Keluarga

5 Tips Memasak Nasi, Lebih Pulen Dan Nggak Cepat Basi

5 Tips Memasak Nasi, Lebih Pulen Dan Nggak Cepat Basi

Ada nggak ya tips memasak nasi agar pulen dan enak? Pasti Ibu juga sering penasaran bukan dengan resep membuat nasi yang anti gagal, pulen dan nggak mudah basi

Yup! Walaupun pakai rice cooker, ternyata cara memasak nasi yang benar tetap perlu dipelajari, lho! Memasak nasi mungkin terlihat sepele, namun ini bisa menjadi hal yang menantang bagi sebagian orang karena hasilnya belum tentu sesuai harapan. 

Cara memasak nasi juga banyak, dari mulai menggunakan panci hingga alat penanak nasi yang tinggal colok saja. Meski terbilang mudah, kadang hasilnya terlalu lembek atau justru terlalu kering. 

Alih-alih kesal karena keburu lapar, ada baiknya Ibu simak berbagai tips memasak nasi berikut ini ya! Ketahui juga bagaimana tips memasak nasi agar wangi dan menggugah selera makan keluarga.

Serba-serbi memasak nasi yang benar dan enak


Nasi sudah menjadi bahan makanan utama dalam keluarga. Rasanya mengonsumsi nasi yang enak dan pulen akan membuat perut tak hanya kenyang saja, namun terasa sangat puas.

Tapi sayangnya, kadang nasi yang dimasak punya tekstur yang belum sesuai dengan lidah kita ya, Bu. Supaya tidak penasaran, berikut ini ada beberapa tips memasak nasi yang bisa Ibu praktekkan langsung di rumah:

1. Tips memasak nasi agar pulen dan enak

Melansir dari laman Bon Appetit, tips memasak nasi agar pulen punya langkah-langkah tersendiri, seperti:

  • Masukkan beras pada wadah penanak nasi anti lengket
  • Tambahkan dengan air dingin hingga menutupi seluruh beras
  • Aduk-aduk beras hingga air keruh, lalu keluarkan airnya dan ulangi proses ini sebanyak tiga kali 
  • Tambahkan air dengan tinggi seruas jari atau 2 cm di atas beras pulen tersebut
  • Pencet tombol cook kemudian tunggu sampai matang
  • Setelah matang, nasi jangan langsung dikonsumsi. Istirahatkan nasi supaya makin pulen sekitar 15-20 menit
  • Aduk nasi sampai rata hingga bagian bawah terangkat semua supaya nasi tidak lengket dan lebih mudah diambil.

Tips memasak nasi agar pulen yang utama adalah dari pemilihan jenis beras. Jadi pastikan Ibu memilih beras jenis pulen atau tidak pera, ya.

2. Tips memasak nasi agar tidak cepat basi


Tips selanjutnya akan membuat nasi Ibu lebih awet dari biasanya alias tidak cepat basi atau berwarna kuning. Yuk coba tips memasak nasi agar tidak cepat basi berikut ini:

  • Tambahkan cuka atau air perasan lemon sebelum memasak nasi
  • Memasak sesuai takaran atau tidak berlebih
  • Jika tombol “warm” dimatikan, sebaiknya penutup rice cooker diberi lap yang menyerap air sehingga air tidak jatuh pada nasi dan menyebabkan nasi cepat basi karena lembap.

Nasi cepat basi bisa juga dikarenakan tekstur nasinya terlalu lembap, akibat terkena tetesan air pada bagian tutup rice cooker. Selain itu, nasi mudah basi atau berwarna kuning juga dapat disebabkan karena proses mencuci nasi yang tidak bersih sedari awal.

3. Tips memasak nasi agar tidak kering


Lalu bagaimana jika nasi yang dimasak justru terlalu kering dan kurang enak kalau dimakan? Caranya, dengan menambahkan air panas secukupnya ke dalam rice cooker lalu kemudian dimasak kembali sampai matang.

Kalau menggunakan panci biasa bagaimana ya? Nah, melansir dari laman The Kitchn, berikut ini ada tips memasak nasi agar tidak kering yang bisa dicoba:

  • Tambahkan ¼ cangkir air mendidih ke dalam panci
  • Kecilkan apinya dan masak selama lima menit dalam keadaan panci tertutup
  • Setelah lima menit, angkat panci dari kompor dan diamkan 10 menit dalam kondisi tertutup
  • Aduk rata nasi dan sajikan hangat.

Tapi bila kondisinya, nasi sudah terlanjur kering hingga gosong berkerak, maka sebaiknya dibuang saja dan lakukan proses memasak nasi dari awal ya.

4. Tips memasak nasi agar wangi


Selain pulen, tentu saja Ibu juga suka kalau nasi yang dimasak wangi bukan? Nah, supaya nasi yang dimasak pulen dan wangi, yuk coba tips memasak nasi agar wangi berikut ini:

  • Menggunakan daun pandan selama memasak
  • Tambahkan daun salam segar ke dalam rice cooker
  • Mencampurkan serai dan bawang putih pada beras yang akan dimasak.

Aroma dari ketiga bahan makanan tersebut dipercaya akan menimbulkan aroma wangi yang menggugah selera pada nasi yang baru saja matang. Tertarik untuk mencobanya?

5. Tips memulihkan nasi yang terlalu lembek


Sering menemukan hasil masak nasi di rice cooker Ibu terlalu lembek? Nah ternyata, melansir dari laman Master Class, nasi lembek atau terlalu basah biasanya dikarenakan terlalu banyak menyerap air.

Hal ini menyebabkan butiran beras menjadi terbelah, teksturnya rusak, dan menghasilkan nasi yang seperti bertepung atau bergetah. Untuk menyiasatinya, Ibu bisa meniriskan air yang masih tersisa lalu kemudian memasaknya kembali hingga benar-benar matang.

Namun jika tidak ada air tersisa tapi nasi masih lembek, maka Ibu bisa menaruh roti tawar di atas nasi. Kemudian aktifkan kembali tombol cook, hingga nasi benar-benar matang. 

Roti akan membantu menyerap kelebihan air pada nasi lembek tersebut. Tak hanya itu saja, memulihkan nasi yang terlalu lembek dapat dilakukan dengan bantuan oven. 

Caranya, ambil nasi lalu ratakan pada loyang kemudian panaskan kembali pada suhu 350 derajat atau kurang lebih lima menit. Memanaskan kembali nasi yang lembek melalui oven, dapat menghasilkan tekstur nasi yang matang dan sesuai yang Ibu inginkan.

Itu tadi adalah beberapa tips memasak nasi yang bisa Ibu coba di rumah. Dari sekian banyak tips memasak nasi tersebut, ada yang sudah pernah Ibu coba, belum?

Editor: Aprilia