Keluarga

4 Cara Menyimpan Bayam Di Kulkas Agar Awet Dan Segar!

4 Cara Menyimpan Bayam Di Kulkas Agar Awet Dan Segar!

Menyimpan bahan makanan di kulkas dapat menjadi suatu tantangan tersendiri, terutama cara menyimpan bayam di kulkas. Pasalnya, tidak semua bahan makanan bisa awet lama disimpan di dalam kulkas, apalagi bila caranya tidak tepat.

Salah satu hal yang kerap kali membuat para Ibu kecolongan adalah cara menyimpan bayam di kulkas. Banyak di antara kita yang menganggap bayam dapat bertahan lama saat berada di kulkas, padahal faktanya ini semua tergantung dari cara penyimpanannya.

Melansir dari laman Pantry Tips, bayam adalah salah satu sayuran hijau yang sangat mudah rusak dan membusuk dengan cepat. Pada suhu ruang, bayam segar yang baru saja Ibu beli hanya akan bertahan beberapa jam saja dan harus segera diproses.

Tidak heran bila cara menyimpan bayam tanpa kulkas juga punya teknik khusus supaya bayam tetap segar ketika akan dimasak. Setelah dimasak, bayam juga tidak bisa didiamkan lama, apalagi dipanaskan atau disimpan di kulkas.

Cara menyimpan bayam di kulkas agar awet dan segar


Mengutip dari laman Masterclass, bayam punya kandungan air yang cukup tinggi sehingga bila Ibu sudah mencucinya, maka usahakan untuk segera dimasak karena kemungkinan akan membusuk lebih cepat. Sementara itu, satu-satunya cara menyimpan bayam di kulkas agar awet hingga enam bulan lamanya adalah dengan membekukannya di freezer.

Bagaimana cara menyimpan bayam di kulkas hingga awet enam bulan? Ikuti langkah berikut ini.

1. Pilih bayam yang masih segar dan baru

Meski bayam tampak segar, namun Ibu tetap perlu waspada pada kualitas daun yang mulai menurun. Cara menyimpan bayam di kulkas dengan cara dibekukan harus melalui proses sortir daun terlebih dahulu supaya kualitasnya tetap terjaga. 

Ini juga merupakan cara menyimpan bayam untuk MPASI yang lebih aman karena saat dibekukan, nutrisi dan gizi bayam tetap terjaga. 

2. Cuci bersih bayam lalu keringkan 

Ingat, bayam yang basah akan cepat membusuk, maka cara menyimpan bayam di kulkas setelah proses cuci bersih harus melalui tahapan pengeringan terlebih dahulu. Keringkan daun bayam menggunakan tisu dapur atau kain bersih sebelum dimasukkan pada freezer.

3. Rebus bayam terlebih dahulu

Setelah dikeringkan, cara menyimpan bayam di kulkas agar awet sebaiknya melalui tahapan rebus atau blansing juga. Hal ini dapat membantu mempertahankan warna daun bayam serta mempertahankan rasanya.

Siapkan sepanci air mendidih, masukkan bayam selama kurang lebih 30 detik sampai 2 menit saja. Lalu tiriskan dan masukkan ke dalam wadah berisi air dingin dan es batu beberapa saat, kemudian tiriskan kembali pada wadah serta keringkan dengan kain bersih hingga air sudah tidak ada lagi pada daun bayam.

4. Tempatkan pada wadah bersih

Sebelum dimasukkan ke dalam freezer, Ibu bisa membulatkan bayam terlebih dahulu lalu kemudian ditata pada wadah. Setelah rapi, bayam bisa disimpan di dalam freezer dan tahan hingga enam bulan.

Apakah bayam akan bertahan lama walaupun tidak di freezer?


Melansir dari laman Cuisine at Home, meski Ibu tidak memasukkan bayam di freezer, bayam masih bisa tetap segar saat ditaruh di kompartemen kulkas lainnya dan dapat bertahan hingga dua minggu. Ikuti cara menyimpan bayam di kulkas berikut ini:

  • Pilih daun bayam yang masih bagus dan fresh
  • Cuci bersih bayam supaya pasirnya hilang
  • Keringkan dengan kain atau tisu dapur yang bersih
  • Siapkan tisu dapur yang sudah dibasahi lalu diperas
  • Letakkan bayam pada wadah, kemudian taruh tisu atau kain lembab di atasnya
  • Tutup wadah dengan rapat dan simpan hingga dua minggu
  • Hindari meletakkan bayam dekat dengan buah penghasil etilen seperti pisang atau apel, karena akan membuat bayam busuk lebih cepat, terutama bila tidak disimpan dalam wadah kedap udara.

Melansir dari laman All Recipes, selain cara menyimpan bayam di kulkas di atas, ada cara menyimpan bayam untuk MPASI yang lebih tahan lama yaitu dengan cara diblender halus lalu masukkan ke dalam wadah es batu kotak dan bekukan.

Cara menyimpan bayam agar tetap segar tanpa kulkas


Sementara itu, bayam juga masih bisa tetap segar meski tidak dimasukkan dalam kulkas, lho Bu! Ini dia cara menyimpan bayam tanpa kulkas yang bisa Ibu terapkan di rumah.

  • Pastikan bayam dalam keadaan segar
  • Pilih daun yang masih bagus, buang yang hampir layu
  • Bungkus dengan tisu dapur atau plastik kering
  • Hindari mencuci bayam karena akan lebih cepat busuk
  • Simpan di tempat dan suhu kering namun tidak terkena matahari langsung
  • Rendam dengan air es sebelum digunakan supaya bayam kembali segar
  • Cara menyimpan bayam agar tetap segar tanpa kulkas biasanya tidak lebih dari tiga hari saja.

Sementara itu, bayam yang sudah dimasak dapat bertahan lama hingga lima jam saja pada suhu ruang, namun tidak boleh dipanaskan kembali. Supaya nutrisinya tetap terjaga, pastikan cara menyimpan bayam di kulkas sudah tepat ya Bu!

Editor: Aprilia