Keluarga

12 Lagu Anak Islami dengan Ajaran Islam yang Mudah Dipahami

12 Lagu Anak Islami dengan Ajaran Islam yang Mudah Dipahami

Lagu anak islami dapat menjadi media pengenalan agama Islam yang pas untuk anak-anak sedari kecil. Lirik lagu anak islami sangat mudah dipahami dan nada irama pada setiap lagunya juga cenderung ceria sehingga membuat anak-anak tertarik untuk menonton bahkan mengikutinya. 

Animasi lagu anak Indonesia atau pun lagu anak islami saat ini juga sudah sangat baik dan halus serta dilengkapi dengan visual penuh warna yang baik untuk si kecil mengenali warna-warna yang disuguhkan.

Manfaat Mengenal Lagu Anak Islami

Saat memanfaatkan waktu screen time, maka Ibu bisa menggunakan momen ini untuk mengajarkan agama Islam sejak dini. Selain mengasyikkan, mengenal lagu anak islami dapat memberikan banyak manfaat seperti berikut:

1. Belajar Islam dengan Cara yang Fun

Menanamkan ajaran islam dan nilai-nilai Islam dapat dilakukan ketika anak-anak masih kecil, bahkan di usianya yang masih balita, Ibu dapat membacakan dongeng seru seperti kisah teladan Rasulullah SAW beserta para sahabat atau pun bernyanyi lagu anak islami bersamanya. 

Anak kecil yang punya rasa ingin tahu yang tinggi cenderung akan lebih tertarik bila ada peran orang tua dalam mengenalkan islam melalui video. Jadikan ini momen interaksi bersama si kecil yuk Bu.

2. Lebih Mudah Paham

Mengajari ajaran islam untuk balita tidak semudah mengajari orang dewasa dan tidak semerta-merta anak-anak dapat menerima sejumlah ceramah yang diberikan. Alih-alih mendapatkan banyak ilmu, anak-anak akan cenderung merasa bosan. Supaya ajaran Islam mudah dipahami, maka media yang digunakan juga harus menyenangkan seperti mendengarkan atau menonton video kartun lagu anak islami.

3. Memperbanyak Kosakata Si Kecil

Menonton lagu anak islami juga dapat memberinya pengetahuan lain tentang kosa kata baru selain bahasa Indonesia atau bahasa Ibu yang biasa dia gunakan seperti kata Sholat, berpuasa, nama indah Allah, akhlak, doa, dan masih banyak lagi. Beberapa lagu anak islami juga dilengkapi dengan pengenalan bahasa arab atau huruf hijaiyah yang bila diajarkan sejak dini akan lebih mudah bagi si kecil untuk memahaminya.

4. Menanamkan Cinta Kepada Allah SWT dan Rasulllah SAW 

Sebagai umat muslim, setiap orang tua pasti mendambakan anak yang sholeh dan sholehah yang dapat dengan mudah diajari ajaran islam seperti salat, mengaji, hingga berdoa. Lagu anak islami banyak yang mengajarkan tentang kecintaan umat kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW sehingga bagus dikenalkan sejak kecil.

5. Menumbuhkan Sifat yang Baik pada Anak

Lagu anak islami juga ada yang mengenalkan tentang sifat atau akhlak yang sangat disukai oleh Allah SWT dan Rasulllah SAW. Mengenalkannya sejak dini akan membuat si kecil lebih paham tentang makna perbuatan baik dan buruk yang harus ia lakukan dan jalani. Bila sudah paham, Ibu dapat memberikan pengertian lebih dalam lagi tentang apa saja sifat dan akhlak mulia yang disenangi Allah SWT.

Rekomendasi Lagu Anak Islami

Berikut ini ada banyak referensi tentang lagu anak islami yang bagus ditonton dan diajarkan kembali untuk si kecil, dilansir melalui berbagai sumber:

1. Lagu Anak Islami Sholawat Nabi


Photo source: Youtube

Kanal youtube Beabeo Lagu Anak Indonesia menyuguhkan lagu anak islami dengan berbagai macam varian salah satunya lagu anak islami sholawat nabi. Lirik lagu anak islami yang ada di sini cukup mudah dipahami dan dibaca (bila anak sudah mulai dapat membaca, ia akan dengan mudah membaca isi lirik tersebut karena tertera dengan jelas). 

Berikut kutipan lirik lagu anak islami sholawat nabi yang ada pada video ini:

Yaa nabi salam ‘alaika  yaa rosul salam ‘alaika

Yaa habib salam ‘alaika  sholawatullah ‘alaika

Asyaqol badru ‘alaina  fakhtafat minhul buduuru

Mitsla husnik maa ro’aina khottu ya wajha surusii

Anta syamsun anta badrun anta nuurun fauqo nuuri

Anta iksiru qagholi…  anta misbahus shuduri

Yaa nabi salam ‘alaika  yaa rosul salam ‘alaika

Yaa habib salam ‘alaika  sholawatullah ‘alaika

Asyaqol badru ‘alaina  fakhtafat minhul buduuru

Mitsla husnik maa ro’aina khottu ya wajha surusii

Anta syamsun anta badrun anta nuurun fauqo nuuri

Anta iksiru qagholi…  anta misbahus shuduri

2. Lagu Anak Islami Asmaul Husna


Photo source: Youtube

Indahnya 99 nama Allah SWT dapat dengan mudah didengarkan melalui lagu anak islami Asmaul Husna. Salah satu kanal youtube yang memberikan pengenalan yang menyenangkan tentang Asmaul Husna adalah Kastari Animation (Lagu Kita) yang dinyanyikan oleh seorang anak perempuan lucu bernama Diva. 

Selain video animasi kartun yang menyenangkan untuk ditonton, anak-anak dapat dengan mudah menghafal dan menyebutkan Asmaul Husna. 

3. Lagu Anak Islami Mengenal Huruf Hijaiyah

Photo source: Youtube

Lagu anak islami yang satu ini akan mengajarkan anak-anak tentang huruf hijaiyah supaya dapat terus dihafalkan dan dipraktekkan ketika mengaji. Salah satu kanal youtube yang memiliki lirik lagu anak islami yang mudah dipahami mengenai huruf hijaiyah adalah kanal youtube Riko The Series. 

Sebelum lancar membaca Al-Qur’an, mengenalkan si kecil dengan huruf hijaiyah sangatlah penting. Coba belajar bersama Riko The Series yuk kali ini!

4. Lagu Anak Islami Dua Kalimat Syahadat


Photo source: Youtube

Ingin mengenalkan si kecil dengan dua kalimat syahadat? Beabeo Lagu Anak Indonesia punya video yang super keren dan menyenangkan untuk disimak. Syahadat sendiri memiliki arti aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW utusan Allah SWT.

Lirik lagu anak islami pada judul lagu Dua Kalimat Syahadat ini sangatlah mudah untuk diikuti dan memiliki makna yang sangat jelas, seperti ini isi liriknya ya:

"Hai teman-temanku. Apakah engkau tau. Apa itu Syahadat? Salah satu tanda untuk menjadi Islam dengan membaca syahadat. Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah Nabi Muhammad utusan Allah Membawa Risalah untuk Umat Manusia. Aku cinta Islam agamaku."

5. Lagu Anak Islami Nussa dan Rara Rukun Islam


Photo source: Youtube

Siapa sih yang ngga kenal Nussa dan Rara? Mereka juga punya banyak lagu anak islami yang akan mengajarkan anak-anak dengan beragam hal mulai dari ajaran islam hingga akhlak terpuji yang wajib dimiliki oleh umat Muslim. Salah satu yang dapat diajarkan pada si kecil adalah mengenalkan Rukun Islam, ini dia liriknya:

“Hai teman-teman aku ingin mengingatkan, ada hal utama yang harus kita amalkan. Hai kawan-kawan mari kita perhatikan. 5 rukun islam yang harus kita amalkan. Satu, syahadat. Dua, sholat. Tiga, puasa. Empat, bayar zakat. Lima, naik haji bila sudah mampu. Itu rukun islam yang harus kita amalkan. Ayo hafalkan semua. Ini rukun islam yang paling mulia. Ayo hafalkan semua. Tanamkan dalam hati agar Allah cinta kita.”

6. Lagu Anak Islami Nussa dan Rara Rukun Iman


Photo source:Youtube

Selain mengenalkan rukun islam yang wajib diketahui setiap umat muslim, Nussa dan Rara juga mengajak kita semua untuk mengenal rukun iman. Berikut ini adalah penggalan lirik yang mudah untuk dipahami:

“Hai kawan ku akan kabarkan tentang rukun iman. Enam rukun yang paling utama harus kita yakini. Satu, iman kepada Allah. Dua, iman kepada malaikat. Tiga, iman kepada kitab Allah. Empat, iman kepada Rasul. Lima, iman kepada hari akhir. Enam, iman kepada qadha dan qadar. 

7. Lagu Anak Islami Mengenal 25 Nabi dan Rasul


Photo source: Youtube

Sebagai umat muslim, mengenal 25 nama Nabi dan Rasul sangatlah perlu terutama bagi anak-anak. Mengajarkan anak-anak tentang 25 nama Nabi dan Rasul ini dapat dengan mudah dipahami melalui video anak-anak seperti pada channel youtube Alif dan Sofia yang berjudul 25 Rasul. Seperti ini kira-kira lirik lagu anak islami yang indah itu:

“Nabi-nabi yang diutuskan mereka semua adalah mulia. Adam, Idris, Nuh, Hud, Salleh, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishak, Yaakub, Yusuf, Ayub, Syuaib, Musa, Harun, Zulkifli, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa’, Yunus, Zakaria, Yahya, Isa, wal akhiru khotimul ambiyaa Muhammad Al Musthofa.”

8. Lagu Anak Islami Tentang Sholat


Photo source: Youtube

Riko The Series juga punya lagu anak islami yang mengajak si kecil untuk mengenal sholat dan melakukan salah satu kewajiban sebagai muslim ini. Sholat merupakan ibadah yang wajib dilakukan dan merupakan tiang agama. Ibu sebaiknya mengajarkan dan mengenalkan kepada anak-anak sedini mungkin. Selain dengan memberi contoh sholat lima waktu bersama Ayah dan Ibu di rumah, menonton video tentang sholat juga dapat menjadi sarana belajar yang mengasyikkan. Lagu anak islami milik Riko The Series yang berjudul Ayo Sholat ini telah ditonton oleh lebih dari enam juta keluarga muslim dari segala penjuru.

9. Lagu Anak Islami Tentang Berpuasa


Photo source: Youtube

Sebagai umat muslim, salah satu bulan penuh berkah dan paling dinantikan kehadirannya adalah bulan ramadhan yang mewajibkan seluruh umat muslim untuk berpuasa penuh dari imsak subuh hingga magrib tiba. Ajaran tentang berpuasa dapat dilihat melalui video Beabeo Lagu Anak Indonesia berjudul Puasa Ramadhan

Selain bernyanyi bersama, lirik lagu anak islami yang ada juga cukup menjelaskan tentang puasa ramadhan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat ini.

10. Lagu Anak Islami Sholawat Badar


Photo source: Youtube

Sholawat yang indah sebaiknya selalu dilantunkan oleh Baginda Rasulullah SAW. Salah satu lagu anak islami sholata badar yang terdengar sangat indah dan mudah untuk diikuti adalah lagu milik kanal youtube Lagu Anak Islami dengan judul Sholawat Badar. Berikut ini adalah Sholawat Badar yang indah dan dapat dilantunkan kapan saja:

Shalaatullaah Salaamullaah 'Alaa Thaaha Rasuulillaah

Shalaatullaah Salaamullaah 'Alaa Yaa Siin Habiibillaah

Tawassalnaa Bibismillaah Wabil Haadi Rasuulillaah

Wakulli Mujaahidin Lillaah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

llaahi Sallimil Ummah Minal Aafaati Wanniqmah

Wamin Hammin Wamin Ghummah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Ilaahi Najjinaa Waksyif Jamii'a Adziyyatin Wahrif

Makaa idal 'idaa wal thuf Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Berikut ini merupakan arti dari Sholawat Badar yang dilansir melalui Detik:

"Shalawat dan salam Allah semoga terlimpah kepada taha sang utusan Allah. Shalawat dan salam Allah semoga terlimpah kepada Kepada Yasin sang kekasih Allah. Kami bertawassul dengan nama Allah dan dengan petunjuk Rasulullah. Dan juga kepada setiap pejuang di jalan Allah. Dan para pahlawan pada perang badar. Wahai Tuhanku, semoga Engkau berkenan menyelamatkan ummat. Dari bencana dan siksa. Dan dari susah dan kesempitan. Sebab berkahnya sahabat ahli badar ya Allah."

11. Lagu Anak Islami Mengenal 10 Malaikat 


Photo source: Youtube

Mengenal 10 malaikat Allah SWT beserta tugasnya melalui video dari kanal youtube Lagu Anak Islami yuk? Berikut ini lirik lagu anak islami dengan isi yang sangat padat dan juga jelas:

“Sepuluh malaikat dan tugasnya, siapa yang sudah tahu? Satu, Jibril menyampaikan wahyu pada Nabi dan Rasul. Kedua, Mikail memberi rizki pada umat manusia. Ketiga, Isrofil tugasnya itu meniup sangkakala. Keempat, Isroil bertanggung jawab untuk mencabut nyawa. Lima dan enam Mungkar dan Nakir menanyakan amal dikubur. Tujuh, delapan Rokit dan Atit mencatat amal baik dan buruk. Kesembilan itu malaikat Malik menjaga pintu neraka. Kesepuluh itu malaikat Ridwan menjaga pintu surga.”

12. Lagu Anak Islami Bulan Hijriah Penuh Berkah


Photo source: kauri.indostri.com

Ajaran tentang islam sangat mudah dipahami saat menyaksikan video kakak beradik Nussa dan Rara kan Bu? Kali ini Nussa dan Rara akan mengenalkan si kecil pada Bulan Hijriah Penuh Berkah melalui lagu yang seru dengan lirik seperti berikut. Yuk bernyanyi bersama!

“Ada 12 bulan. Namanya bulan hijriah. Ayo kita hafalkan agar menjadi berkah. Satu, Muharram bulan yang mulia. Dua, Shafar ayo perbaiki ibadah. Tiga, Rabiul Awal saat Rasul lahir ke bumi. Yuk kita hafalkan, yuk kita ingat, ini bulan hijriah. Yuk kita hafalkan, yuk kita ingat, supaya dapat berkah. Empat, Rabiul Akhir. Lima, Jumadil Awal. Enam, Jumadil Akhir. Ayo kita hafalkan semua. Yuk kita hafalkan, yuk kita ingat, ini bulan hijriah. Yuk kita hafalkan, yuk kita ingat, supaya dapat berkah. Tujuh Rajab, delapan Sya’ban, sembilan Ramadhan saatnya berpuasa, sepuluh syawal saatnya lebaran, sebelas Dzulqa’dah, dua belas Dzulhijah saatnya Idul Adha.

Editor: Dwi Ratih