Keluarga

4 Cara Membersihkan Rice Cooker Yang Tepat, Ibu Wajib Tahu!

4 Cara Membersihkan Rice Cooker Yang Tepat, Ibu Wajib Tahu!

Cara membersihkan rice cooker ternyata tidak bisa sembarangan, lho! Ada teknik khusus supaya rice cooker di rumah tetap bersih paripurna dan nyaman digunakan.

Apalagi nggak semua orang tahu, bagaimana cara membersihkan rice cooker bagian dalam dan luar sampai bersih. Terlebih jika ada noda berkerak, yang bikin lapisan anti lengketnya perlahan menghilang.

Belum lagi, bau yang ditimbulkan pada rice cooker yang kurang bersih juga akan membuat nasi jadi lebih cepat basi. Sehingga, cara membersihkan rice cooker yang bau atau gosong haruslah dilakukan dengan tepat.

Yup! Peran rice cooker atau penanak nasi bertenaga elektronik ini, sudah lama menjadi salah satu peralatan dapur yang sangat memudahkan Ibu saat menyiapkan nasi hangat untuk keluarga. Namun seperti perabot lainnya, rice cooker juga butuh perawatan khusus supaya tidak bau, tidak gosong, dan tetap awet lama. 

Mau tahu bagaimana cara membersihkan rice cooker yang tepat? Kita simak selengkapnya dalam ulasan berikut, yuk!

Tips khusus sebelum mencuci rice cooker


Melansir dari laman Home Fresh, sebelum mengetahui cara membersihkan rice cooker secara utuh, Ibu harus memperhatikan cara aman membersihkannya seperti berikut ini:

  • Cabut steker mesin dari stop kontak terlebih dahulu supaya tidak kena air
  • Pastikan sebelum mencuci, rice cooker tidak dalam keadaan hangat atau panas
  • Kalau akan dibersihkan setelah dipakai, tunggu dulu 30 menit sampai dingin
  • Gunakan bahan-bahan pembersih alami yang aman untuk rice cooker
  • Baca kembali petunjuk penggunaan dan pemakaian, karena setiap rice cooker berbeda.

Tips khusus yang satu ini, sebaiknya jangan sampai dihindari ya, Bu! Tujuannya tak lain, supaya pencuciannya maksimal dan rice cooker awet tahan lama.

Cara membersihkan rice cooker bagian dalam dan luar


Nah, jika sudah melakukan tips khusus di atas, Ibu bisa coba berbagai cara membersihkan rice cooker berikut ini:

1. Cara membersihkan rice cooker baru

Wah, Ibu baru saja memberi rice cooker baru ya? Ada baiknya rice cooker tersebut dicuci terlebih dahulu. Tujuannya, supaya terhindar dari debu-debu yang mungkin menempel lama saat dikemas di toko.

Untuk pemakaian pertama, Ibu tidak perlu repot-repot membersihkan dengan berbagai macam bahan kimia. Karena pemakaian pertama umumnya masih mulus, tanpa noda gosong maupun bau. Cara membersihkan rice cooker baru yaitu:

  • Keluarkan seluruh bagian rice cooker dari kemasannya
  • Cuci semua aksesoris yang dapat dilepas dengan air sabun hangat
  • Bersihkan badan rice cooker dengan kain lembab
  • Keringkan semua bagian rice cooker sebelum digunakan.

Cukup mudah bukan? Cara membersihkan rice cooker baru juga dapat dilakukan menggunakan mesin pencuci piring khusus (dish washer). Namun, disarankan hanya bagian dalam seperti panci anti lengket, centong nasi, dan aksesoris lain yang bisa dilepas.

2. Cara membersihkan rice cooker yang bau


Rice cooker di rumah berbau tidak sedap? Melansir dari laman My Budget Recipes, penanak nasi yang bau diakibatkan karena, sisa nasi yang tertinggal dan kemudian muncul bakteri dan terjadi fermentasi.

Menggunakan air biasa dan sabun pencuci piring untuk mencuci bagian panci anti lengket pada penanak nasi saja tidak cukup, lho! Sehingga, cara membersihkan rice cooker yang bau memerlukan cara khusus, seperti berikut ini:

  • Pisahkan seluruh bagian rice cooker (bagian dalam dan luar)
  • Cuci panci anti lengket dengan sabun hingga bersih, pastikan tidak ada sisa nasi
  • Bersihkan tutup penanak nasi jika bisa dilepas, rendam dengan air sabun panas, bilas, lalu keringkan
  • Jika tutup penanak nasi tidak bisa dilepas, Ibu bisa gunakan kain lembab hangat untuk membersihkan hingga bagian-bagian sempitnya
  • Cara membersihkan rice cooker bagian dalam adalah dengan kain lembab hangat, hindari memakai kain basah karena akan merusak mesin
  • Ibu bisa juga memakai sikat gigi bersih untuk membersihkan sela-sela rice cooker yang sulit dijangkau.

Rice cooker yang bau sering kali disebabkan karena ada sisa nasi yang tertinggal. Jika semua sudah dibersihkan secara merata, maka dapat dipastikan rice cooker Ibu telah aman dari bau.

3. Cara membersihkan rice cooker gosong


Cara membersihkan rice cooker gosong, bahkan nodanya membandel pada bagian pancinya, dapat menggunakan campuran air cuka. Yup! Ibu bisa gunakan air cuka, dengan takaran 1 cangkir cuka dicampur dengan 3 cangkir air. Kemudian, masak  sampai mendidih kemudian matikan dan usap cairan perlahan ke seluruh bagian yang gosong hingga bersih. 

Selain itu,  bisa juga menggunakan baking soda yang dicampur dengan air. Lalu, oleskan pada bagian yang gosong, diamkan 5 menit, dan bilas seperti biasa. Pastikan campurannya kental supaya lebih maksimal proses pembersihannya. 

Melansir dari laman Tiger, sebaiknya Ibu tidak menggunakan sisi spons yang keras atau abrasif. Hal ini dapat merusak bagian anti lengket dan membuat panci rice cooker jadi kehilangan fungsinya.

4. Cara membersihkan rice cooker dengan sisa nasi lengket membandel


Sering kali Ibu menemukan sisa nasi lengket pada dasar panci rice cooker. Kondisi ini bikin Ibu jadi kesulitan untuk mencucinya hingga bersih. 

Nggak perlu khawatir, Ibumin punya beberapa tips atau cara membersihkan rice cooker untuk kasus seperti ini:

  • Rendam dulu panci anti lengket 15-30 menit, baru kemudian dicuci seperti biasa
  • Jika masih ada sisa membandel, gunakan spatula atau sendok untuk mengikisnya
  • Diamkan dulu beberapa saat sampai panci dingin, baru kemudian angkat sisa nasi menggunakan centongnya.

Hingga saat ini pemakaian baking soda, cuka, dan air hangat masih ampuh untuk membantu membersihkan rice cooker di rumah. Jika menggunakan produk khusus, pastikan kandungannya aman dan tidak ada sisa bahan kimia pada rice cooker sebelum digunakan kembali.

Sisa produk pembersih ini, hanya akan membuat nasi menjadi tercemar bahan kimia berbahaya. Bikin nasi jadi tidak layak makan dan kemungkina besar juga jadi mudah basi, serta berbau tak sedap. 

Editor: Aprilia