Kelahiran

Rahim Sedang Kontraksi, Kram Perut Setelah Melahirkan, Normalkah?

Rahim Sedang Kontraksi, Kram Perut Setelah Melahirkan, Normalkah?

Setelah melahirkan, tubuh kita akan mengalami banyak perubahan. Nah, perubahan tersebut tak jarang juga bikin kita merasa sakit dan jadi tidak nyaman.

Salah satu masalah yang kerap dihadapi Ibu adalah, merasakan kram perut setelah melahirkan. Bagi Ibumin, kram perut setelah melahirkan ini mirip seperti kram jelang menstruasi.

Tapi, nyeri perut setelah melahirkan ini apakah normal ya, Bu? Jangan-jangan, perut kram habis melahirkan ini jadi tanda adanya bahaya yang nggak kita sadari.

Tenang, Bu ternyata nyeri perut setelah melahirkan ini sangat normal terjadi kok. Dikutip dari Healthline hal dikarenakan, selama hamil rahim Ibu tumbuh dengan ukuran berkali-kali lipat dari ukuran aslinya.

Saat bayi lahir, rahim kita akan mulai berproses untuk kembali ke bentuk semula. Sehingga, seringkali menyebabkan kram perut setelah melahirkan.

Perut kram habis melahirkan, tanda rahim sedang kontraksi


Masih melansir Healthline, kram perut saat melahirkan ini bisa disebabkan karena rahim sedang berkontraksi untuk menyusut kembali ke ukuran semula. Saat kontraksi, tubuh Ibu juga bekerja menekan pembuluh darah di rahim untuk mencegah perdarahan yang terlalu banyak.

Sensasi kontraksinya ini mirip PMS atau bisa dibilang mirip kontraksi palsu saat hamil. Biasanya hal ini akrab disebut dengan afterpains.

Afterpains umumnya bikin Ibu merasa nggak nyaman dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan. Namun, kondisi ini perlahan akan menghilang berbarengan dengan masa nifas yang berakhir.

Kram perut saat menyusui, normalkah?


Kram perut seringkali datang ketika kita tidak melakukan kegiatan apapun. Tapi, nyeri perut setelah melahirkan ini akan terasa lebih sakit ketika sedang menyusui si kecil.

Wah, kenapa ya? Tenang, jika dijelaskan melalui laman Healthy Children nyeri di perut setelah melahirkan, mungkin akan lebih terasa saat awal menyusui. Alasannya, karena menyusui merangsang pelepasan hormon yang membantu mengecilkan rahim kembali ke ukuran normalnya.

Jadi, bisa dikatakan kram perut setelah melahirkan, terutama saat menyusui ini terbilang normal ya, Bu. Nah, untuk meredakan rasa sakit yang bikin Ibu nggak nyaman ini, bisa dengan selalu mengosongkan kandung kemih sebelum mulai menyusui.

Hal ini karena, kandung kemih yang penuh akan membuat kram semakin intens. Ibu juga dapat meredakan kram menyusui dengan tidak berbaring telentang.

Sebaiknya, usahakan selalu menyusui dengan posisi kaki terlipat di depan. Ini membantu membawa rahim ke posisi depan dan mengurangi tekanan.

Nah, kalau dirasa kram perut setelah melahirkan ini sangat mengganggu dan bikin Ibu jadi nggak nyaman beraktivitas, Ibu juga bisa minum obat pereda nyeri yang diresepkan oleh dokter.

Penyebab lain yang menimbulkan nyeri perut setelah melahirkan


Ternyata ada banyak penyebab lain yang dicurigai bisa menimbulkan kram perut setelah melahirkan. Dikutip dari Very Well Family beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah:

1. Konstipasi

Kram perut setelah melahirkan juga bisa disebabkan oleh sembelit atau konstipasi, lho! Biasanya penyebab konstipasi ini juga beragam, meliputi:

  • Kurang serat
  • Perubahan hormon
  • Stres
  • Robekan vagina atau perineum yang memar (area antara anus dan vagina) akibat persalinan
  • Wasir atau ambeien, yang merupakan kondisi paling umum selama kehamilan dan setelah melahirkan
  • Nyeri di tempat episiotomi
  • Ibu sedang mengonsumsi obat-obatan pasca melahirkan seperti; zat besi beberapa jenis vitamin dan lain sebagainya.

2. Efek jahitan pasca operasi caesar

Perut kram habis melahirkan juga bisa terjadi setelah operasi caesar (C-section). Terutama di bagian jahitan pasca operasi.

Hal ini terjadi diduga akibat sayatan dan luka di dalam perut yang sedang dalam proses penyembuhan. Kemungkinan Ibu juga akan merasakan sakit dan rasa pegal di sekitar bekas luka sayatan, terutama pada hari-hari pertama pasca operasi.

Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi kram perut setelah melahirkan pasca operasi caesar adalah, dengan memastikan Ibu cukup istirahat dan menghindari terlalu banyak tekanan pada perut. Penting juga untuk tidak mengangkat beban berat setelah operasi.

Meringankan rasa tidak nyaman, harus bagaimana?


Menurut The Bump kram perut setelah melahirkan biasanya akan mereda setelah 10 hari hingga 6-8 minggu pasca persalinan. Hal ini juga berlaku bagi Ibu yang melahirkan pervaginam maupun operasi caesar.

Jika dalam kurun waktu tersebut, kram perut setelah melahirkan belum mereda, ada baiknya konsultasikan hal ini ke dokter ya, Bu. Beberapa cara berikut mungkin juga bisa membantu meringankan rasa tidak nyaman yang Ibu rasakan:

  • Kompres air hangat pada bagian perut yang terasa sakit. Hal ini bisa bikin otot sekitar perut jadi lebih rileks dan mengurangi rasa sakit
  • Memijat perut secara perlahan, Ibu bisa meminta bantuan bidan ataupun terapis khusus yang ahli dalam bidangnya
  • Jangan pernah menahan buang air kecil. Kandung kemih yg penuh, sedikit banyak bisa membuat rasa sakit setelah melahirkan terasa lebih parah
  • Pastikan kebutuhan serat harian terpenuhi dengan baik
  • Konsumsi pereda nyeri yang dianjurkan dokter
  • Istirahat yang cukup, guna menghindari banyaknya tekanan pada perut.