Keluarga

17 Tanaman Hias dengan Perawatan Mudah Serta Murah Meriah!

17 Tanaman Hias dengan Perawatan Mudah Serta Murah Meriah!

Tanaman hias menjadi salah satu primadona aktivitas yang seru dan mengasyikan saat pandemi berlangsung. Hobi bercocok tanam atau memelihara tanaman hias memiliki dampak yang positif bagi siapa saja yang melakukannya. Tak heran bila harga tanaman hias mengalami kenaikan dan jenisnya semakin banyak bermunculan untuk menarik minat para pecinta tanaman hias.

Manfaat Memiliki Hobi


Melansir dari laman Head to Health, memiliki hobi merupakan cara yang bagus untuk mengisi waktu luang dan rehat dari aktivitas harian yang melelahkan. Sebenarnya, apa saja yang Ibu lakukan untuk melepas penat seperti mempelajari banyal hal baru, melakukan kegiatan yang menjadi hobi, atau apapun yang menyenangkan akan menambah semangat Ibu setiap harinya. 

Ini bagus untuk memperbaiki suasana Ibu terutama bila sedang sangat intens dengan si kecil atau pekerjaan rumah. Menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan yang Ibu sukai sangat baik untuk kesehatan mental yang nantinya dapat membuat fisik Ibu lebih sehat dan sejahtera juga.

Sebuah penelitian menunjukkan Ibu atau siapa saja yang memiliki hobi memiliki kemungkinan kecil untuk mengalami stress, suasana hati tak menentu, hingga depresi atau frustrasi. Hobi yang Ibu lakukan akan memunculkan hormon bahagia yang Ibu butuhkan dan menciptakan suasana santai yang Ibu idamkan. 

Pastikan hobi yang Ibu pilih akan membawa kebaikan dan tidak menyusahkan Ibu, misalnya mengoleksi tanaman hias yang indah, mudah dirawat, namun juga memiliki harga yang masuk akal ya.

Rekomendasi Tanaman Hias

Memilih merawat dan mengkoleksi tanaman hias bukanlah hal yang buruk selama hobi Ini membuat Ibu lebih bahagia dari sebelumnya. Tanaman hias yang ada dan sedang hits saat ini juga memiliki varian harga yang beragam dari yang sangat mahal hingga yang lebih mudah dirawat dan terjangkau. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini tanaman hias yang murah dan mudah dirawat:

1. Tanaman Hias Monstera


Bagi para pemula, tanaman hias jenis Monstera ini kabarnya sangat mudah untuk dirawat. Ukuran dan jenis tanaman hias Monstera sangat beragam dan salah satu yang paling terkenal adalah Monstera Deliciosa. Warna hijau yang cerah dan bentuk daun yang unik menjadi satu daya tarik yang dimiliki Monstera. 

Cara merawatnya pun sangat mudah, Ibu hanya cukup meletakkan daun Monstera di ruangan atau tempat dengan pencahayaan yang cukup lalu siram saat permukaan tanah tampak mengering. Harga tanaman hias Monstera ini beragam dan terbilang murah tergantung jenisnya, mulai dari IDR 10,000 hingga ratusan ribu.

2. Zamioculcas Zamiifolia atau ZZ

Melansir dari laman CNN Indonesia, tanaman hias yang sering disebut ZZ ini merupakan salah satu tanaman yang diletakkan di dalam ruangan (indoor) dan sangat toleran terhadap kondisi yang kering dan kurang cahaya. 

Tanaman hias ZZ juga seringkali disebut dengan pohon dolar dengan ciri daun hijau yang pekat dan mengkilap serta memiliki tinggi rata-rata 30 – 90 cm. Harganya yang ramah dikantong juga cocok untuk dijadikan pilihan tanaman yang harus ada di rumah Ibu selanjutnya, yaitu berkisar IDR 15,000 ke atas.

3. Peace Lily


Ibu penyuka tanaman hias jenis bunga? Kalau begitu Ibu wajib menjadikan Peace Lily sebagai tanaman hias di rumah Ibu nih. Peace lily memiliki ciri-ciri daun hijau yang tua serta lebar dan dilengkapi dengan bunga lily putih yang cantik dan anggun. Tanaman hias jenis ini tak hanya cantik karena faktanya saat diletakkan di dalam ruangan akan bermanfaat untuk menyaring kualitas udara yang ada di ruangan tersebut. 

Peace lily dapat tumbuh di ruangan minim cahaya namun perlu dijauhkan dari hewan peliharaan Ibu karena daunnya akan beracun bila termakan. Tanaman hias ini dibandrol dengan harga mulai dari IDR 9,000 saja.

4. English Ivy

Tanaman hias jenis English Ivy merupakan tanaman dengan daun yang cantik dan dapat tumbuh merambat. Selain indah, perawatan English Ivy terbilang mudah karena bisa tetap tumbuh sehat di tempat yang teduh. Mengutip dari laman Rumahku Unik, Ibu bisa menempatkan tanaman hias ini di dalam ruangan dengan menggunakan pot vertikal atau pt gantung dan biarkan ia tumbuh cantik disana. 

Sesekali bisa dipangkas daunnya lalu diberi pupuk secukupnya. Kondisi tanah juga sebaiknya lembab untuk hasil tanaman yang lebih cantik. Jenis English Ivy cukup beragam, harganya dibandrol mulai dari IDR 15,000 ke atas.

5. Sri Rejeki


Siapa yang tak kenal dengan tanaman hias Sri Rejeki? Tanaman hias yang satu ini sudah lama menjadi salah satu tanaman favorit para Ibu karena tampilan daun yang menarik. Sri Rejeki atau Aglonema dapat tumbuh di tempat yang lembab dengan pencahayaan yang minim. 

Saran perawatan untuk Sri Rejeki adalah cukup menyiramkan sehari dua kali dengan air yang tidak mengandung kaporit, mengganti media tanam maksimal setahun sekali, dan memberi pupuk NPK untuk nutrisi tambahan. Sri Rejeki dapat ditemukan dengan harga mulai dari IDR 8,000 saja.

6. Sansevieria

Tanaman hias Sansevieria atau Lidah Mertua memiliki ciri khas bentuk daun yang meruncing panjang dengan perpaduan dua warna yaitu hijau pekat dan hijau muda cenderung kuning. Tanaman hias yang satu ini tergolong tanaman yang bandel dan mudah beradaptasi di segala situasi dan kondisi. Lidah Mertua cukup unik karena tak hanya tahan di pencahayaan minim saja, namun juga daunnya dapat menyerap racun dan dapat menghasilkan oksigen murni. 

Bila kebanyakan tanaman akan melepaskan karbondioksida pada malam hari, namun beda dengan Sansevieria yang akan terus menghasilkan oksigen. Tanaman hias yang cukup disiram bila tanahnya sudah terlihat kering saja ini cukup murah dan bisa didapatkan dengan harga mulai dari IDR 4,500 tergantu dari jenis dan besarnya.

7. Philodendron Selloum


Philodendron Selloum atau Philodendron jari memiliki bentuk daun yang cukup unik yaitu seperti jari-jari tangan manusia. Tanaman hias jenis ini kabarnya sering kali digunakan untuk rangkaian bunga atau dekorasi bunga potong untuk acara apa saja termasuk pernikahan. 

Merawat tanaman hias yang satu ini tidaklah susah karena Ibu hanya perlu menyiraminya saja secara rutin. Harga Philodendron Selloum berkisar mulai dari IDR 6,500 dan Ibu bisa mendapatkanya di toko tanaman hias di manapun termasuk online.

8. Daun Kuping Gajah

Daun kuping gajah atau Anthurium Crystallium adalah salah satu tanaman hias yang sudah terkenal cukup lama. Tanaman yang satu ini cukup mudah perawatannya yaitu dengan melakukan penyiraman rutin, memberi pupuk secara berkala, dan diletakkan di tempat yang tidak langsung kena cahaya. 

Selain mudah perawatannya, daun kuping gajah disebut-sebut merupakan salah satu tanaman pembawa rejeki bagi siapa saja yang meletakkannya di depan rumah. Tanaman hias ini cukup  ramah dikantong yaitu kisaran IDR 17,000 ke atas.

9. Aglaonema


Tanaman hias Aglaonema ini sempat menjadi trending topik dan sangat diburu oleh para pecinta tanaman karena daunnya yang indah. Bila Ibu ingin merawat Aglaonema ini menjadi tanaman hias dengan daun yang rimbun dan cantik, maka Ibu harus memberi pupuk secara rutin, menggunakan pot yang sesuai, dan menyemprotnya secara rutin pagi hari dan malam hari. 

Harga Aglaonema cukup variatif, Ibu bisa mendapatkan dengan harga mulai dari IDR 15,000 hingga jutaan rupiah.

10. Pucuk Merah

Pucuk merah adalah tanaman hias khas luar ruangan (outdoor) dengan warna yang menarik pada pucuknya bila sedang tumbuh yaitu berwarna merah menyala dan tampak sangat cantik bila berada di luar ruangan. Nantinya warna merah tersebut akan memudar seiring berjalannya waktu dan seiring tumbuhnya daun Pucuk Merah ini. 

Merawat tanaman Pucuk Merah ini cukup mudah, Ibu hanya perlu menyiramnya dua kali setiap hari, memberi pupuk dua bulan sekali, dan memangkas daunnya  3 bulan sekali supaya tunas merahnya bermunculan. Untuk ukuran 30 cm, Pucuk Merah dibandrol dengan kisaran harga IDR 15,000.

11. Alocasia Baginda Silver Dragon

Ingin merawat tanaman hias yang sedikit lebih menantang? Maka pilihan jatuh kepada Alocasia Baginda Silver Dragon karena daun ini akan tumbuh subur bila perawatannya tepat sasaran. 

Dalam merawat tanaman hias ini, Ibu tidak perlu terlalu sering mengganti media tanamnya, tempatkan ia ditempat yang lembab, pencahayaan yang cukup, dan pangkas daun yang terlihat mulai akan gugur untuk membuatnya lebih sehat dan cantik. Harga tanaman hias ini mulai dari IDR 30,000 saja.

12. Homalomena (Nampu)

Mengutip dari laman Plant Story, Homalomena adalah salah satu tanaman hias suhu tropis yang bisa diletakkan di dalam ruangan. Bentuknya menyerupai bentuk hati atau mata panah sehingga sering kali mendapat julukan ratu hati atau tanaman perisai. Warnanya yang kehijauan sangat indah dan mempercantik suduh rumah Ibu nantinya. 

Cara merawatnya juga cukup mudah, Ibu hanya perlu meletakkannya di tempat dengan cahaya yang cukup serta rutin melakukan penyiraman. Homalomena memilki kisaran harga IDR 17,000 tergantung besar dan rimbun daunnya.

13. Calathea


Calathea adalah tanaman hias yang memiliki banyak julukan seperti tanaman ular berbisa, tanaman merak, hingga tanaman zebra karena bentuk daunnya dilengkapi dengan corak garis loreng yang menawan. 

Calathea sangat mudah dirawat karena tidak terlalu memerlukan banyak cahaya, kadar air yang cukup, dan berada di tempat lembab. Bila memutuskan untuk memelihara tanaman hias yang satu ini, Ibu dapat memperolehnya dengan harga mulai dari IDR 20,000.

14. Peperomia

Salah satu tanaman hias yang dikatakan sebagai tanaman abadi yang memiliki spesies atau jenis lebih dari 1500 adalah Peperomia. Tanaman ini memiliki daun yang tumpul serta tebal dan teksturnya seperti karet. Selain itu, beberapa spesies ada yang bercorak mirip buah semangka sehingga dikenal juga sebagai Peperomia Watermelon Silver. 

Tanaman ini membutuhkan pencahayaan yang cukup, tidak suka air yang menggenang, dan cukup memberinya pupuk satu tahun sekali. Untuk jenis Peperomia Watermelon Silver dibandrol dengan harga mulai dari IDR 35,000.

15. Pilea (Chinese Money Plant)


Tanaman Koin atau Chinese Money Plant (Pilea) ini menjadi salah satu tanaman hias hits dimasanya dan tidak terlalu memerlukan perawatan yang mahal. Diberi nama tanaman koin karena bentuknya yang cukup unik yaitu bulat pipih dengan warna hijau yang mengkilap. 

Cara perawatan Pilea ini cukup mudah yaitu Ibu tak memerlukan pencahayaan yang tinggi, tidak memerlukan tanah yang lembab, dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Harga Pilea tergolong sedikit mahal namun tetap terjangkau yaitu kisaran IDR 65,000 ke atas.

16. Jemani (Anthurium Jenmanii)

Tanaman hias dengan spesien Anthurium Jenmanii memiliki ciri daun tebal, terlihat kokoh, dan kompak. Tanaman ini sempat booming bersamaan dengan viralnya tanaman gelombang cinta. Tak hanya daunnya saja yang diminati, ternyata Jemani juga memiliki bunga yang indah bila sudah tumbuh. 

Ibu hanya perlu melakukan penyiraman Jemani pagi dan sore saja, mengganti media tanam secara berkala, memberi pupuk secukupnya, memotong daun yang sudah rusak, dan meletakkan tanaman hias Jemani di tempat yang tidak langsung kena cahaya matahari. Dengan merogoh kocek mulai dari IDR 50,000 saja, tanaman hias Jemani yang indah bisa Ibu dapatkan.

17. Oxalis


Melansir dari laman Liputan 6, Oxalis adalah salah satu tanaman hias dengan warna daun yang tak biasa yaitu berwarna keunguan dan bentuk daun yang mirip dengan kupu-kupu. Jenis yang satu ini lebih sering dikenal dengan nama Oxalis triangularis yang dibandrol dengan harga mulai dari IDR 17,000. 

Di Indonesia sendiri, tanaman hias ini lebih sering dikenal sebagai Calincing Kupu, Calincing Merah, Calincing Ungu, bunga kupu-kupu atau tanaman cinta. Mengutip dari laman Klik Hijau, tanaman hias yang satu ini perawatannya cukup mudah yaitu pencahayaan yang cukup (paling baik pada sore hari), tanah yang lembab, dan dapat diletakkan di dalam ruangan.

 Editor: Dwi Ratih