Keluarga

5 Rumah Sakit Umum Jakarta Selatan, Sudah Terakreditasi Paripurna!

5 Rumah Sakit Umum Jakarta Selatan, Sudah Terakreditasi Paripurna!

Di antara banyaknya rumah sakit umum Jakarta Selatan, ternyata ada sejumlah rumah sakit yang sudah mengantongi Akreditasi Paripurna lho! 

Perlu diketahui, Akreditasi Paripurna ini diberikan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), sebuah lembaga independen pelaksana akreditasi rumah sakit yang bersifat fungsional, non-struktural, dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Predikat Paripurna atau setara bintang 5 ini hanya diberikan kepada rumah sakit yang telah memenuhi setidaknya 80% dari masing-masing standarisasi pelayanan rumah sakit berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

Namun demikian, status akreditas ini perlu diselenggarakan secara berkala, yaitu selama 4 tahun sekali.

Penasaran rumah sakit umum Jakarta Selatan mana saja yang sukses terakreditasi Paripurna? Berikut daftar selengkapnya.

1. RSUP Pertamina

Photo source: tempo.co

Sejak resmi beroperasi pada 6 Januari 1972, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Pertamina menjadi salah satu pilihan terbaik bagi warga sekitar Jakarta Selatan yang akan pergi berobat.

Rumah Sakit Umum Jakarta Selatan paling favorit ini memiliki tenaga kesehatan yang kompeten dan unggul, serta dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih. Tidak hanya menyediakan pelayanan rawat jalan dan rawat inap, di sini kamu juga bisa mendapatkan pelayanan home health care.

Lebih dari itu, RSUP Pertamina juga memiliki fasilitas unggulan berupa Cath Lab 24 jam untuk penanganan serangan jantung, perawatan luka bakar terbaik di Indonesia, dan Kamar Rawat Ablasi untuk terapi Iodium. 

Tersedia pula fasilitas Laboratorium berstandar Internasional, sehingga pasien bisa mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih akurat.

Alamat: Jl. Kyai Maja No.43, RT.4/RW.8, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, 12120

Telp: (021) 7219000

Website: www.rspp.co.id

2. RSU  Siloam TB Simatupang

Photo source: siloamhospitals.com

RSU Siloam TB Simatupang memiliki layanan unggulan di bidang kardiologi, neurosains, ortopedi, dan radiasi onkologi. Didukung dengan tenaga medis yang kompeten dan berpengalaman serta peralatan kedokteran berteknologi modern, seperti CT Scan - 256 Slices, MRI 3 Tesla dan LINAC. 

Tentu saja, rumah sakit umum Jakarta Selatan bertaraf internasional ini layak menerima predikat akreditasi Paripurna.

Kamu yang berencana mengajak si kecil berobat ke RSU Siloam TB Simatupang ini bahkan bisa memilih satu dari tujuh dokter spesialis anak terbaik yang ada di sini. 

Selain itu, ada pula dokter spesialis kandungan, dokter spesialis bedah, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis jantung, dokter gigi, sampai dokter spesialis kejiwaan atau psikiater pun bisa kamu jumpai di sini.

Alamat: Jl. R.A. Kartini No.8, RW.4, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, 12430

Telp: (021) 29531900

Email: info.shtb@siloamhospitals.com

3. RSUP Fatmawati

Photo source: mediaindonesia.com

Berbeda dari rumah sakit sebelumnya yang dikelola oleh pihak swasta, RSUP Fatmawati merupakan rumah sakit umum Jakarta Selatan milik pemerintah. Dari namanya saja kamu mungkin bisa mengetahui, sebab nama Fatmawati sendiri diambil dari nama istri presiden pertama Republik Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. 

RSUP Fatmawati pertama kali beroperasi pada 15 April 1961 dan terus berkembang pesat sampai detik ini.

Tidak hanya memperoleh Akreditasi Paripurna, rumah sakit umum Jakarta Selatan ini juga telah lulus uji sertifikasi oleh Joint Commission International (JCI) pada tahun 2013 lalu. Beberapa fasilitas unggulan yang disediakan di RSUP Fatmawati antara lain, Orthopaedi, Kardiovaskuler Intensif dan Kanker Terpadu.

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.4, RT.4/RW.9, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, 12430

Telp: (021) 7501524

Website: www.rsupfatmawati.id

4. RSU Pondok Indah - Pondok Indah

Photo source: rspondokindah.co.id

RSU Pondok Indah juga masuk dalam daftar rumah sakit umum Jakarta Selatan yang terakreditasi Paripurna. Bahkan di tahun 2020 kemarin, RSU Pondok Indah juga meraih penghargaan bergengsi IBCLC Care Award 2020 dari International Board Certified Lactation Consultant (IBCLC), sebuah lembaga sertifikasi konsultan laktasi internasional.

Penghargaan tersebut membuktikan bahwa RSU Pondok Indah – Pondok Indah berhasil menyediakan fasilitas persalinan dan laktasi, dengan konsultan laktasi bersertifikat IBCLC dan memiliki program dukungan laktasi secara khusus. Artinya, pasien yang bersalin di RSU Pondok Indah - Pondok Indah ini akan mendapat layanan secara maksimal sampai ke tahap menyusui.

Alamat: Jl. Metro Duta Kav. UE, Pondok Indah, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, 12310.

Telp: (021) 7657525

Email: cr.pondokindah@rspondokindah.co.id

Website: www.rspondokindah.co.id

5. RSU Metropolitan Medical Centre (MMC)

Photo source: garnesia.com

RSU Metropolitan Medical Centre atau lebih populer dengan nama RS MMC, kembali menerima Akreditasi Paripurna pada tahun 2021 lalu. Perlu diketahui, rumah sakit umum Jakarta Selatan ini merupakan satu-satunya rumah sakit milik swasta di Indonesia yang didukung oleh lebih dari 30 dokter sub spesialis bergelar  Profesor. 

Didukung pula oleh lebih dari 200 dokter spesialis dari berbagai spesialisasi ilmu kedokteran.

Selain itu, RS MMC juga menyediakan Pusat Layanan Unggulan bagi para pasien yang berobat di sana. Mulai dari Cardio Cerebro Vascular Centre (CCVC), Digestive Centre, Uro-Nephrology Centre, Comprehensive Orthopaedic and Rheumatology Centre, Oncology Centre, serta Medical Rehabilitation Centre.

Alamat: Jl. H.R Rasuna Said Kav. C No. 20-21, Kuningan, Jakarta Selatan, 12940.

Telp: (021) 5203435

Email: mmc@rsmmc.co.id

Website: rsmmc.co.id

Itulah tadi lima rumah sakit umum Jakarta Selatan yang sudah memiliki akreditasi bintang 5 atau Paripurna. Semoga bisa memudahkan kamu menentukan pilihan tempat berobat yang terbaik di dekat rumah ya!

Editor: Dwi Ratih