Keluarga

14 Ide Masakan untuk Malam Tahun Baru

14 Ide Masakan untuk Malam Tahun Baru

Masakan untuk malam tahun baru yang lezat adalah salah satu kunci kebersamaan keluarga yang intim.

Bagi sebagian keluarga, malam tahun baru adalah momen berkumpul bersama sehingga dibutuhkan masakan untuk malam tahun baru yang lezat yang disukai oleh semua tamu. 

Masakan untuk malam tahun baru tidak melulu harus rumit. Kamu bisa menghidangkan baik masakan lokal atau pun masakan mancanegara sesuai selera kamu dan keluarga.

Bingung mau menghidangkan apa? Simak daftar masakan untuk malam tahun baru yang dijamin membuat malam tahun baru kamu lebih ceria bersama keluarga.

1. Sup buntut

14-ide-masakan-untuk-malam-tahun-baru-1

Sup buntut adalah masakan untuk malam tahun baru yang banyak disukai oleh orang Indonesia. Masaknya tidak rumit namun tetap menghadirkan kesan istimewa di tengah sajian bersama keluarga. 

Selain lezat dan mengenyangkan, menyantap sup buntut di tahun baru akan membuat badan terasa hangat dan siap menghadapi malam pergantian tahun.

2. Sate

Sate merupakan masakan untuk malam tahun baru khas Indonesia yang digemari banyak orang. 

Untuk membuat aktivitas di dalam pertemuan keluarga menyenangkan, kamu bisa mengajak anggota keluarga lain membantu menyiapkan sate dengan cara menusukkan daging ayam atau kambing ke tusuk sate dan membakarnya bersama-sama di panggangan barbekyu.

3. Udang krispi

Udang krispi merupakan alternatif lauk masakan untuk malam tahun baru yang lezat. Masakan ini akan menghadirkan sensasi renyah dan gurih pada tepung yang dipadu dengan udang yang juicy dan manis menjadikan menu tahun baru yang tepat. Jangan lupa juga untuk menyediakan saus tomat sebagai cocolan udang krispi.

4. Misoa kuah

Masakan dengan bahan utama misoa juga cocok untuk menjadi pilihan masakan untuk malam tahun baru, contohnya misoa kuah. Misoa juga bisa dikreasikan dengan berbagai macam isian seperti daging ayam, udang,dan ikan.

Makanan hangat dengan kuah cocok dijadikan makanan yang membuat badan hangat di malam tahun baru.

5. Ayam bakar madu

14-ide-masakan-untuk-malam-tahun-baru-2

Menu bakar tepat menjadi masakan untuk malam tahun baru, termasuk ayam bakar madu. Rasa manis akan hadir dari madu yang membuat rasa ayam akan menjadi unik. Selain itu, efek madu akan membuat karamelisasi yang membuat tampilan ayam menjadi lebih menarik.

6. Tumpeng

Jangan heran, tumpeng tidak hanya identik dengan masakan yang dihidangkan saat ada hajatan saja lho. Nasi tumpeng juga bisa dihadirkan bagi kamu yang ingin menikmati makan malam tahun baru bersama keluarga. Nasi kuning yang lezat beserta lauk-pauknya bisa menjadi hidangan utuh komplit yang dapat disantap bersama.

7. Jagung bakar

14-ide-masakan-untuk-malam-tahun-baru-3

Jagung bakar adalah menu andalan yang selalu ada di perayaan. Selain mudah ditemukan di pinggir jalan, jagung bakar juga merupakan cemilan untuk malam tahun baru yang cocok untuk melengkapi kebersamaanmu dengan keluarga tercinta. Kamu dapat saling mengakrabkan diri dengan memanggang jagung bakar bersama-sama di panggangan luar ruangan.

8. Ayam jerit kemangi

Ayam jerit kemangi adalah salah satu variasi masakan untuk malam tahun baru dengan bahan utama ayam. Ayam menjadi favorit banyak orang karena selain mudah didapatkan, daging ayam memiliki rasa lezat dan mudah dikreasikan menjadi banyak masakan. 

Ayam jerit kemangi akan menjadi masakan untuk malam tahun baru nuansa tradisional yang akan disukai seluruh keluarga.

9. Kentang goreng

Kentang goreng juga bisa dijadikan ide masakan untuk malam tahun baru. Menu masakan tidak mesti melulu nasi, kamu dapat memvariasikan dengan kentang termasuk kentang goreng. Hidangan ini praktis dan hampir disukai semua orang. Kentang goreng juga bisa dijadikan cemilan ringan teman menonton televisi bersama keluarga di malam tahun baru.

10. Bakso goreng

Bakso goreng menjadi menu cemilan berikutnya yang cocok dinikmati menjelang malam tahun baru. Bakso adalah bola-bola yang terbuat dari daging sapi, ikan, ayam. 

Untuk membuat suasana semakin semarak, bakso yang biasanya identik penyajiannya dengan kuah dapat dimodifikasi dengan cara digoreng. Jangan lupa untuk juga menyediakan saos dan kecap sebagai cocolan untuk memperkaya rasa.

11. Spaghetti

14-ide-masakan-untuk-malam-tahun-baru-4

Kamu juga bisa menyediakan menu mancanegara di meja makananmu sebagai masakan untuk malam tahun baru. Spaghetti bisa dimasak sesuai dengan selera dan kebiasaan kamu, misalnya carbonara, bolognese, ataupun Aglio Olio.

12. Tahu goreng

Tahu goreng juga cemilan malam tahun baru yang cocok untuk menemani kamu dan keluarga.Sensasi renyah dan gurih dari tahu goreng akan melengkapi kebersamaanmu bersama keluarga. Tahu goreng juga bisa dilengkapi dengan sambal kacang atau sambal cabai sesuai dengan selera.

13. Salad

Salad merupakan masakan untuk malam tahun baru yang sederhana untuk disiapkan. Kamu tinggal memotong sayuran dan buah mentah dan mencampurkannya dalam satu wadah. Lengkapi salad dengan dressing favoritmu seperti saus wijen, mustard, mayonnaise, ataupun Thousand Island.

14. Masakan cepat saji

Jika kamu cukup sibuk, tidak ada salahnya menyiapkan masakan cepat saji sebagai masakan untuk malam tahun baru. Misalnya, kamu dapat membeli pizza beku di supermarket dan memanaskan serta menambahkan topping agar rasanya lebih orisinil.

Itulah 14 ide masakan untuk malam tahun baru. Sudah siap menyambut pergantian tahun?

Editor: Dwi Ratih