Keluarga Dibaca 385 kali

14 Hal Positif Saat Tinggal Bersama Mertua

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
14 Hal Positif Saat Tinggal Bersama Mertua

Hidup serumah bersama dengan mertua memang nggak gampang, apalagi jika Anda punya mertua yang menuntut misalnya. Faktanya pun, di dalam hubungan rumah tangga yang indah sekali pun, nggak semua menantu bisa akur dengan mertua. Baik itu bagi Anda ataupun pasangan, tinggal bersama bersama mertua tetap punya tantangan sendiri. 

Tidak sedikit para mertua yang menuntut menantunya untuk menjalankan tiga peran sekaligus, yaitu seorang istri, anak, dan ibu. Tuntutan untuk selalu bangun pagi, menyiapkan makan hingga membersihkan rumah pun tidak luput dari kegiatan sehari-hari. Belum lagi tuntuttan untuk berbagi kebutuhan sehari-hari, mengantar mertua berbelanja, hingga kewajiban membayar tagihan bulanan.

Namun, dari sekian banyak hal negatif antara kehidupan Anda dengan mertua, masih ada, loh, hal positif tinggal bersama mertua. Apa saja contohnya? Simak yuk beberapa hal berikut ini yang kami rangkum dari IDN Times.

  1. Ada Kesempatan Menabung Untuk Tempat Tinggal

    Ya, kalau mau dihitung-hitung, sih, tinggal bersama mertua nggak bisa dibilang menghemat pengeluaran juga karena kita mesti ikut berbelanja untuk mereka, ikut membayar tagihan bulanan, dan lain sebagainya.

    Tapi, dengan tinggal bersama mereka, kita punya kesempatan untuk menabung membeli tempat tinggal. Bayangkan jika Anda dan pasangan mengontrak rumah. Biaya kontrak yang nggak sedikit, Anda masih membayar uang lainnya, seperti uang keamanan, kebersihan, belum lagi jika harus ada yang direnovasi.

    Memang, sih, merenovasi itu demi kepentingan dan kenyamanan kita beserta keluarga, tapi dalam arti lain, Anda mempercantik rumah orang lain. Dengan tinggal bersama mertua, uang-uang tersebut bisa Anda simpan. Lebih baik buat membayar uang DP rumah, kan?

  2. Ada yang Membantu Tugas Pasangan Anda

    Hal ini berlaku jika suami Anda tinggal di rumah orang tua Anda. Dengan adanya orang tua Anda di rumah, artinya ada menjaga Anda di rumah. Ketika Anda sedang hamil misalnya. Pasti, dong, orang tua Anda bakal sibuk membuatkan makanan enak buat Anda. Orang tua Anda juga pasti bakal menjaga Anda dengan baik. Hal ini, belum tentu terjadi, jika Anda yang tinggal dengan orang tua pasangan Anda, loh, Bu.

  3. Ada yang Membantu Menjaga Anak 

    Satu hal positif lainnya ketika tinggal bersama mertua, adalah ada yang membantu Anda dalam menjaga dan merawat anak-anak. Meskipun Anda sanggup membayar pengasuh anak dan asisten rumah tangga, atau Anda memasang cctv sekali pun, tetap saja, loh, anak nggak sebaiknya dipercayakan sepenuhnya begitu saja dengan mereka. Nah, dengan adanya ayah dan ibu mertua, mereka bisa ikut mengawasi anak-anak di rumah.

  4. Belajar Memasak Resep dari Mertua

    Beruntung, deh, jika Anda punya mertua yang senang dan jago memasak. Asik, kan, sepulang kerja, makanan sudah tersedia di rumah. Lainnya, Anda jadi bisa membuat masakan enak yang sudah pasti disukai oleh pasangan Anda. Serta jadikan hal ini sebagai kesempatan untuk belajar. Siapa tahu, besok-besok Anda dan mertua, bisa sama-sama mencari penghasilan. Kan, jadi sama-sama dapat untung, tuh.

  5. Ada yang Membantu Mengantar Anak Sekolah

    Namanya juga kakek dan nenek, pasti ingin menjalankan sebuah tujuan di dalam hidupnya dan ingin dirinya bermakna di mata cucu mereka. Nggak jarang, kakek dan nenek ingin punya kesibukan bagi cucu-cucunya, di antaranya adalah mengantar mereka ke sekolah. Apalagi jika kebetulan, jadwal anak berangkat dan pulang sekolah, bentrok dengan kegiatan Anda. Wah, kalau begini, Anda mesti bersyukur banget, nih. Nggak cuma meringankan beban, tapi juga menenangkan pikiran Anda dengan ada yang menjaga keselamatan anak Anda.

  6. Belajar Mengontrol Diri

    Dengan hidup seatap dengan mertua, membuat kita belajar mengontrol diri. Contoh, belajar menahan emosi, belajar untuk menghemat uang, hingga memaksa kita untuk nggak melakukan hal yang kurang baik buat diri kita, seperti kebiasaan merokok.

  7. Berbagi Rezeki dan Kebaikan

    Katanya, berbagi rezeki dengan mertua, bisa membantu melapangkan rezeki Anda. Sekadar menambah isi dapur atau mentraktir makanan favorit mertua, itu juga sudah merupakan kebaikan. Di sisi lain, hal ini bisa menumbuhkan kasih sayang dari mertua untuk kita dan anak-anak. Semakin banyak Anda berbagi, semakin dilapangkan rezeki Anda, semakin banyak lagi Anda bisa berbagi. Yuk, kita ciptakan ‘lingkaran kebaikan’ seperti ini.

  8. Kesempatan Menambah Pahala

    Tanpa Anda sadari, hal-hal kecil yang Anda lakukan di rumah, bisa menambah pahala buat Anda. Mulai dari membersihkan rumah agar rumah tetap jadi tempat tinggal yang sehat, memasak untuk mertua dan keluarga hingga merawat mertua yang sedang sakit. Semua kebaikan, sekecil apa pun, pasti ada balasannya, kok.

  9. Kesempatan Menunjukkan Sisi Positif dari Diri Anda

    Sering dipandang sebelah mata oleh mertua? Nah, jadikan hal ini sebuah kesempatan untuk menunjukkan sisi positif yang Anda miliki. Dengan melihat keseharian Anda, perlahan mertua akan melihat bahwa Anda juga seorang ibu dan istri yang bertanggung jawab, Anda adalah seorang wanita dengan karir yang baik, Anda adalah seseorang yang taat pada agama, dan lain sebagainya.

  10. Kesempatan Bepergian Berdua Pasangan

    Sesekali, pastinya Anda ingin, dong, jalan-jalan berdua saja dengan suami? Nah, bisa banget, nih, meminta bantuan mertua untuk menjaga anak selama Anda bepergian. Anda bisa menikmati waktu dengan suami, mempererat hubungan dan anak-anak di rumah tetap dalam keadaan aman. Jangan lupa, ya, membawakan buah tangan untuk mertua sebagai ucapan terimakasih.

  11. Mendekatkan Orang Tua Anda dengan Mertua

    Fakta lainnya di dalam rumah tangga, yaitu nggak semua besan dekat satu sama lain. Dengan tinggal bersama mertua, pasti ada kalanya, orang tua Anda berkunjung ke rumah mertua. Entah itu untuk melihat kondisi Anda, atau untuk berjumpa dengan cucu-cucu mereka.

    Supaya mereka semakin dekat, mungkin Anda bisa memberi tahu pada orang tua Anda, topik pembicaraan apa yang sebaiknya dilontarkan dan yang tidak. Bisa juga, nih, menyarankan orang tua untuk membawakan buah tangan yang bakal disukai dengan mertua.

    Hal ini penting, loh. Selain untuk menghormati sesama orang tua, setidaknya orang tua Anda perlu berterima kasih atas segala kebaikan yang mertua Anda berikan pada Anda, pasangan dan anak-anak.

  12. Disayang Oleh Ipar

    Banyak juga, yang tinggal bersama mertua, plus ipar. Fakta selanjutnya, tidak semua orang bisa akur dan dekat dengan iparnya. Tapi jika Anda berhasil membangun hubungan baik, maka Anda bakal dapat banyak balasan kebaikan. Misalnya, Anda dan anak-anak disayang oleh ipar. Lebih jauh lagi, ipar bisa menjadi orang yang diandalkan untuk menjaga anak-anak Anda kelak. Serius, kita nggak pernah tahu seperti apa kondisi kita kelak, nah, ipar bisa menjadi pengganti kita bagi anak-anak.

  13. Menjaga Hubungan Anda dengan Pasangan

    Nggak ada orang tua yang mau rumah tangga anaknya gagal. Dengan adanya mertua, artinya ada yang membantu menjaga hubungan Anda dengan pasangan. Mertua bakal mengingatkan agar hubungan Anda dan pasangan kembali membaik, terutama demi kepentingan anak-anak Anda.

  14. Tetap Dekat dengan Sosok Orang Tua

    Bersyukur, deh, jika Anda punya mertua yang ramah dan menganggap Anda seperti anaknya sendiri. Karena dengan begini, dijamin Anda nggak bakal merasa kehilangan sosok orang tua Anda, malah, Anda bakal sangat bahagia dengan punya banyak orang tua. Apalagi jika orang tua Anda tinggal di tempat yang jauh. Mertua bisa menjadi tempat yang nyaman untuk diajak bicara. Apalagi jika ibu mertua bisa diajak menjadi shopping partner yang baik, wah, seru banget, kan.

Nah, ternyata masih ada banyak sisi positif tentang ‘tinggal bersama mertua’, kan. Jangan lupa bersyukur dengan apa yang Anda miliki dan jalani sekarang. Baik dan buruknya, pasti memiliki makna buat Anda dan keluarga. 

Nomor berapa, nih, nikmat yang sudah Anda rasakan?

(Stephanie)