Keluarga

10 Rekomendasi Air Purifier untuk Pernafasan Lebih Sehat!

10 Rekomendasi Air Purifier untuk Pernafasan Lebih Sehat!

Sudahkah mendapatkan rekomendasi air purifier untuk kesehatan udara di rumah? Air purifier saat ini menjadi salah satu alat yang dipertimbangkan untuk digunakan di setiap rumah karena berfungsi membersihkan udara yang kita hirup. Tak hanya di rumah saja, rekomendasi air purifier untuk digunakan di lingkungan kantor di masa pandemi saat ini juga kerap kali digaungkan. Lalu apa sih manfaat air purifier sehingga saat ini menjadi primadona?

Manfaat Air Purifier

Melansir dari laman blog Jan Reviews, air purifier dapat membersihkan udara yang dapat menjadi pemicu asma, alergi, bahkan bila terkontaminasi zat mematikan. Penggunaan air purifier juga telah menyebar tak hanya di sekolah dan di kantor melainkan di lingkungan lain seperti rumah sakit, sekolah, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa manfaat air purifier untuk kesehatan:

1. Penghilang Pemicu Penyakit Kronis dan Pernafasan

Ada banyak pemicu asma dan alergi beberapa di antaranya adalah kotoran atau debu yang datangnya dari perabot rumah, bau menyengat dari produk pembersih rumah tangga, asap dari masakan, bau cat, bau kosmetik atau parfum, spora jamur atau serangga yang mampir ke rumah dan masih banyak lagi. Karpet yang sudah lama tidak dibersihkan juga sebagai tempat bersarangnya debu atau partikel udara kecil yang akan menyebabkan alergi atau asma kambuh. 

Pembersih udara seperti air purifier secara khusus dapat membantu menghilangkan kotoran mikroskopis yang ada. Ada banyak rekomendasi air purifier untuk mengatasi hal ini, namun air purifier HEPA filter menjadi salah satu yang dianjurkan karena sangat membantu mengurangi pemicu timbulnya asma, alergi, bahkan penyakit pernafasan lainnya.

2. Penjernih Udara Akibat Asap Rokok atau Polusi Lain

Rekomendasi air purifier hepa filter juga sangat cocok untuk ruangan yang sering kali terpapar asap rokok atau polusi lain. Menghirup asap rokok atau tembakau dapat menyebabkan munculnya penyakit paru-paru, infeksi telinga, asma, pneumonia, bahkan bronkitis. Asap rokok sangat berbahaya bila dihirup oleh perokok pasif yang ada di sekitarnya terutama anak-anak dan lansia. Air purifier HEPA filter dapat membantu menghilangkan asap dengan partikel kecil sekalipun.

3. Mengurangi Tingkat Karbon Dioksida di Ruangan

Menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida memanglah siklus pernafasan alami manusia, namun akan berbahaya bila siklus ini terus menerus terkurung dalam satu ruangan tanpa sirkulasi udara yang baik atau tanaman yang membuat udara lebih segar. 

Menghirup terlalu banyak karbon dioksida dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti sesak nafas, sakit kepala, pingsan, mual, tekanan darah meningkat, bahkan dapat menyebabkan kematian. Air purifier HEPA filter dapat mengurangi karbon dioksida pada sebuah ruangan dengan sirkulasi yang tidak baik.

4. Penghilang Serangga yang Mungkin Masuk Ruangan

Tak ada salahnya menggunakan semprotan untuk mematikan serangga, namun obat dari semprotan ini sering kali mengendap pada perabot rumah tangga lain yang dapat menyimpan partikel kecil seperti karpet atau tirai. Rekomendasi air purifier dengan HEPA filter lebih efektif untuk membasmi serangga karena tidak akan menyebabkan polusi tambahan di sebuah ruangan.  

5. Mengurangi Udara Terkontaminasi di Rumah Sakit dan Klinik

Rumah sakit atau klinik kesehatan bisa jadi satu tempat penyebaran penyakit dan berkumpulnya banyak virus serta bakteri yang tak kasat mata. Rekomendasi air purifier HEPA filter untuk dapat digunakan di tempat seperti ini dapat menjadi salah satu cara mencegah kontaminasi akibat bakteri, virus, penyakit menular, atau bahkan disinfectan sekalipun. 

6. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Pembersih udara biasanya didesain khusus untuk menghasilkan sejumlah ion yang dapat menjadikan suasana ruangan menjadi lebih nyaman. Udara yang bersih juga dapat menenangkan pikiran sehingga membuat orang yang berada di ruangan tersebut menjadi lebih sehat dan dapat berpikir dengan jernih serta terhindar dari stres. 

Cocok juga diletakkan di kamar terutama bila Ibu punya bayi yang masih kecil dan membutuhkan udara segar untuk tinggal lebih nyaman. Manfaat air purifier untuk bayi juga dapat membuat si kecil tidur lebih nyenyak serta mendapat kualitas udara yang lebih sehat untuk bernafas.

Rekomendasi Air Purifier

Pandemi ini adalah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan penggunaan air purifier karena manfaatnya yang cukup banyak. Berikut ini ada beberapa rekomendasi air purifier yang dapat dijadikan bahan pertimbangan, dilansir dari berbagai sumber:

1. Air Purifier Samsung

Rekomendasi air purifier yang pertama adalah air purifier HEPA filter Samsung yang menawarkan penyaringan udara yang murni hingga 99,97% dan dengan desain yang modern serta minimalist sehingga cocok disimpan disudut ruangan mana saja. Melansir dari laman Samsung, ada beragam jenis air purifier Samsung yang ada dengan beragam keunggulan yang ditawarkan seperti:

- 3 Way Air Flow

Sistem ini memungkinkan proses pemurnian di seluruh ruangan yang lebih luas dan 2,5 kali lebih cepat hingga ke sudut yang mungkin tidak dapat terjangkau sekalipun. 

- Multi-Layered Purification System

Sistem pemurnian air purifier Samsung berlapis yang terdiri dari Pre-Filter yang berfungsi menyaring partikel debu yang besar, kemudian ada Filter Deo Karbon yang dapat meminimalisir adanya gas berbahaya pada sebuah ruangan, dan filter yang paling dinantikan juga ada di air purifier Samsung yaitu HEPA filter yang dapat memurnikan udara hingga 99,97% dengan ukuran partikel terkecil.

- Numeric Air Quality Display

Display yang menarik dan mudah digunakan menjadi salah satu keunggulan air purifier Samsung. Sensor laser PM yang ada dapat mendeteksi debu dengan ukuran terkecil dan juga gas berbahaya. Terdapat juga indikator penilaian kualitas udara seperti warna biru untuk udara bersih, hijau untuk udara yang agak terpolusi, orang untuk udara yang cukup terpolusi, dan merah adalah indikator kualitas udara yang amat terpolusi dan tidak sehat. 

- Smart Things

Air purifier Samsung dengan jenis AX60 bahkan dapat disambungkan dengan smartphone Ayah atau Ibu dengan aplikasi SmartThings untuk mempermudah penggunaan air purifier ini.

Untuk harga, air purifier Samsung dibandrol dengan harga IDR 2,549,000 hingga IDR 4,199,000 tergantung dari jenis yang ditawarkan.

2. Panasonic Air Purifier

Pembersih udara milik Panasonic dapat menjadi rekomendasi air purifier dengan kualitas yang tak kalah bagus. Melansir dari laman Panasonic, air purifier HEPA filter juga sudah ada pada produk mereka. Selain itu, Panasonic Air Purifier punya tiga teknologi canggih berupa penyaring udara dengan varian Super Alleru-buster yang berfungsi menghambat alergen yang dapat memicu alergi, Green Tea Catechin yang dapat menyaring virus, dan Anti-Bacteria Enzyme yang dapat menghalau bakteri yang ada dalam sebuah ruangan. 

Panasonic Air Purifier tak hanya sebagai pembersih udara karena dilengkapi pelembab udara (humidifier) untuk menjaga kesehata kulit bila diletakkan di ruangan ber-AC. Pembersih udara merk ini juga diklaim dapat menghemat energi dengan teknologi Econavi yang dapat berkeja bila dibutuhkan serta ramah lingkungan. Panasonic Air Purifier dirancang dengan desain yang minimalis dan ramping sehingga cukup diletakkan disudut ruangan mana saja. Pembersih udara ini dibandrol dengan kisaran harga di atas IDR 2,000,000 ya.

3. Honeywell Air Purifier

Produk air purifier milik Amerika yang satu ini memang tepat dijadikan salah satu rekomendasi air purifier terbaik dengan pilihan air purifier yang dapat digunakan di ruangan dan air purifier yang khusus di desain untuk kenyamanan ruangan mobil. Honeywell Air Purifier di desain memiliki keunggulan seperti filter HiSiv yang sudah dipatenkan khusus milik Honeywell. Fitur ini berfungsi sebagai pemusnahan senyawa formadehida (metanal atau formalin) yang mungkin ada pada benda-benda dalam rumah dengan jangkauan pemusnahan hingga 99%. 

Selain itu Honeywell juga mengeluarkan air purifier HEPA filter yang mampu memusnahkan partikel debu sekecil apapun. Tak berhenti sampai sini, pre-filter juga digunakan pada Honeywell Air Purifier untuk memusnahkan partikel debu ukuran besar. Kisaran harga yang dibandrol untuk pembersih udara ini adalah di atas IDR 6,000,000.

4. Xiaomi Air Purifier

Xiaomi juga meluncurkan produk air purifier yang tak kalah canggih dan merupakan salah satu air purifier HEPA filter terbaik di kelasnya. Yang lebih mengesankan lagi, dengan beragam fitur yang di tawarkan seperti tingkat pengiriman udara bersih (CADR) yang cukup tinggi, tingkat kebisingan yang rendah, penggunaan daya rendah, dan dapat disambungkan dengan perangkat smartphone Xiaomi Ayah atau Ibu, pembersih udara ini terbilang cukup ramah dikantong yaitu dibandrol dengan kisaran harga IDR 1,999,000 melansir dari laman resmi Xiaomi. Tentu saja rekomendasi air purifier milik Xiaomi ini wajib dipertimbangkan!

5. Air Purifier LG

Ingin memiliki pembersih udara dengan desain stylish? LG Air purifier adalah rekomendasi air purifier yang tak boleh terlewatkan! Melansir dari laman LG Indonesia, LG Air Purifier juga di desain ramah anak karena punya fitur khusus seperti Child Safety Lock serta memiliki suara mesin yang tenang dengan tingkat kebisingan rendah dengan hadirnya fitur Smart Inverter LG. Tak hanya itu saja, fitur Smart Lighting juga akan memberitahukan kepada kita tentang kualitas udara pada sebuah ruangan dengan indikator empat warna pencayahaan. 

LG Air Purifier juga dilengkapi dengan Pre-Filter serta filter khusus yang berfungsi sebagai anti-allergen, antibacterial, serta penyaring debu. Baru-baru ini LG juga meluncurkan LG Puricare™ Wearable Air Purifier yaitu masker khusus dengan teknologi HEPA Filter untuk menyaring partikel berbahaya yang mungkin ada pada udara yang kita hirup. Untuk masker khusus ini dibandrol dengan harga IDR 3,000,000 ke atas dan untuk LG Air Purifier sendiri dibandrol dengan kisaran harga yang cukup fantastis yaitu IDR 15,000,000 ke atas.

6. Philips Air Purifier

Mengutip dari laman resmi Phillips Indonesia, Phillips Air Purifier 1000i Series diklaim mampu membersihkan udara dengan cepat yaitu kurang dari 11 menit karena memiliki laju penyaluran udara (CADR) sebesar 270 meter kubik per jam dengan jangkauan ruangan yang juga cukup luas hingga 63 meter persegi. 

Phillips juga menambahkan fitur air purifier HEPA filter untuk penyaringan udara yang lebih baik, sensor pintar untuk mendeteksi partikel debu atau zat berbahaya lainnya, mode tidur dengan pengoperasian ultra-senyap sehingga tidak bising, serta hemat energi. Beragam fitur canggih yang ada membuat produk ini menjadi salah satu rekomendasi air purifier terbaik. Phillips Air Purifier dibandrol dengan harga IDR 2,699,000 dan dapat dibeli secara online melalui website e-commerce.

7. Clair Air Purifier

Lebih menyukai air purifier yang tidak makan tempat namun tetap punya teknologi yang tinggi? Clair Air Purifier dapat mewujudkannya! Brand asal Korea ini mengklaim bahwa penjernih udaranya dapat menjadi rekomendasi air purifier dengan desain yang simple, tidak makan ruang, tapi tetap ampuh membuat udara menjadi lebih sehat.

Clair Air Purifier memiliki teknologi yang berbeda dari pembersih udara lainnya yaitu tekonologi E2F Filter yang sudah dipatenkan dan dapat menyaring partikel sangat kecil yaitu hingga 0,1 mikron atau jenis debu ultafine. Perawatan pembersih udara yang satu ini cukup mudah dan murah karena filter bisa bertahan hingga 18 bulan. Melansir dari laman Rupa-Rupa, Clair Air Purifier dibandrol dengan harga IDR 1,499,000! Selain online, Ibu juga bisa mengecek langsung produk Clair ini di setiap toko Ace Hardware terdekat.

8. Dyson Air Purifier

Brand asal Inggris ini juga punya rekomendasi air purifier dengan desain cantik dan bertkenologi canggih. Mengandalkan Teknologi Air Multiplier handal yang dapat menyebarkan 290 liter aliran udara yang bersih, lembut, serta laju penyaluran udara yang cukup kuat, Dyson Air Purifier menjadi salah satu produk pembersih udara terbaik di kelasnya. Pembersih udara ini juga dapat berputar hingga 350 derajat sehingga dapat menjangkau lebih banyak sudut ruangan. 

Mengutip dari laman Dyson Indonesia, air purifier ini juga punya Night-Time Mode untuk menciptakan efek tenang dan tidur nyenyak terutama untuk kamar si kecil. Dyson Air Purifier punya banyak desain dan beragam harga yang ditawarkan mulai dari IDR 5,000,000 ke atas dan pembelian dapat dilakukan melalui website e-commerce seluruh Indonesia.

9. Coway Air Purifier 

Satu lagi rekomendasi air purifier dari brand asal Korea yaitu Coway Air Purifier yang hadir dengan tiga tipe berbeda seperti tipe Storm, Breeze, hingga Triple Power yang dapat membersihkan udara dari tiga sisi berbeda. Melansir dari laman instagram Coway Indonesia, air purifier ini dilengkapi dengan 4 lapisan penyaringan yaitu Pre Filter, Fine Dust Filter, Deodorization Filter, dan HEPA filter yang mampu membersihkan udara dari partikel besar, partikel kecil, bakteri, debu, virus, asap rokok, jamur, bulu hewan, rambut, hingga bau tidak sedap. Harga yang ditawarkan cukup variatif dan berkisar hingga IDR 8,000,000 tergantung dari jenis yang ditawarkan.

10. Daikin Air Purifier

Rekomendasi air purifier dengan desain sederhana namun tak kalah canggih berikutnya jatuh kepada brand kenamaan milik Jepang yang menawarkan lima jenis air purifier dengan berbagai macam fitur canggih. Tak hanya berfungsi sebagai pembersih udara saja, mengutip dari laman Daikin Indonesia, produk ini juga dilengkapi dengan pelembab udara sehingga kulit akan tetap terasa sehat meskipun berada di ruangan ber-AC. Daikin Air Purifier juga dilengkapi dengan beragam fitur unggulan seperti HEPA filter, active plasma ION, Child-Proof Lock, Economode, dan Deodorising Filter. Daikin Air Purifier dibandrol dengan kisaran harga IDR 1,900,000 ke atas tergantung jenisnya.

Penulis: Novia Luciana
Editor: Dwi Ratih