Keluarga

11 Inspirasi Kado Ulang Tahun untuk Suami

11 Inspirasi Kado Ulang Tahun untuk Suami

Kebanyakan istri hafal tanggal-tanggal penting dalam hidup mereka, mulai dari tanggal ulang tahun suami, tanggal pernikahan, atau bahkan tanggal jadian saat masih berpacaran dengan suami. Dan, tanggal penting ini masih sering dianggap spesial sehingga harus dirayakan, khususnya hari ulang tahun suami.

Meskipun terkesan cuek, suami sebetulnya senang jika orang-orang di sekitarnya memberi ucapan selamat, apalagi kado. Istri biasanya cukup jeli melihat kado ulang tahun apa yang kira-kira disukai oleh suami. Namun, ada kalanya pikiran “tahun lalu sudah baju, masa baju lagi?” datang. Jika mulai kehabisan ide, daftar kado ulang tahun untuk suami berikut ini bisa jadi alternatif:

  1. Dompet

    Dompet merupakan salah satu barang yang kerap dipilih sebagai kado ulang tahun. Selain terlihat mewah, suami biasanya sering lupa betapa dompetnya sudah kumal. Sebelum memilih dompet untuk suami, Ibu bisa mengamati dompet seperti apa yang biasanya disukai suami. Jika tidak ada merk favorit, beberapa dompet kulit merk lokal layak dijadikan pilihan.

    Suami suka desain polos dan klasik? Pilih koleksi Brodo sebagai kado ulang tahun. Harga antara Rp 195.000 – Rp 350.000. Suami tidak banyak memiliki kartu? Model slim keluaran Waku Indonesia tidak terlihat menyembul di saku celana. Harga Rp 250 ribu – Rp 350 ribu sebanding dengan fungsi dan hasil jahitan tangannya.

  2. Sepatu

    Sepatu tidak hanya menjadi alas kaki, namun juga dapat menunjukkan identitas diri. Tak terkecuali bagi para suami. Jika suami penyuka olahraga lari, running shoes bisa menjadi kado ulang tahun yang disukainya. Loafers atau deck shoes untuk bekerja atau sneakers untuk sekadar dikenakan berakhir pekan juga bisa menjadi alternatif kado ulang tahun. Beberapa pria memiliki merk tertentu yang menjadi koleksi, meskipun harganya jutaan. 

    Untuk menghindari membeli produk palsu, beli langsung di official store seperti adidas.co.id (harga 800 ribu - 5 juta) maupun official store Nike di marketplace seperti Blibli.com. Namun, jika produksi lokal tidak masalah, sepatu olahraga seharga dua ratus ribuan pun sudah bisa dijadikan kado ulang tahun, asalkan sesuai dengan standar suami. Yang perlu diperhatikan saat membeli sepatu sebagai kado ulang tahun adalah memastikan ukurannya sesuai. 

  3. Pakaian

    Kado ulang tahun paling aman: pakaian. Mulai dari t-shirt hingga kemeja, pakaian selalu menjadi kebutuhan. Pilih yang suami sukai atau bisa juga belikan jenis pakaian yang jarang dimilikinya untuk stok jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

    Suami suka style muda dan kekinian? Pilih t-shirt atau jaket yang biasa dipasarkan brand lokal melalui Instagram atau clothing store seperti Thinkcookcook (Rp 120.000) atau Erigo (Rp 120 ribu- Rp 450.000). Harga bersaing namun kualitas tidak kalah dengan brand asing. Untuk kemeja, brand fast fashion yang sudah terkenal seperti H&M dan Uniqlo dapat diperoleh dengan harga Rp 150 ribu – Rp 399 ribu.

  4. Benda sesuai hobi

    Suami biasanya memiliki hobi dimana ia bisa tidak lagi perhitungan tentang uang jika sudah menyangkut hobinya. Dari koleksi figurine, aksesoris mobil, deretan buku, semua bisa dijadikan inspirasi kado ulang tahun. Untuk buku baru, harga mulai dari Rp 50 ribu di gramedia.com atau mizanstore.com.

    Koleksi figurine biasanya harus dicari secara online karena setiap toko menawarkan koleksi berbeda, bahkan yang sudah langka. Andalkan Google, media sosial, hingga marketplace untuk barang yang satu ini, termasuk jika suami kolektor barang langka jenis apapun. 

  5. Perlengkapan olahraga

    Gaya hidup sehat sedang menjadi tren. Marathon dan bersepeda adalah dua di antara olahraga yang memiliki banyak penggemar. Kebutuhan akan perlengkapan olahraga pun meningkat. Jika suami termasuk penggemar olahraga, kado ulang tahun berupa perlengkapan olahraga bisa menjadi pilihan.

    Perlengkapan bersepeda (sarung tangan, kacamata, helm, celana) dapat diperoleh di marketplace dengan harga mulai dari Rp 25 ribu. Sementara pelindung lutut, topi visor, maupun tas pinggang untuk menemani berlari bisa diperoleh mulai harga Rp 65 ribu.

  6. Pakaian dalam

    Tersembunyi tetapi jarang diperhatikan, yaitu pakaian dalam. Kado ulang tahun berupa celana dalam, boxer, hingga kaus dalam akan sangat dibutuhkan oleh suami. Biasanya, karet celana dalam yang sudah berkurang elastisitasnya bisa berarti suami membutuhkan yang baru. untuk kado ulang tahun, hindari membeli merk yang biasa ia gunakan.

    Pilih satu dua buah saja yang bahannya menyerap keringat, konstruksi jahitan nyaman dipakai, dan berkualitas baik sehingga awet. Untuk pakaian dalam pria branded, Zalora menawarkan banyak pilihan seperti Marks&Spencer (Rp 399 ribu isi 3) dan Jockey (Rp 185 ribu isi 3).

  7. Surprise call

    Saat pandemi seperti sekarang ini, tentu tidak mudah bepergian meskipun hanya ingin birthday dinner di restoran favorit apalagi mengundang teman-teman dan saudara untuk mengadakan pesta kecil di hari ulang tahun suami. Mengapa tidak membuat surprise call sebagai kado ulang tahun suami?

    Tanpa sepengetahuan suami, undang teman-teman dekatnya lewat zoom meeting atau WhatsApp video call (tergantung berapa banyak jumlahnya). Pada jam yang telah ditentukan, minta suami melihat ponsel atau laptop Ibu. Suami pasti kaget sekaligus senang mendapat kejutan meski hanya lewat teknologi.

  8. Video 

    Jika mengumpulkan teman atau saudara pada waktu yang sama ternyata sulit (karena jadwal berbeda atau kesibukan), Ibu bisa meminta mereka mengucapkan video ucapan selamat ulang tahun selama 15-20 detik yang kemudian Ibu gabungkan menggunakan aplikasi seperti VivaVideo atau InShot. Kado ulang tahun tanpa biaya yang pasti berkesan.

  9. Photobook

    Jika suami termasuk orang yang gemar mendokumentasikan momen-momen penting dalam hidup, kado ulang tahun berupa photobook dapat membuatnya terkesan. Pilih 10 foto yang memiliki cerita menarik berikut beberapa kalimat untuk caption lalu cetak menggunakan jasa cetak dokumen.

    Tak ingin ribet membuat desain photobook? Ibu bisa menyerahkannya pada jasa pembuatan photobook di Photobook Indonesia dengan harga Rp 49.000- Rp 219.000 tergantung ukuran dan jumlah halaman. Cek juga www.idphotobook.com sebagai alternatif.

  10. Special time

    Terkadang, kesibukan membuat waktu berdua bersama suami menjadi momen langka. Jika pun sering bertemu suami, adanya anak yang masih kecil membuat segala waktu dan perhatian tercurah ke mereka. Ini belum termasuk anggota keluarga lain yang tinggal serumah, yang membuat waktu spesial berdua suami menjadi makin sulit didapat. Karena itu, special time dengan suami bisa menjadi kado ulang tahun yang sangat berkesan.

    Pilih satu hal yang selama ini jarang dilakukan atau hal yang selama ini ingin dilakukan namun sulit tercapai. Misal, menonton berdua, makan malam berdua di restoran (tanpa gadget ya!), nongkrong berdua di coffee shop sambil mengobrol dari A sampai Z, atau mungkin berolahraga bersama. Jangan lupa, pastikan anak ada yang menjaga.

  11. Seks

    Suami mana yang tidak menginginkan hal ini? Sayangnya, semakin lama usia perkawinan, terkadang frekuensinya menurun, kualitasnya berkurang. Kesibukan bekerja maupun hadirnya anak bisa menjadi penyebab.

    Nah, jadikan momen ulang tahun suami sebagai salah satu cara menghidupkan kembali kehidupan seks setelah punya anak yang mulai dingin. Sebagai kado ulang tahun, tanya suami apakah ia memiliki fantasi yang mungkin bisa Ibu bantu wujudkan.

    Jika suami malu mengungkapkannya, cari referensi posisi kamasutra yang bisa dipilih berdua. Jangan lupa kenakan make up dan lingerie agar momen spesial ini semakin berkesan. Dan, jangan kaget jika hari-hari setelahnya suami jadi lebih romantis!

Apapun kado yang dipilih, pastikan sesuai dengan budgetnya. Tidak perlu memaksakan diri membeli kado barang branded atau liburan berbiaya tinggi jika tidak mampu. Namun, jika Ibu benar-benar ingin memberikan hal-hal tersebut sebagai kado ulang tahun suami, persiapkan anggarannya jauh-jauh hari.

Hindari membeli kado ulang tahun dengan cara mencicil. Senang sehari, beban setahun. Ucapan ulang tahun yang tulus dengan masakan favoritnya pun mungkin sudah membuat suami merasa special, apalagi jika anak-anak turut memberi suami ucapan dan pelukan.

(Menur)