Keluarga

5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Aman

5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Aman

Cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal tak cukup hanya dengan sampo biasa saja. Namun jangan khawatir, karena rasa gatal dan ketombe yang selalu muncul masih dapat diobati sampai tuntas bila Ibu menggunakan produk sampo khusus anti ketombe.

Melansir dari laman Mayo Clinic, ketombe adalah sebuah kondisi dimana kulit kepala mengelupas, ini bukan penyakit menular atau serius, sangat umum terjadi pada siapa pun, namun sering kali mengganggu penampilan. Ketombe merupakan bentuk ringan dari dermatitis seboroik (seborrheic dermatitis).

Ketombe yang muncul juga cukup beragam seperti ketombe basah yang cenderung menyebabkan rambut berminyak, hingga ketombe kering. Keduanya memiliki persamaan tidak mudah dihilangkan dengan cara biasa dan cukup mengganggu penampilan harian Ibu.

Melansir dari laman Very Well Health, ketombe basah muncul akibat minyak atau sebum pada kulit kepala keluar secara berlebihan. Kondisi ini terjadi ketika penumpukan minyak pada kulit kepala tercampur dengan kotoran dan sel kulit mati yang menempel pada rambut.

Sementara itu, ketombe kering terdiri dari serpihan-serpihan berwarna putih kecil yang sangat mudah lepas dari kulit kepala. Bedanya, serpihan ketombe basah cenderung berwarna kekuningan, bertekstur lengket, agak bau, hingga menyebabkan gumpalan pada area kulit kepala dan rambut.

Karena perbedaan kondisi inilah cara menghilangkan ketombe basah sedikit berbeda dengan cara menghilangkan ketombe kering. Apakah Ibu sedang mengalami masalah ketombe? Yuk simak ulasan lengkap berikut ini.

Serba-serbi mengenai ketombe pada kulit kepala


Cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal harus hati-hati karena bila produk perawatannya tidak sesuai justru akan menyebabkan ketombe muncul lebih banyak lagi. Sebelum mengetahui cara menghilangkan ketombe kering dan basah, simak terlebih dahulu serba-serbi ketombe berikut ini, dilansir melalui laman Mayo Clinic:

1. Ketombe dapat disebabkan karena beberapa hal

Cara menghilangkan ketombe juga harus dilihat terlebih dahulu dari penyebab utamanya. Beberapa penyebab munculnya ketombe antara lain:

  • Akibat iritasi pada kulit kepala
  • Produksi minyak berlebih
  • Tidak cocok dengan sampo atau perawatan rambut tertentu
  • Kondisi medis seperti munculnya jamur malassezia, psoriasis, atau bisa juga karena eksim.

2. Ketombe dapat muncul karena faktor risiko tertentu

Semua orang bisa memiliki ketombe dengan ragam jenisnya. Cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal pada setiap orang juga tidak sama, namun beberapa faktor risiko tertentu dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap ketombe, seperti:

  • Ketombe bisa mulai dialami oleh orang-orang dengan usia dewasa muda hingga paruh baya, namun ada juga yang merasakannya hingga seumur hidup.
  • Ketombe lebih banyak muncul pada laki-laki daripada perempuan.
  • Muncul karena penyakit tertentu sehingga hanya bisa diobat melalui perawatan dan tindakan medis tertentu.

3. Cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal cukup beragam


Melansir dari laman Medical News Today, beberapa studi atau penelitian khusus telah meneliti tentang efek perawatan rambut rumahan yang lebih natural sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal. Hasilnya, pengobatan jenis ini punya respon positif terhadap kesehatan kulit kepala.

Selain itu, perawatan menggunakan produk sampo khusus anti ketombe juga dianggap mampu digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe, namun pastikan kulit kepala Ibu cocok dan tidak sensitif terhadap sampo tersebut.

Cara menghilangkan ketombe yang efektif 

Meskipun ada banyak produk perawatan rambut sebagai cara menghilangkan ketombe yang ampuh, namun Ibu tetap bisa menggunakan perawatan rumahan yang lebih alami, melansir dari laman Healthline, lakukan perawatan alami berikut ini untuk menghilangkan ketombe:

1. Minyak pohon teh (Tea tree oil)


Dari turun-temurun, minyak pohon teh telah digunakan sebagai obat jerawat dan psoriasis. Minyak ini juga memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang kuat sehingga dapat membantu meringankan munculnya ketombe pada kulit kepala.

Cara menghilangkan ketombe basah maupun kering menggunakan minyak pohon teh dinilai cukup efektif bahkan studi tentang hal ini terus bermunculan. Menurut studi, ada sekitar 126 orang memiliki masalah ketombe, kemudian mereka memakai sampo yang mengandung minyak pohon teh sebanyak 5% atau plasebo setiap hari.

Hasilnya, setelah 4 minggu, cara menghilangkan ketombe basah atau kering memakai minyak ini dapat mengurangi keparahan gejala sebesar 41% dibandingkan dengan mereka yang hanya memakai plasebo saja. Namun perlu waspada bila kulit kepala Ibu termasuk yang sangat sensitif ya.

2. Minyak kelapa


Cara menghilangkan ketombe kering maupun basah bisa memakai minyak kelapa yang termasuk obat alami pembasmi ketombe. Minyak ini bekerja dengan cara meningkatkan hidrasi pada kulit sehingga dapat mencegah kulit kepala kering yang seringnya memperburuk ketombe.

Penelitian lain juga mengungkapkan bila minyak kelapa dapat membantu pengobatan pada penyakit eksim. Lalu bila Ibu mengoleskan minyak ini selama 8 minggu pada kulit kepala, maka dapat mengurangi gejala dermatitis atopic sebanyak 68%.

3. Lidah buaya

Lidah buaya sering kali ditemukan sebagai obat yang ampuh untuk kulit wajah, tubuh, hingga kepala. Lidah buaya sangat bagus untuk merawat kondisi kulit kepala karena memiliki sifat antibakteri serta antijamur yang dapat melindungi kulit kepala dari ketombe.

Sejumlah penelitian tabung reaksi juga menunjukkan bahwa lidah buaya efektif melawan beberapa spesies jamur dan dapat mengendalikan infeksi jamur tertentu. Gunakan lidah buaya sebagai cara menghilangkan ketombe basah ataupun kering setiap hari supaya hasil lebih maksimal.

4. Cuka sari apel


Memakai cuka sari apel juga merupakan salah satu cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal yang alami dan aman digunakan. Keasaman cuka apel mampu merangsang pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala, serta dapat menyeimbangkan pH kulit sehingga dapat mengurangi pertumbuhan jamur yang menyebabkan timbulnya ketombe.

5. Omega-3

Kekurangan asam omega-3 dalam tubuh dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Kabar baiknya, asam omega-3 ini juga cukup penting untuk merawat kesehatan kulit, mengatur produksi minyak, menghidrasi tubuh, meningkatkan penyembuhan luka, dan mencegah penuaan dini. Konsumsi makanan yang mengandung omega-3 dengan takaran yang cukup, dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe juga nih, Bu!

Editor: Aprilia