Keluarga

5 Cara Mengatasi Kecanduan Kopi Secara Efektif

5 Cara Mengatasi Kecanduan Kopi Secara Efektif

Kamu sedang mencari cara mengatasi kecanduan kopi? Sebenarnya ini bukan hal yang mudah, bahkan ada beberapa orang gagal melakukannya. 

Terlebih di zaman sekarang, minum kopi lebih dari sekadar untuk menghilangkan kantuk. Aktivitas minum kopi atau ngopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Faktanya, kebiasaan ngopi justru bisa memicu masalah fatal bagi kesehatan tubuh. 

Dikutip dari Mayo Clinic, mengonsumsi 4 cangkir kopi setara dengan konsumsi 400 gram kafein. Angka ini masih tergolong aman untuk konsumsi harian orang dewasa dalam keadaan sehat. 

Namun, toleransi terhadap kafein akan berbeda jika terdapat masalah kesehatan bawaan, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi) dan penyakit asam lambung.

Tingginya kandungan kafein di dalam kopi bisa memicu efek stimulan, sehingga memicu otak dan sistem saraf terus bekerja dan menimbulkan efek candu. 

Jika dibiarkan terus menerus, maka kamu akan semakin kesulitan menemukan cara mengatasi kecanduan minum kopi.

Berikut akan dijelaskan fakta-fakta tentang kecanduan minum kopi, serta cara mengatasi kecanduan kopi. Yuk, simak sampai tuntas!

Faktor penyebab kecanduan minum kopi

Pada dasarnya secara medis belum bisa dipastikan penyebab kecanduan minum kopi. Akan tetapi, depresi dan kurangnya energi diduga menjadi salah satu pemicu seseorang untuk mengonsumsi kopi secara terus menerus. 

Padahal, dikutip dari Webmd, kopi tidak benar-benar membuatmu 'senang' dan terjaga. Itu hanya bagian dari mindset yang muncul dalam pikiran saja. Penelitian justru menunjukkan hal yang sebaliknya, kandungan kafein dalam kopi bisa berdampak buruk pada penurunan daya konsentrasi seseorang.

Kenali gejala kecanduan kopi

Sebelumnya, kamu perlu untuk mengenali gejala-gejala yang menandakan kecanduan kopi. Gejala kecanduan awal yang biasanya muncul adalah ketika kamu mengalami perubahan perilaku, seperti terlalu bersemangat setelah minum kopi. 

Beberapa orang juga mengalami pusing, gangguan moodsulit tidur, hingga jantung berdebar setelah mengalami kecanduan kopi. Bisa juga, mengeluhkan lemas dan kesulitan untuk berkonsentrasi, jika dalam sehari saja tidak minum kopi. 

Kondisi ini terjadi karena tubuh terbiasa menerima asupan kafein dalam jumlah banyak, sehingga akan memberi alarm untuk memintanya lagi dan lagi.

Dampak kecanduan minum kopi

Kecanduan minum kopi bisa berdampak pada kesehatan tubuh dan interaksi sosial seseorang. Kandungan kafein dalam kopi yang dikonsumsi secara berlebih dapat memicu tekanan darah tinggi, gangguan jantung, efek diuretik (ingin buang air kecil terus menerus), insomnia, serta osteoporosis. 

Selain itu, seseorang yang sudah terlanjur kecanduan minum kopi lebih sulit mengendalikan dirinya. Hubungan dengan orang-orang di sekitarnya menjadi terganggu akibat emosi yang mudah meledak-ledak. Selain itu, menurunnya konsentrasi akibat kafein juga bisa mengganggu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Cara mengatasi kecanduan kopi

Tenang saja, kamu masih bisa menemukan cara mengatasi kecanduan minum kopi. Sebelum terlambat kamu bisa mencoba melakukannya. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Mengurangi kopi sedikit demi sedikit

Kamu mungkin tidak bisa berhenti minum kopi begitu saja. Nah, sebagai salah satu cara mengatasi kecanduan kopi, cobalah untuk mengurangi asupan kafein sedikit demi sedikit. 

Perlu diketahui, ambang batas aman asupan kafein harian yaitu sebanyak 200-400 mg. Jumlah ini setara dengan 2-4 cangkir kopi atau 4-8 cangkir teh per hari.

2. Minum kopi dengan gelas kecil

Cara mengatasi kecanduan kopi berikutnya adalah dengan menggunakan gelas kecil. Kalau kamu terbiasa membeli kopi dalam gelas besar karena lebih hemat dibandingkan gelas berukuran kecil, maka cobalah untuk menghentikan kebiasaan ini. 

Kamu juga bisa menambahkan air saat membuat kopi sendiri, sehingga kopi yang dihasilkan tidak terlalu pekat.

3. Cari minuman pengganti yang lebih sehat

Alternatif cara mengatasi kecanduan minum kopi tentu dengan mencari minuman pengganti yang lebih menyehatkan. Kamu bisa mengonsumsi jus buah yang kaya vitamin, susu rendah lemak, dan air putih. Minuman pengganti ini tentu bebas kafein dan efektif mengurangi rasa candu dari secangkir kopi.

4. Mengelola waktu tidur

Tekanan deadline dalam bekerja sering membuatmu bergantung dengan secangkir kopi? Maka ganti kebiasaan ini dengan mengelola waktu tidur. Cara mengatasi kecanduan kopi yang satu ini bisa mengembalikan energi pada tubuhmu. 

Tidur teratur dan berkualitas di malam hari bisa membuatmu kembali bersemangat keesokan harinya. Dianjurkan agar kamu tidur di malam hari selama 8 jam setiap harinya.

5. Olahraga teratur

Terakhir, cara mengatasi kecanduan kopi dengan rutin berolahraga. Selain lebih sehat, kamu juga akan merasa lebih rileks. 

Aktivitas olahraga seperti jogging, yoga, dan bersepeda dianjurkan untuk kamu yang ingin berhenti dari kecanduan minum kopi. Ketiganya juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh, daya konsentrasi, dan mengembalikan energi.

Lakukan konsultasi jika dibutuhkan

Cara mengatasi kecanduan kopi dalam tingkatan paling parah tentu membutuhkan penanganan yang lebih lanjut. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter dan psikolog, sehingga masalah kecanduan minum kopi segera teratasi dengan baik. 

Jangan ragu untuk melakukan konsultasi jika memang kamu merasa kesulitan mengatasi rasa candu tersebut. Dokter dan psikolog bisa memberi rekomendasi medis yang perlu dilakukan untuk membantu kamu terlepas dari rasa kecanduan kopi.

Semoga panduan cara mengatasi kecanduan kopi yang sudah disebutkan tadi bisa membantu kamu, ya! Pastikan untuk terus menguatkan niat agar usaha yang dilakukan tidak menjadi sia-sia. Selamat mencoba!

Editor: Dwi Ratih