuk saat menyusui ini umum dialami oleh kebanyakan Busui, lho!

Mengantuk saat menyusui bisa disebabkan oleh pelepasan hormon oksitosin dan prolaktin. Terutama ketika bayi mulai menghisap puting dan mendekap hangat sang Ibu.

Walau normal dialami semua Busui, nyatanya mengantuk saat menyusui juga ada dampaknya, lho! Yuk, kita simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui, kira-kira apa yang bisa kita lakukan saat kita mengantuk saat menyusui si kecil.

Mengapa Ibu mengantuk saat menyusui?


Proses menyusui, terkadang memang dapat menyebabkan banyak reaksi tak terduga pada tiap wanita. Dari kehausan yang ekstrim hingga rasa sakit, serta rasa cinta yang luar biasa pada si kecil.

Perasaan campur aduk ini, memang bisa mengacaukan banyak indera pada tubuh Ibu. Sehingga, Ibu juga rentan sering mengantuk saat menyusui.

Dikutip dari Pop Sugar momen menyusui mungkin terasa sangat melelahkan. Sehingga, tak jarang bikin Ibu jadi kurang beristirahat dan kesulitan membagi waktu untuk tidur.

Hal inilah yang pada akhirnya bikin Ibu jadi mudah mengantuk saat menyusui. Meskipun faktor kelelahan disinyalir jadi salah satu penyebab Busui mengantuk saat menyusui, sebenarnya ada alasan yang lebih ilmiah bahwa menyusui selain faktor tersebut.

Menurut penjelasan ilmiah, mengantuk saat menyusui bisa diakibatkan karena meningkatnya hormon oksitosin dan prolaktin. Kedua hormon ini, punya peran yang besar dalam membentuk rasa bahagia, rasa sayang dan bonding yang bikin nyaman saat proses menyusui.

Nah, kalau semua perasaan ini sudah terbentuk, otomatis juga akan mendorong saraf-saraf di payudara untuk mengeluarkan let-down reflect ASI. Selain bisa menyebabkan Ibu mengantuk saat menyusui, hormon ini juga bikin tubuh jadi lebih rileks dan nyaman.

Sehingga, nantinya dapat membantu Ibu merasakan cinta yang luar biasa untuk si kecil. Kedua hormon ini juga berperan penting untuk mengurangi stres dan membuat jadi lebih tenang.

Sayangnya, ketenangan ini sering diartikan sebagai kelelahan saat menyusui. Jadi, pada intinya, jika Ibu bertanya-tanya mengapa Ibu mengantuk saat menyusui, bisa dibilang itu bukan hanya karena Ibu kurang tidur. Melainkan peran dari kedua hormon tersebut yang bikin Ibu nyaman dan rileks.

Mengantuk saat menyusui, bisa ada dampaknya


Yes! Walau kondisi Ibu mengantuk saat menyusui merupakan hal normal terjadi, nyatanya hal ini juga punya dampak yang cukup berbahaya, lho! Terutama bagi si kecil, apabila Ibu menyusui dengan posisi sambil tidur.

Jika dikutip dari Parenting First Cry para ahli menyimpulkan, mengantuk saat menyusui dengan posisi berbaring sangat tidak dianjurkan.

Karena, jika Ibu benar-benar tertidur hal ini bisa membuat bayi rentan tertindih tubuh atau payudara Ibu. Nggak hanya berbahaya saat menyusui pada posisi berbaring, ketika Ibu mengantuk saat menyusui dengan posisi duduk menggendong bayi sekalipun juga sangat berbahaya.

Dikhawatirkan, bayi bisa saja terjatuh dari gendongan atau dekapan saat Ibu mengantuk. Jelas, hal ini cukup fatal akibatnya dan jelas dapat melukai si kecil.

Cara agar tidak mengantuk saat menyusui


Nggak dipungkiri, aktivitas sehari-hari yang Ibu lakukan seringkali bikin Ibu jadi mudah merasa lelah. Terutama di jam-jam krusial tengah malam, meski saat itu Ibu harus bangun untuk menyusui si kecil.

Tapi, nggak perlu khawatir ada banyak cara yang bisa Ibu coba lakukan agar tidak mengantuk saat menyusui. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Ibu lakukan:

  • Pastikan Ibu beristirahat cukup saat siang hari. Biasanya, saat si kecil tidur siang, usahakan Ibu bisa ikut tidur sedikitnya selama 30 menit. Lalukan hal ini di sesi tidur siang selanjutnya, untuk tetap memaksimalkan waktu istirahat Ibu
  • Berpindah-pindah tempat tiap 10 menit. Mengutip dari The Happiest Baby Ibu bisa sedikit menggeser posisi duduk untuk mengalihkan perhatian tubuh agar tidak mengantuk saat menyusui
  • Minum air dan makan snack. I know, kebanyakan Ibu justru nggak kepikiran melakukan hal ini saat mengantuk saat menyusui di malam hari. Tapi, nggak salahnya mencoba cara ini dan pastikan untuk meletakkan air minum dan snack di meja kecil yang mudah Ibu gapai saat menyusui
  • Minta pasangan untuk menemani tiap jam menyusui tiba. Obrolan kecil yang kita dan pasangan lakukan, sedikit banyak bisa mengurangi rasa mengantuk saat menyusui, lho!
  • Membaca buku sambil menyusui, why not?
  • Jangan paksakan kalau merasa tidak kuat. It’s okay to take a rest kok, Bu. Minta bantuan pasangan atau pengasuh untuk membantu menggendong si kecil terlebih dahulu, saat rasa kantuk tersebut dirasa sudah tidak tertahankan
  • Pastikan Ibu mengonsumsi makanan yang bergizi, untuk membantu meningkatkan energi tubuh selama menyusui. Sehingga tidak mudah mengantuk nantinya.

Nah, pesan Ibumin biar senyaman dan setenang apa pun posisi menyusui nantinya. Ada baiknya, tetap usahakan untuk menahan kantuk dan jangan sampai Ibu benar-benar tertidur ya!

Supaya bisa meninimalisir dampak yang tidak diinginkan. Happy breastfeeding! Semangat selalu buat Ibu yang sedang berjuang melalui proses mengASIhi.