Keluarga

10 Artis Yang Jalankan Program Bayi Tabung, Ada Yang Pernah Gagal!

10 Artis Yang Jalankan Program Bayi Tabung, Ada Yang Pernah Gagal!

Menjalankan program bayi tabung, memang bukan perkara mudah. Selain menguras biaya, tenaga dan emosi kita juga bisa dipertaruhkan.

Apalagi jika program yang dijalankan gagal dan tak sesuai rencana. Tapi, ternyata nggak hanya masyarakat awam saja yang pernah gagal menjalankan program bayi tabung, lho!

Deretan artis-artis Ibukota ini juga pernah menjalani program bayi tabung. Beberapa juga ada yang pernah gagal dalam menjalaninya. Tapi, nggak bikin mereka jadi patah semangat.

Program bayi tabung yang mereka jalankan juga dilakukan berkali-kali, hingga membuat mereka merogoh kocek dalam-dalam. Kalau kamu sedang di tahap ini, supaya jadi inspirasi dan penyemangat, yuk intip deretan artis Indonesia yang pernah menjalankan program bayi tabung dengan segudang ceritanya!

Artis yang pernah menjalankan program bayi tabung

1. Tya Ariestya


Photo source: @tya_ariestya

Tya Ariestya merupakan salah satu artis yang pernah menjalankan program bayi tabung, akibat ia diketahui mengidap PCOS. Gangguan kesuburan pada wanita ini, bikin ia jadi 3 kali lebih susah untuk hamil secara alami.

Sehingga, demi memiliki momongan ia pun rela melakukan program bayi tabung untuk anak pertamanya yakni Kanaka dan juga anak keduanya, Kalundra. Saat menjalankan program bayi tabung ini, Tya juga sempat mengalami kegagalan sebanyak 2 kali, lho!

Tapi, nggak melunturkan semangatnya untuk kembali mencoba. Kamu pernah ada di posisi yang sama saat melakukan program bayi tabung juga?

2. Rianti Cartwright


Photo source: @riantic

Sejak menikah September 2010 lalu, Rianti dan Cas Alfonso memutuskan untuk melakukan program bayi tabung. Setelah 9 tahun menanti, akhirnya pada 2020 lalu, mereka pun mengumumkan kehamilan, usai menghadapi berbagai macam drama program bayi tabung yang sempat gagal.

Hingga akhirnya, mereka pun berhasil melakukan program bayi tabung pada percobaan kedua. Saat ini, kehadiran Cara Rose Kanaya Nainggolan pun kian menambah kebahagiaan bagi Rianti dan Cas.

3. Adiezty Fersa dan Gilang Dirga


Photo source: @gin_dirga

Gilang Dirga dan Adiezty melalui berbagai macam program bayi tabung yang terbilang nggak mudah dijalankan. Apalagi setelah sempat dinyatakan hamil, Adiez pun akhirnya dinyatakan telah gagal menjalankan program bayi tabung oleh dokter, akibat mengalami pendarahan.

Tak menyerah begitu saja, Gilang dan Adiez pun melakukan program bayi tabung yang kedua. Sayangnya percobaan kedua ini kembali tidak membuahkan hasil, alias gagal.

Tak lama setelah itu, Adiez dinyatakan hamil. Uniknya, kehamilan ini dilakukan secara alami tanpa menjalankan program bayi tabung kembali.

Pada 1 Juni 2022, anak pertema mereka yang diberi nama Gin Digra pun lahir dan sekaligus menambah kebahagiaan keduanya. 

4. Zaskia Sungkar


Photo source: @zaskiasungkar15

Kita tahu bahwa pasangan, Zaskia Sungkar dan Irwansyah telah menikah lebih dari 10 tahun tanpa memiliki momongan. Berbagai macam komentar nyinyir netizen pun seringkali mereka dapatkan.

Padahal menurut Zaskia, kala itu ia dan Irwansyah bukan tidak berusaha sama sekali. Hingga akhirnya mereka berencana melakukan program bayi tabung di Belanda.

Sayangnya, karena satu dan lain hal mereka lebih memilih melakukan program bayi tabung di Indonesia. Setelah 10 tahun penantian, Zaskia dan Irwansyah akhirnya bisa menimang buah hati mereka,Ukkasya Muhammad Syahki yang lahir pada Maret 2021. 

5. Inul Daratista


Photo source: @inul.d

Siapa sih yang nggak kenal dengan pedangdut multi talenta, Inul Daratista? Di tengah puncak kariernya, ia dan suami justru sangat rindu mengharapkan kehadiran buah hati di tengah keluarganya.

Setelah 13 tahun menikah, Inul dan Adam Suseno akhirnya memutuskan untuk melakukan program bayi tabung. Program yang mereka jalankan tersebut langsung berhasil, hingga pada 2009 lalu, Inul pun melahirkan anak pertamanya yang diberi nama, Yusuf Ivander Damares.

Seteah kehadiran Yusuf, pasangan ini memutuskan untuk hanya memiliki 1 orang anak saja yang dianggap sudah cukup menambah kebahagiaan mereka berdua. 

6. Asmirandah


Photo source: @asmirandah

Pernikahan Asmirandah dan Jonas Rivano memang sempat menghebohkan publik. Keduanya disinyalir saling jatuh cinta akibat cinta lokasi di satu sinetron yang sama.

Hingga pada tahun 2013, keduanya memutuskan untuk menikah. Namun, setelah 7 tahun menikah, pasangan ini tak kunjung dikaruniai anak.

Mereka pun memutuskan untuk melakukan program bayi tabung, dan melahirkan bayi perempuan cantik bernama Chloe Emanuelle Van Wattimena. Tepat di hari Natal, 25 desember 2020. Saat ini, Asmirandah pun aktif membagikan keseharian keluarga dan sang anak melalui akun Instagram miliknya.

7. Cynthia Lamusu


Photo source: @cynthia_lamusu

Cynthia Lamusu dan Surya Saputra memutuskan untuk melakukan program bayi tabung setelah menginjak usia 8 tahun pernikahan. Personel B3 ini, bahkan telah melakukan program bayi tabung sebanyak 2 kali kegagalan, lho!

Namun, hal ini nggak bikin Cynthia dan Surya menyerah. Hingga akhirnya Cynthia dinyatakan berhasil hamil dan melahirkan anak kembarnya pada NOvember 2016. Bayi kembar yang diberi nama, Ataya Tatjana Aisyah Putri dan Atharva Bimasena Saputra, ini sudah sekolah dan terlihat aktif berkegiatan bersama sang Ayah dan Ibunya.

8. Anisa Rahma & Anandito


Photo source: @anisarahma_12

Anisa Rahma merupakan mantan personel girl band Cherrybelle, yang kini sudah menikah dengan sang suami bernama Anandito. Anisa dan Dito akhirnya memutuskan untuk melakukan program bayi tabung di usia pernikahan 9 bulan.

Namun, program bayi tabung yang dijalankan keduanya sempat mengalami kegagalan. Sehingga membuat mereka memutuskan untuk break sejenak.

Hingga akhirnya, Anisa dan Dito kembali bangkit dan memutuskan melanjutkan kembali program bayi tabung tersebut. Kini keduanya telah dikaruniai dua bayi kembar cantik yang lahir pada 2022 lalu.

9. Marsha Tengker


Photo source: @cacatengker

Alsi Mega Marsha Tengker atau yang akrab disapa Caca Tengker, juga melakukan program bayi tabung saat hendak mendapatkan anak pertamanya, lho! Hal ini ia lakukan karena setelah 7 bulan menikahm ia tak kunjung hamil.

Setelah melakukan pemeriksaan ke dokter, Caca diketahui memiliki gangguan kesuburan berupa kista hormonal yang bikin ia sulit hamil. Caca pun melakukan program bayi tabung di Morula IVF demi mendapatkan keturunan.

Caca juga sangat menjaga asupan makanannya saat hendak melakukan program bayi tabung. Hingga akhirnya perjuangan tersebut membuahkan hasil dan ia melahirkan bayi perempuan cantik pada 2018 lalu, yang diberi nama Ansara Maisadipta Tamin.

Cerita perjuangan Caca Tengker untuk hamil ini, juga sempat dibagikan melalui beberapa unggahannya di media sosial. Jadi, buat para pejuang garis dua yang butuh inspirasi, mungkin bisa mempir ke Instagram milik Caca ya, Bu.

10. Dea Ananda


Photo source: @dea_ananda

Setelah 12 tahun menikah, dengan Andi Ariel Harsya, Dea Ananda pun memutuskan untuk melakukan program bayi tabung di Bocah Indonesia. Dea dan Ariel bisa dibilang melalu programbayi tabung ini dengan penuh perjuangan yang cukup panjang.

Program bayi tabung yang Dhea jalankan ini, dilakukan karena Dea diketahui memiliki masalah kesuburan berupa polycystic ovarium syndrome atau PCOS, endometriosis, dan hidrosalping. Sementara sang suami, Ariel juga punya masalah terkait hormonal

Pada Juni 2022, melalui proses persalinan caesar, Dea pun melahirkan anak pertamanya yang diberi nama Shanne El Azhar.