Kelahiran Dibaca 4,064 kali

Nyeri Perineum Setelah Melahirkan

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 26 September, 2017 23:09

Nyeri Perineum Setelah Melahirkan
Proses persalinan normal sering mengakibatkan tekanan yang sangat besar pada perineum (area antara vagina dan anus), yang harus merenggang untuk bisa sesuai dengan ukuran kepala bayi Anda. Selama proses melahirkan, perineum bisa sobek atau dokter memutuskan untuk mengguntingnya agar terbuka jalan lebih lebar untuk kepala bayi, prosedur ini dikenal dengan istilah episiotomy.
Setelah prosedur ini, area yang sobek atau tergunting akan terasa sangat sakit. Bila Anda melahirkan normal tanpa mengalami sobekan atau menjalani prosedur episiotomi, perineum Anda biasanya akan bengkak dan terasa sakit setelah proses melahirkan. Tapi tenang saja Bun, kondisi Anda akan pulih dalam hitungan minggu atau mungkin hanya dalam satu atau dua hari.

Tingkat Sobekan Vagina Saat Persalinan Normal

Waktu penyembuhan dari nyeri perineum bervariasi pada tiap wanita, tapi secara umum, semakin dalam sobekan yang dialami, akan semakin lama juga proses penyembuhan yang harus dijalani.
  • Sobekan tingkat pertama hanya melibatkan kulit ketimbang otot, kondisi ini bahkan tidak memerlukan jahitan. Luka umumnya bisa sembuh dengan cepat dan hanya mengakibatkan sedikit rasa tidak nyaman.
  • Sobekan tingkat kedua yang melibatkan kulit dan otot, membutuhkan jahitan dan biasanya baru pulih dalam 2 hingga 3 minggu. Jahitan akan menyatu dengan sendirinya dalam rentang waktu ini. Beberapa wanita ada yang merasakan sakit selama seminggu, sedang yang lain mengalami rasa tidak nyaman hingga selama 1 bulan.
  • Bila Anda memiliki sobekan yang lebih serius yang memanjang sampai ke rektum, Anda bisa merasakan sakit dan tidak nyaman selama 1 bulan atau lebih lama.
Sobekan ini bisa terjadi pada siapa saja, tapi paling mungkin terjadi ketika Anda mendapat episiotomy. Di beberapa hari pertama setelah melahirkan, Anda bisa mengalami kesulitan untuk buang air kecil atau buang air besar. Anda juga akan menghadapi masalah dalam mengontrol gas dan feses yang berlangsung selama bulanan bahkan tahunan.

Cara Merawat Vagina Yang Robek Saat Persalinan

Dokter atau perawat akan memberi instruksi rinci tentang bagaimana merawat vagina yang mengalami sobekan setelah persalinan. Instruksi dari mereka bisa meliputi:
  • Segera setelah melahirkan, gunakan es yang dibungkus dengan lapisan yang halus di area perineum. Perawat mungkin akan memberikannya pada Anda sebelum Anda memintanya. Kompres dingin bisa mengurangi bengkak dan rasa tidak nyaman. Ganti kompres dingin setiap beberapa jam selama 12 jam.
  • Ganti pembalut setiap Anda menggunakan kamar mandi.
  • Ibuprofen atau acetaminophen bisa membantu mengurangi rasa sakit. Jangan minum aspirin jika Anda menyusui. Pada beberapa kasus, terutama jika Anda memiliki sobekan yang lebar, Anda memerlukan resep obat untuk penyembuhan. Banyak wanita yang memilih anesthetic spray, meski masih sedikit penelitian yang membuktikan penggunaannya bisa banyak membantu.
  • Gunakan semacam botol semprot yang disediakan rumah sakit untuk menuangkan air hangat pada perineum Anda ketika Anda ke kamar mandi. Air dari botol ini bisa mengencerkan urin hingga tidak membakar kulit terlalu banyak ketika terjadi kontak. Bilas area perineum dengan semprotan lain setelahnya.
  • Keringkan perineum dari bagian depan ke belakang untuk menghindari kuman masuk dari rektum ke area vagina.
  • Coba untuk tidak duduk untuk waktu yang lama saat perineum Anda masih terasa sangat sakit.
  • Angin-anginkan luka sesering mungkin.
  • 24 jam setelah melahirkan, Anda bisa mulai mandi dengan air hangat di bak mandi atau menggunakan sitz bath selama 20 menit, 3 kali sehari. Sitz bath adalah baskom dangkal terbuat dari bahan plastik yang Anda isi dengan air hangat dan ditempatkan di tempat duduk toilet Anda. Sitz bath membuat Anda merasa nyaman saat merendam area perineal beberapa kali sehari tanpa harus mengisi bak mandi dan melepas seluruh pakaian setiap kali melakukannya. Kebanyakan rumah sakit bisa menyediakan sitz bath untuk digunakan saat Anda berada di sana, dan bisa juga Anda membawanya pulang. Sitz bath juga dapat Anda peroleh di kebanyakan apotek.
  • Gunakan lapisan kapas yang direndam dalam witch hazel pada area yang terluka.
  • Mulailah melakukan senam kegel di hari Anda melahirkan untuk membantu mengembalikan kondisi otot, menstimulasi sirkulasi, dan mempercepat penyembuhan. Juga lakukan kegel saat mengganti posisi atau bangun dari tempat tidur atau kursi. Gerakan memendekkan otot dasar panggul bisa membantu mendukung luka sehingga Anda kurang merasakan sensasi mendorong pada jahitan ketika Anda bergerak.
  • Rileks dan jangan lakukan kegiatan yang tidak diperlukan. Simpan energi Anda untuk merawat bayi dan diri Anda agar tubuh bisa cepat pulih.
Jika Anda mengalami sobekan yang melibatkan anal sphincter (sobekan tingkat 3 atau 4), sangat penting untuk minum banyak cairan dan pastikan mendapat cukup tekstur kasar pada makanan Anda untuk mencegah konstipasi. Meski Anda tidak pernah mengalami konstipasi selama hamil, Anda bisa mengalaminya saat ini. Mulailah konsumsi pelembut feses setelah Anda melahirkan dan lanjutkan selama beberapa minggu. Hindari obat perangsang untuk buang air, suntikan urus-urus, atau pengobatan untuk dubur lainnya.
Ketahui kapan Anda perlu menghubungi dokter. Segera beritahukan jika Anda mengalami rasa sakit dan bengkak yang meningkat atau Anda tidak juga mengalami kesembuhan. Juga hubungi dokter ketika Anda mengalami demam atau tanda infeksi lainnya, seperti bau yang tidak sedap dari vagina atau area sobekan episiotomy.
Jika Anda tidak mendapat jahitan dan tertarik untuk melakukan hubungan seks setelah melahirkan, Anda bisa mencoba melakukannya setelah beberapa minggu. Bila Anda menjalani prosedur episiotomy atau mengalami sobekan, Anda baru bisa benar-benar sembuh dalam 4 hingga 6 minggu setelah melahirkan. Jika dokter sudah mengizinkan, Anda bisa coba melakukan hubungan seks. Bila Anda mengalami sobekan tingkat 3 atau 4, sangat penting untuk menunggu berhubungan seks hingga Anda menjalani pemeriksaan.
Saat pertama kali Anda berhubungan seks kembali, Anda mungkin akan merasakan sakit. Untuk membuat hubungan seks Anda lebih terasa nyaman, cobalah untuk rileks sebisa mungkin, gunakan banyak waktu untuk foreplay, dan gunakan pelumas berkualitas baik yang bisa larut di air.
Anda akan memiliki pelumas vagina alami yang berkurang di 4 hingga 6 minggu pertama setelah melahirkan karena tingkat estrogen di dalam tubuh menurun pada saat ini. Jika Anda menyusui, kekeringan pada vagina bisa berlanjut selama Anda terus menyusui, atau akan perlahan kembali pada kondisi normal saat sesi menyusui Anda menjadi semakin jarang.
Sangat baik jika Anda terus menggunakan pelumas selama berhubungan seks hingga Anda berhenti menyusui. Dokter bisa merekomendasikan Anda menggunakan produk untuk vagina yang mengandung estrogen (yang tersedia hanya melalui resep dokter). Jika Anda telah mencoba berhubungan seks dan merasa sangat tidak nyaman, tunggu lebih lama dan coba lakukan hal kreatif lain bersama pasangan Anda. Jika rasa sakit berlangsung sangat lama setelah Anda melahirkan, pastikan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk menjalani pengobatan.
(Ismawati)