Keluarga

10 Rekomendasi SD Swasta Terbaik Di Jakarta

10 Rekomendasi SD Swasta Terbaik Di Jakarta

Bagi orang tua yang sedang mencari SD swasta favorit di Jakarta ternyata masih banyak pilihannya ya Bu. 

Selain punya tenaga pengajar yang berkualitas, fasilitas yang dimiliki oleh SD swasta di Jakarta ini juga biasanya pun sangat lengkap.

Mulai dari lapangan yang luas, ruang kelas yang nyaman hingga kantin sekolah yang dijamin kebersihan makanannya. 

Walaupun sebenarnya SD swasta mungkin memiliki biaya masuk dan bulanan yang lebih mahal dibanding SD negeri yang kebanyakan gratis.

Akan tetapi, SD swasta favorit tetap menjadi pilihan bagi para orang tua menjelang tahun ajaran baru. 

Rekomendasi SD swasta terbaik di Jakarta

Nah, buat kamu yang berencana memasukan si kecil ke SD swasta tahun ini berikut adalah rekomendasi SD swasta terbaik di Jakarta yang bisa menjadi pilihan. 

1. HighScope Indonesia

Photo source: HaiBunda

Siapa sih yang nggak kenal dengan salah satu SD swasta terbaik di Jakarta yang satu ini? Yup, HighScope Indonesia adalah sekolah tingkat TK-SMA yang terletak di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Nah, saat pandemi seperti sekarang ini HighScope Indonesia menerapkan sistem Home-Based Interactive Learning (HBIL) untuk memastikan kondisi siswa kondusif dan aman selama proses belajar. Siswa juga dibekali dengan take home kit atau alat-alat pembelajaran dari sekolah.

Ada juga sesi privat antara guru dengan orangtua untuk memaksimalkan penggunaan sumber, baik digital dan juga teknologi. 

Tapi mengingat saat ini sekolah sudah mulai menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) HighScope Indonesia memastikan bahwa sistem pembelajaran tetap akan dibatasi dan selalu menetapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

2. SD Cikal

Photo source: Cikal Website

Nama SD Cikal ternyata seringkali dikaitkan dengan SD HighScope Indonesia lho Bu! Karena letaknya yang berdekatan dan salah satu cabangnya sama-sama berada di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Namun sebenarnya SD Cikal jelas berbeda dengan HighScope Indonesia ya Bu. Apalagi saat ini SD Cikal juga ada di Serpong, Tangerang Selatan, dan beberapa daerah di Indonesia lainnya.

SD Cikal merupakan salah satu SD swasta terbaik di Jakarta yang seringkali menjadi pilihan bagi para orang tua. Sebab, SD Cikal menekankan pendidikan karakter pada anak dan punya fasilitas teacher support.

Setiap awal tahun ajaran, para guru dan orang tua bersama-sama menentukan target dan pencapaian anak dalam satu semester. Wah, menarik banget ya Bu!

3. SD Global Islamic School

Photo source: Daftar Harga dan Tarif

Buat orang tua yang sedang mencari SD swasta berbasis Islam, SD Global Islamic School mungkin bisa menjadi salah satu pilihan. 

Sekolah ini merupakan salah satu SD swasta terbaik di Jakarta yang menerapkan sistem Student Centered Oriented, karena sekolah ini percaya bahwa guru bukan hanya sumber pengetahuan, tetapi juga berperan sebagai fasilitator, edukator, dinamisator, motivator, dan evaluator.

SD Global Islamic School yang berpusat di Condet, Jakarta Timur ini juga menerapkan Kurikulum Nasional Plus bermuatan Islam yang nilai-nilainya diterapkan dalam semua aspek pembelajaran lho Bu!

Jadi, orang tua nggak perlu khawatir soal pendidikan agama si kecil karena nantinya akan selalu diajarkan dan diasah langsung oleh tenaga pengajar berpengalaman di sekolah ini.

4. SD Kupu-Kupu


Photo source: Foursquare

Meski namanya nampak imut namun jangan salah, sebab SD Kupu-Kupu merupakan salah satu SD swasta terbaik di Jakarta lho! 

Apalagi SD ini memiliki concern terhadap kebudayaan Indonesia yang mungkin jarang dimiliki oleh kebanyakan SD swasta di Jakarta.

Salah satu keunggulan SD Kupu-Kupu yang terletak di wilayah Bangka, Kemang, Jakarta Selatan ini adalah memiliki ruang terbuka dan kebun yang cukup luas untuk anak-anak aktif bergerak. 

Ada juga guru penunjang belajar atau shadow teacher yang akan mendampingi siswa yang kesulitan secara akademik atau non-akademik.

5. SD Kembang


Photo source: Sekolah Kembang

Selain SD Kupu-Kupu, salah satu SD swasta terbaik dan terfavorit para orang tua yang tinggal di wilayah Kemang, Jakarta Selatan adalah SD Kembang. Para pendidik di SD ini punya tujuan khusus untuk selalu mendampingi murid-muridnya belajar, menjadi rekan diskusi dan teman bertanya.

Kelebihan lainnya, setiap tema, sumber belajar, dan pilihan kegiatan disiapkan berdasarkan kebutuhan murid. Sosok guru di sini tidak hanya sumber ilmu pengetahuan, tetapi juga mendorong setiap anak berkembang menjadi pembelajar mandiri. 

Nggak hanya itu, para guru di SD ini juga merangkul murid layaknya teman sehingga si kecil lebih mudah memahami pelajaran yang diajarkan oleh para guru.

6. SD Al-Azhar Pusat


Photo source: Nusagates

Selain Global Islamic School, salah satu SD swasta favorit di Jakarta yang bisa jadi pilihan orang tua adalah SD Al-Azhar Pusat. SD Islam yang satu ini dikenal juga punya pendidikan agama Islam terbaik yang cocok dikenalkan pada si kecil.

Selain fokus pembelajaran agamanya kuat, sekolah ini juga sudah menggunakan kurikulum cambridge dan menawarkan jenjang pendidikan yang berkelanjutan. Jadi, tidak perlu bingung lagi memilih sekolah lanjutan untuk si kecil berikutnya.

7. SDK 6 BPK Penabur


Photo source: BPK Penabur 6

Salah satu SD swasta terbaik di Jakarta selanjutnya adalah SDK 6 BPK Penabur yang terletak di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sekolah ini mengutamakan pembentukan karakter siswa yang mandiri dan bertanggung jawab.

SDK 6 BPK Penabur juga rutin mengadakan deretan kegiatan tahunan yang mendukung pendidikan si kecil berbasis agama Kristen. Nggak heran jika sekolah ini menjadi salah satu SD swasta favorit para orang tua di Jakarta, terutama yang tinggal di daerah Jakarta Utara dan sekitarnya.

8. Gandhi Memorial International School


Photo source: Gandhi Memorial International School

Sebagai salah satu sekolah internasional tertua di Indonesia, Gandhi Memorial International School masuk dalam daftar SD swasta terbaik di Jakarta lho Bu. 

Selain berbasis kurikulum International Baccalaureate (IB), sekolah ini fokus pada pertumbuhan anak dengan mengembangkan berbagai kemampuan anak, mulai dari akademik, fisik, sosial, emosional, dan budaya.

Bisa dibilang sekolah Gandhi Memorial International School juga merupakan sekolah umum yang diperuntukan untuk agama dan budaya apapun. 

Seperti namanya, para murid dan tenaga pengajar di Gandhi Memorial International School wajib menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari di sekolah.

9. SD Perguruan Cikini


Photo source: Bank Sampoerna

SD Perguruan Cikini atau yang lebih akrab dikenal dengan Percik ini menerapkan metode pembelajaran Active Learning dan telah menggunakan multimedia sebagai kegiatan belajar. 

Yup, SD Percik memang menjadi salah satu SD swasta terbaik di Jakarta karena pembelajarannya sudah menggunakan teknologi yang modern.

Di kelas, siswa akan diajar oleh dua orang guru dengan metode bilingual. Satu guru sebagai ahli, satu lagi sebagai pendamping dan menyampaikan pengajaran dalam bahasa Inggris. Kalau kamu ingin si kecil lebih cepat belajar bahasa Inggris, SD Perguruan Cikini bisa menjadi pilihan terbaik ya Bu.

10. SD Gemala Ananda


Photo source: Mommies Daily

SD swasta terbaik di Jakarta yang terakhir adalah SD Gemala Ananda yang terletak di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. SD Gemala Ananda juga menjadi SD swasta favorit di Jakarta yang masih menggunakan pengantar bahasa Indonesia. 

Sekolah ini juga menerapkan metode Brain-based learning, yaitu cara belajar yang selaras (compatible) dengan cara kerja otak, serta sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

Nah, itu tadi rekomendasi 10 SD swasta terbaik di Jakarta yang mungkin bisa menjadi pilihan untuk orang tua. Jangan lupa dipilih sesuai dengan budget yang ada ya Bu!

Editor: Dwi Ratih