Kelahiran

Punya Kendala Menyusui? Ini 7 Rekomendasi Klinik Laktasi Jakarta

Punya Kendala Menyusui? Ini 7 Rekomendasi Klinik Laktasi Jakarta

Menyusui merupakan masa yang cukup menantang bagi sebagian Ibu. Meski begitu, menyusui merupakan momen paling membahagiakan karena dapat meningkatkan bonding antara Ibu dan bayi.

Sayangnya tidak semua Ibu bisa menyusui bayinya dengan lancar tanpa hambatan. Beberapa Ibu bahkan ada yang mengalami mastitis, payudara bengkak hingga puting yang lecet.

Semua hal tersebut tentunya sangat menyakitkan. Apalagi walau sakit, Ibu tetap harus menyusui si kecil agar kebutuhan ASInya tetap terpenuhi.

Namun dari pada menyiksa diri sendiri, jika mengalami hambatan dalam menyusui ada baiknya segera berkonsultasi ke klinik laktasi ya Bu. Sebab, di klinik laktasi nantinya Ibu akan dibantu oleh dokter dan para terapis yang sudah ahli dalam mengatasi hambatan tersebut.

Nah, berikut ini adalah rekomendasi klinik laktasi Jakarta dan sekitarnya yang bisa jadi pilihan untuk Ibu.

Rekomendasi klinik laktasi Jakarta

1. RSIA Kemang Medical Care

Photo source: Garnesia

Nggak diragukan lagi, RSIA Kemang Medical Care memang sudah lama terkenal memiliki klinik laktasi yang memiliki dokter ahli yang sepak terjangnya luar biasa. Klinik ini akan membantu menambah pengetahuan Ibu mengenai proses menyusui serta cara menangani hambatannya.

Klinik laktasi di sini juga memiliki tenaga ahli alias dokter laktasi Jakarta profesional bersertifikat IBCLC (International Board Certified Lactation Consultant). Sehingga Ibu merasa lebih nyaman dan hambatan dalam menyusui dalam segera ditangani.

Klinik laktasi di RSIA Kemang Medical Care beralamat di Jalan Ampera Raya No.34 Jakarta. Ibu pun dapat lebih mudah mengatur jadwal konsultasi melalui kontak: (+62) 212 754 5454.

2. RS Bunda Jakarta


Source: Lifepal

RS Bunda Jakarta menjadi salah satu rumah sakit yang memiliki klinik laktasi cukup lengkap dan nyaman. Tentunya klinik ini memiliki dokter laktasi bersertifikat yang dapat membantu mengatasi masalah menyusui yang sedang Ibu hadapi.

Misalnya saja seperti mastitis, perlekatan menyusui, puting datar, payudara bengkak ataupun masalah terkait menyusui lainnya. Nggak hanya itu, para ahli di klinik laktasi RS Bunda Jakarta juga akan memberikan aneka pengetahuan terutama bagi Ibu baru agar selalu lancar dalam menyusui.

Tak lupa di klinik laktasi ini juga tersedia berbagai macam terapi yang dapat membantu memperlancar aliran ASI. Klinik ini terletak di Jl. Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat.

3. Yayasan Sentra Laktasi Indonesia

Photo source: SELASI

Yayasan Sentra Laktasi Indonesia (SELASI) berdiri tanggal 17 September 1993 dengan di prakarsai oleh dr. Utami Roesli, SpA, MBA, IBCLC, FABM dengan misi membantu ibu menyusui dalam mengatasi kendala dalam memberikan ASI pada bayinya.

Selain itu, SELASI juga menjadi salah satu klinik laktasi Jakarta yang melayani konseling menyusui serta sebagai pusat rujukan yang unggul di bidang ilmu makanan bayi. Yayasan ini lahir atas dasar kepedulian atas dasar untuk memberikan edukasi pada calon Ibu maupun Ibu baru tentang pentingnya pemberian ASI di awal kehidupan bayi.

Nah, selain aktif memberikan edukasi melalui platform media sosial dan beragam kegiatan. Ibu juga bisa sekaligus berkonsultasi dengan ahlinya jika mengalami kendalam dalam menyusui lho! Kamu bisa kunjungi website sentralaktasiindonesia@selasi.or.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

4. RS Pondok Indah


Photo source: RS Pondok Indah

RS Pondok Indah ternyata juga memiliki klinik laktasi dengan didukung oleh dokter konselor laktasi yang memiliki sertifikasi sebagai IBCLC (International Board Certified Lactation Consultant). Berbeda dengan klinik laktasi lainnya, RS Pondok Indah menjadi rumah sakit pertama dan satu-satunya di Indonesia yang meraih IBCLC Award 2020, penghargaan yang diberikan oleh lembaga sertifikasi The International Board of Lactation Consultant Examiners (IBLCE) dan The International Lactation Consultant Association (ILCA).

Klinik laktasi ini melayani berbagai perawatan serta kendala menyusui yang sering dialami Ibu. Bahkan mereka juga memiliki beberapa kelas pelatihan persiapan menyusui sejak kehamilan lho!  

Salah satunya adalah memberikan pengarahan mengenai posisi menyusui baik dalam keadaan tidur/duduk dan membantu Ibu melekatkan mulut bayi pada payudara dengan baik. Bahkan klinik laktasi di sini juga sangat concern terhadap tumbuh kembang bayi dan kebugaran Ibu, sehingga rekomendasi klinik laktasi Jakarta yang satu ini mungkin bisa jadi pilihan ya Bu.

5. RSIA Tambak


Photo source: Garnesia

Buat Ibu yang berdomisili di wilayah Manggarai, Menteng, Setiabudi, Matraman dan sekitarnya klinik laktasi juga tersedia di RSIA Tambak lho! Rumah sakit ini menyediakan layanan seputar menyusui serta konsultasi laktasi bagi Ibu saat sebelum dan setelah melahirkan.

Dengan dibantu dengan dokter dan tenaga ahli di bidangnya, Ibu bisa diajarkan cara menyusui yang benar, konsultasi payudara yang bermasalah, serta konsultasi persiapan laktasi. Klinik laktasi di RSIA Tambak biasanya juga mengadakan seminar menyusui bagi Ibu yang hendak melahirkan, agar siap menghadapi beragam tantangan saat menyusui nantinya.

6. RS St Carolus


Photo source: RS St Carolus

Rekomendasi klinik laktasi Jakarta selanjutnya adalah klinik laktasi RS St Carolus yang berada di Jakarta Pusat. Klinik laktasi yang diprakarsai oleh dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC ini kini menjadi salah satu fasilitas unggulan yang ada di rumah sakit ini.

Selain bisa membantu menangani berbagai kendala Ibu dalam menyusui si kecil, di klinik laktasi ini Ibu akan diajarkan bagaimana cara menjaga kesehatan agar produksi ASI makin berlimpah. Tak hanya itu, para konsultan laktasi di klinik ini juga tak ragu membagikan ilmu ketika Ibu hendak memberikan MPASI pertama buat si kecil lho!

7. RS Harapan Bunda


Photo source: Alodokter

Agar hambatan dalam menyusui buah hati lebih mudah diatasi, Ibu juga bisa mengunjungi konselor laktasi yang berada di RS Harapan Bunda Jakarta Timur. Sebab rumah sakit ini juga menyediakan layanan klinik laktasi dengan fasilitas lengkap.

Sama seperti klinik laktasi di tempat lainnya, Ibu akan dikenakan sejumlah biaya konsultasi dan tindakan. Tapi tenang saja ya Bu, biasanya biaya tersebut sudah termasuk paket tiga kali konsultasi dokter serta perlengkapan manajemen laktasi.