Keluarga

8 Produk Perawatan Rambut Rontok Sesuai Urutan Hair Care Routine

8 Produk Perawatan Rambut Rontok Sesuai Urutan Hair Care Routine

]Menemukan produk perawatan rambut rontok yang sesuai kebutuhan, memang bukan perkara mudah. 

Kamu mungkin harus terlebih dulu melalui fase trial and error sampai benar-benar menemukan produk yang tepat. Tapi, tahukah kamu kalau tidak hanya shampoo perawatan rambut rontok saja yang dibutuhkan? 

Setidaknya ada 8 produk perawatan rambut rontok dalam hair care routine.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, untuk mengenali cocok atau tidaknya pemakaian suatu produk perawatan rambut rontok dibutuhkan waktu kurang lebih selama 2 bulan pemakaian rutin. 

Pasalnya, terlalu sering berganti rangkaian produk perawatan rambut juga tidak memberi dampak baik pada kesehatan rambut. Selain itu, kebiasaan gonta-ganti produk perawatan rambut juga bisa memicu reaksi alergi di kulit kepala.

Lantas, apa saja rekomendasi produk perawatan rambut rontok yang bisa kamu coba di rumah? Berikut daftar selengkapnya.

1. Hair oil

Hair oil atau minyak rambut ini merupakan produk perawatan rambut rontok yang sering diabaikan keberadaannya. Padahal fungsi hair oil sangat penting untuk memperkuat akar rambut, memperbaiki sirkulasi darah di kulit kepala, dan mempercepat pertumbuhan rambut. 

Rekomendasi produk perawatan rambut rontok berupa minyak ini tersedia dalam beberapa jenis. Mulai dari minyak zaitun, minyak almond, maupun minyak kelapa. Harga hair oil di pasaran pun cukup bervariasi mulai dari Rp20.000-an sampai Rp150.000-an.

2. Sampo

Kamu mungkin menemukan banyak merek sampo perawatan rambut rontok, tapi seperti apa produk sampo rambut rontok yang direkomendasikan para ahli? Dikutip dari Webmd, sampo perawatan rambut rontok sebaiknya mengandung senyawa hidrokortison 1% atau ketoconazole 1%. 

Kandungan ini paling efektif untuk menebalkan setiap helai rambut dan untuk meningkatkan kekuatan akar rambut secara keseluruhan. Sampo perawatan rambut rontok umumnya dijual dengan kisaran harga Rp25.000-an untuk merek lokal, atau Rp170.000-an untuk merek premium.

3. Kondisioner

Untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut, kamu perlu menambahkan kondisioner sebagai produk perawatan rambut rontok. Pemakaian kondisioner dipercaya bisa memperkuat folikel (akar rambut). 

Namun demikian, saat mengaplikasikan kondisioner jangan sampai terkena kulit kepala. Hal ini dikarenakan silikon dalam kondisioner bisa menyumbat pori-pori kulit kepala. Soal harga, tak jadi masalah. Kondisioner sudah bisa kamu dapatkan dengan budget antara Rp25.000-an sampai Rp150.000-an kok!

4. Masker rambut

Rekomendasi produk perawatan rambut rontok berikutnya, yaitu masker rambut. Produk ini bisa digunakan sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu. Tujuan pemakaian masker rambut adalah untuk meningkatkan kesehatan helai rambut, mencegah rambut rontok dan bercabang. 

Biasanya masker rambut ini dijual dengan harga Rp20.000-an sampai dengan Rp100.000-an.

5. Serum rambut

Sama seperti perawatan wajah, rambut pun membutuhkan produk perawatan berupa serum. Serum rambut bisa kamu jumpai dengan variasi harga mulai dari Rp30.000-an sampai Rp200.000-an. 

Sebagai produk perawatan rambut rontok, serum mampu mengganti protein pada rambut yang hilang akibat panas dari alat styling rambut. Termasuk hair dryer maupun catokan. Dengan mengaplikasikan hair serum, maka helai rambut lebih halus dan kuat, sehingga tidak mudah patah dan rontok.

6. Hair tonic

Pada hair care routine, pemakaian hair tonic berperan penting untuk menutrisi kulit kepala. Dengan begitu, setiap helai rambut jadi lebih sehat sampai ke bagian akarnya. Perlu diingat, gunakan hair tonic secukupnya saja karena jika berlebihan justru akan membuat rambut terlihat lepek. 

Hair tonic umumnya dibanderol mulai harga Rp40.000-an sampai dengan Rp200.000-an.

7. Vitamin rambut

Penataan rambut bisa membuat akar rambut kehilangan kekuatan alaminya. Oleh karena itu, kamu perlu menambahkan pemakaian vitamin rambut di dalam rangkaian produk perawatan rambut rontok. 

Gunakan hair tonic setiap habis keramas, saat rambut masih dalam keadaan setengah basah. Vitamin rambut biasanya berbentuk cairan yang dikemas dalam botol maupun kapsul plastik. Nah, soal harga, vitamin rambut ini termasuk paling banyak variasinya. 

Untuk merek lokal kamu sudah bisa mendapatkan vitamin rambut di harga Rp15.000-an, tetapi untuk merek premium sedikit lebih mahal di harga Rp150.000-an.

8. Hair mist

Satu lagi rekomendasi produk perawatan rambut rontok yang wajib kamu punya, yaitu hair mist. Tak hanya membuat rambut lebih wangi sepanjang hari, kandungan vitamin dalam hair mist juga bisa menutrisi akar rambut. 

Dengan rutin menyemprotkan hair mist setiap habis keramas, rambut jadi lebih sehat, lembut, plus wangi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir rambut kusam dan rontok lagi. Tertarik menambahkan hair mist dalam hair care routine kamu? 

Siapkan budget antara Rp35.000-an sampai dengan Rp120.000-an untuk setiap pembelian hair mist seukuran 100ml.

Bagaimana dengan rangkaian produk perawatan rambut rontok yang sudah kamu punya di rumah? Apakah ke-8 produk tadi sudah lengkap dimiliki? Kalau belum, buruan deh dilengkapi supaya kamu bisa segera terhindar dari masalah rambut rontok.

Jangan salah, meski terlihat sepele masalah rambut rontok bisa membuat kamu kurang percaya diri. Belum lagi efek jangka panjang rambut rontok yang bisa memicu kebotakan dini. 

Oleh karena itu, jangan sampai ada produk perawatan rambut rontok yang terlewatkan begitu saja, ya!

Editor: Dwi Ratih