Keluarga

14 Cara Mengatasi Dampak Overthinking yang Kerap Muncul

14 Cara Mengatasi Dampak Overthinking yang Kerap Muncul

Dampak overthinking tak hanya akan buruk bagi kesehatan mental seseorang saja, semakin lama dampak overthinking dipelihara dan tidak disembuhkan maka akan berpengaruh juga dengan kesehatan jiwa seseorang. 

Dampak overthinking juga seringnya terabaikan begitu saja dan dianggap hal yang biasa terjadi setiap hari. Cara menghilangkan overthinking juga dapat dilakukan dari dalam diri kita sendiri.

Mengenal Overthinking

Melansir dari laman GoodRX Health, overthinking adalah suatu kondisi di mana Ibu memikirkan dan mengkhawatirkan suatu hal berulang-ulang kali. Bahkan orang yang sering mengalami overthinking biasanya akan sulit untuk fokus menentukan keputusan yang tepat karena semua tidak didasarkan pada pikiran yang jernih. 

Banyak contoh dari overthinking yang tidak disadari sebagian besar manusia. Jika Ibu berulang kali memikirkan apakah si kecil akan baik-baik saja di hari pertamanya sekolah lalu kemudian cemas berlebihan, ini artinya overthinking. 

 

Bila Ayah merasa presentasi dengan klien siang ini buruk lalu kemudian sangat khawatir hingga kepikiran kapan pun dan di mana pun, ini artinya overthinking juga. Ada banyak lagi contoh overthinking yang mungkin saja tidak kita sadari. 

Overthinking adalah salah satu penyebab kesehatan mental terganggu hingga menimbulkan kecemasan berlebih hingga depresi yang memerlukan penanganan. Melansir dari laman Pharm Easy, dampak overthinking akan berpengaruh pada:

1. Kesehatan Mental yang Terganggu

Kesehatan mental yang terganggu ini menjadi salah satu dampak overthinking yang bisa jadi tidak kasat mata. Seseorang dengan overthinking bisa tiba-tiba merasa sedih, tidak berguna, hingga ketakutan akan suatu hal yang sungguh luar biasa. 

Overthinking ini semakin lama juga akan mengakibatkan seseorang merasa depresi, tidak berguna, bahkan perasaan sedih yang berkepanjangan.

2. Pola Pikir yang Tidak Sehat

Tak hanya mental yang terganggu, dampak overthinking juga berpengaruh pada cara seseorang berpikir dan mengambil keputusan. Beberapa orang dengan kondisi ini gampang goyah dengan keputusan yang diambil, sulit menentukan jalan keluar yang tepat, hingga mengambil keputusan yang cukup konyol tanpa pikiran yang matang.

3. Pola Tidur yang Buruk

Jangan heran bila seseorang dengan overthinking memiliki gangguan tidur seperti insomnia karena pikiran mereka yang hampir terus bekerja. Hal ini adalah pertanda buruk karena orang yang susah tidur cenderung memiliki kesehatan fisik yang tidak segar dan bugar. Mereka rentan terkena penyakit karena kualitas tidur yang cukup buruk.

Ciri-Ciri Overthinking yang Kerap Diabaikan

Melansir dari laman Very Well Mind, overthinking adalah hal yang berbeda dengan cara seseorang menyelesaikan masalah. Overthinking adalah tentang memikirkan suatu masalah berulang kali, sementara problem solving atau pemecahan masalah adalah memikirkan suatu solusi dari suatu masalah. 

Berikut ini merupakan ciri-ciri overthinking yang perlu kita ketahui:

1. Mengalami Pikiran yang Terus Berulang

Dampak overthinking mungkin tak kasat mata, namun kita wajib waspada. Bila Ibu sering kali mengalami pikiran yang terus berulang meskipun keadaan menunjukkan baik-baik saja, maka artinya overthinking sedang Ibu alami. 

Overthinking bahkan dapat berkembang dengan imajinasi yang lebih mengkhawatirkan padahal hal tersebut tidak akan terjadi. Berdasarkan Journal of Abnormal Psychology tahun 2013, memikirkan masalah, kesalahan, dan kekurangan diri sendiri berulang kali akan meningkatkan risiko masalah kesehatan mental.

2. Overthinking Hingga Sulit Tidur

Pernahkah dampak overthinking mengakibatkan Ibu tidak bisa tidur semalaman? Bila iya, ini artinya overthinking sedang memenuhi pikiran Ibu sehingga rasanya otak tidak dapat beristirahat meskipun sinyal tubuh sudah menunjukkan waktunya istirahat malam hari. 

Penelitian mengungkapkan, overthinking adalah salah satu penyebab terbanyak seseorang sulit tidur bahkan pada malam hari sehingga terkadang kualitas tidur memburuk.

3. Sangat Sulit Membuat Keputusan

Bila sering kali Ibu sangat sulit untuk mengambil keputusan yang tepat, ini artinya overthinking sedang menguasai otak dan pikiran Ibu. Overthinking adalah salah satu hal yang akan membuat seseorang tidak nyaman ketika menjalani aktifitas harian. Kekhawatiran berlebih akan menguasai otak mereka kemudian memunculkan perasaan yang tidak menentu hingga akhirnya keputusan yang dibuat juga rasanya sedikit konyol atau tidak berdasarkan logika yang tepat. Hati-hati terhadap hal ini ya!

Cara Mengatasi Overthinking

Cara mengatasi overthinking dapat dimulai dengan cara yang lebih alami, tanpa obat, dan mungkin masih dapat tertangani walau tidak pergi ke dokter. Melansir dari laman Pharm Easy, berikut ini beberapa hal yang dapat Ibu lakukan sebagai cara mengatasi overthinking yang cukup mengganggu:

1. Yakin dan Optimis Menjalani Hidup


Cara mengatasi overthinking terbaik adalah memulainya dari dalam diri sendiri. Ibu harus menanamkan bahwa dampak overthinking semakin lama akan semakin mengganggu kesehatan jiwa raga serta mengusik aktivitas harian. 

Mulailah untuk yakin kepada diri sendiri tentang segala hal yang sedang Ibu hadapi dan optimislah saat menjalani kehidupan. Hiduplah untuk saat ini, lupakan yang telah berlalu, ambil pelajarannya dan mulai melangkah mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

2. Sadari Ada Hal yang Tidak Bisa Dikontrol


Dalam kehidupan ini, ada hal yang bisa kita kontrol dan perbaiki, namun tetap ada takdir Tuhan yang sudah digariskan bagi setiap manusia. Bila Ibu sudah melakukan segala hal terbaik, maka segala keputusan akhir serahkan saja kepada Tuhan YME. 

Sadari dulu bahwa dampak overthinking akan buruk untuk kehidupan selanjutnya, maka lepaskan hal-hal yang dirasa tidak bisa kita kontrol, ikhlaskan.

3. Coba Alihkan Perhatian


Overthinking adalah salah satu hal yang mungkin menyita banyak waktu Ibu, tapi Ibu bisa pegang kendali atas pikiran dan kekhawatiran berlebih ini dengan cara mulai untuk mengalihkan dengan beragam hal-hal positif misalnya melakukan hobi atau kegiatan yang paling Ibu sukai. 

Saatnya mengalihkan overthinking pada kegiatan positif dan Ibu bisa melihat hasilnya akan sangat baik untuk jiwa dan raga nantinya.

4. Lebih banyak Bersyukur


Ada sebuah nasehat yang cukup baik bahwa sebaiknya kita tidak harus terlalu keras pada diri sendiri dan lebih baik lagi bila terus mengucap syukur supaya hati lebih tenang. 

Rasa syukur akan membimbing Ibu ke jalan yang lebih baik lagi dan dampak overthinking dapat memudar secara perlahan. Ini adalah salah satu cara mengatasi overthinking yang sekaligus dapat mendekatkan hubungan kita dengan Tuhan YME.

5. Lakukan Yoga atau Meditasi


Sejumlah olahraga seperti yoga atau meditasi sangat cocok untuk kesehatan dan keseimbangan pikiran kita. Ini merupakan cara menghilangkan overthinking yang cukup jitu dan sangat bermanfaat karena tak hanya akan membuat pikiran tenang namun juga menjaga badan lebih sehat lagi.

6. Tuangkan Masalah pada Buku Harian


Bagi Ibu yang suka menulis, cara menghilangkan overthinking dapat dilakukan dengan mengurai kekhawatiran dan masalah kita pada buku harian atau perangkat digital lainnya. 

Buatlah sebuah jurnal seperti jurnal rasa syukur, namun kali ini Ibu bisa menuliskan apa saja yang membuat overthinking ini terus berkembang. Menulis adalah salah satu cara menghilangkan overthinking yang cukup menyenangkan.

7. Melatih Diri untuk Percaya pada Intuisi

Overthinking biasanya muncul pada hal-hal yang amat menyita perhatian Ibu. Coba telusuri apakah kekhawatiran Ibu ini akan terbukti atau tidak. Bila benar overthinking ini tidak akan terjadi, maka saatnya Ibu menanamkan keyakinan bahwa Ibu harus percaya pada intuisi kali ini. 

Mempercayai intuisi dapat menjadi salah satu cara menghilangkan overthinking sekaligus melatih kita untuk mulai mempercayai diri sendiri.

8. Latih Kembali Otak Kita

Melansir dari laman Forbes tentang cara mengatasi overthinking, di sini diungkapkan bahwa ketika otak beristirahat, area yang menyala adalah area pemecahan masalah dan area yang terkait dengan referensi diri sendiri sehingga jika dibiarkan, maka otak akan berpikir berlebihan. 

Sebelum waktu tidur tiba, cobalah untuk melatih kembali otak kita untuk berhenti memikirkan hal yang berlebihan sehingga otak akan lebih jernih sebelum jam tidur benar-benar tiba.

9. Lawanlah Pikiran Overthinking Tersebut

Melawan pikiran overthinking bisa menjadi salah satu cara mengatasi overthinking yang semakin lama akan semakin memburuk bila dibiarkan. Melawan pikiran overthinking ini tidak serta merta begitu saja, Ibu harus yakin dulu bahwa hal itu tidak akan menyebabkan hal buruk. 

Misalnya, saat Ibu memberi izin kakak untuk camping bersama teman-teman sekolah lainnya. Pastikan dulu bahwa kakak pergi dengan aman dan bersama orang yang dapat dipercaya (bukan orang asing), bila informasi tersebut dirasa dapat dipercaya sepenuhnya, maka Ibu bisa melawan overthinking tersebut dengan segera.

10. Fokus pada Penyelesaian Masalah

Seringnya kita tidak fokus pada penyelesaian masalah dan hanya berfokus pada masalah yang muncul saja. Ini merupakan dampak overthinking yang cukup merugikan terutama waktu. 

Bila dihadapkan pada satu masalah, usahakan terlebih dahulu untuk tidak mengutamakan overthinking kita namun fokus terhadap penyelesaian masalah yang bisa dilakukan. Memikirkan solusi yang tepat akan mencegah overthinking berkembang lebih buruk lagi nantinya.

11. Minumlah Air Putih


Saat overthinking sedang menguasai pikiran Ibu, maka sebaiknya Ibu duduk dengan tenang terlebih dahulu. Lakukan tarikan nafas panjang lalu kemudian keluarkan perlahan, buatlah diri Ibu setenang mungkin. 

Setelah itu, minumlah air putih secukupnya karena akan membantu mengembalikan kejernihan pikiran. Air putih tak hanya membantu menjernihkan pikiran yang sedang kacau saja, namun dapat membantu memelihara kesehatan pada tubuh kita.

12. Menyatu dengan Alam


Selain mengkonsumsi air putih dan melakukan teknik pernafasan untuk mengontrol diri, Ibu bisa mencoba keluar sejenak jalan-jalan di sekitar rumah dan melihat pepohonan hijau. 

Atau bila perlu, Ibu bisa menikmati pemandangan taman yang hijau di area sekitar rumah sembari menenangkan pikiran. Suasana alam dan suara alam sudah sejak dulu menjadi obat paling alami untuk menjernihkan pikiran.

13. Pergi Berkunjung pada Tenaga Medis


Bila dirasa dampak overthinking sudah sangat mengganggu dan cara menghilangkan overthinking dengan metode apapun dirasa tidak mempan, maka sudah saatnya Ibu pergi berkunjung ke dokter supaya kesehatan mental terjaga dengan baik. 

Tenaga ahli akan memberikan saran terbaik dan juga perawatan terbaik supaya Ibu dapat memulihkan dampak overthinking ini. Jangan ragu untuk memeriksakan kesehatan mental ya!

14. Lakukan Gaya Hidup Sehat


Menjalani gaya hidup yang sehat dapat menjadi salah satu cara menghilangkan overthinking seperti rutin berolahraga, mengkonsumsi buah dan sayuran segar, hingga menjaga asupan makanan sehat kaya akan gizi. 

Banyak penelitian juga sudah mengungkapkan bahwa orang yang rutin berolahraga justru memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya sama sekali. Jika seseorang memiliki pikiran bahagia, maka akan sangat mungkin dampak overthinking dapat dihindari juga.

Editor: Dwi Ratih