Keluarga

Masak Jadi Lebih Mudah, Yuk Simak Tips Food Preparation Ini

Masak Jadi Lebih Mudah, Yuk Simak Tips Food Preparation Ini

Punya hobi masak tapi malas menyiapkan bahan-bahannya? Tenang Bu, mungkin Ibu butuh menerapkan food preparation demi memudahkan Ibu dalam memasak dan menyiapkan makanan.

Yup, food preparation saat ini memang sedang jadi trend dalam masyarakat. Khususnya bagi yang sudah berumah tangga. Metode yang mempersiapkan bahan baku mentah menjadi bahan siap masak ini dinilai memudahkan proses memasak dalam periode tertentu.

Biasanya, food preparation dilakukan untuk menyiapkan bahan makanan selama satu minggu. Tanpa perlu repot bolak-balik belanja dan memudahkan kita untuk mengolah makanan.

Nggak hanya itu, food preparation juga memungkinkan kita untuk mengurangi bahan makanan yang busuk agar tidak mubazir. Food preparation juga dapat membuat kita lebih hemat pengeluaran.

Akan tetapi food preparation nggak bisa sembarangan dilakukan ya Bu karena akan berpengaruh pada keawetan bahan makanan itu sendiri. Nah berikut adalah tips food preparation yang benar untuk memudahkan Ibu dalam mengolah makanan.

Jadi sebenarnya, apa itu food preparation?


Tiap Ibu pasti ingin selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga, terutama dalam hal menyediakan makanan. Trend food preparation bisa menjadi solusi untuk memudahkan Ibu dalam memasak dan menyiapkan makanan.

Lalu apa itu food preparation? Melansir Healthline food preparation atau meal preparation adalah proses menyiapkan bahan makanan jauh hari sebelum hendak dimasak. Trend ini pada awalnya sangat populer di kalangan para Ibu bekerja yang super sibuk dan tak sempat menyiapkan makanan untuk keluarga.

Keuntungan melakukan food preparation adalah hemat waktu saat berbelanja. Cukup ke pasar atau supermarket seminggu sekali maka segala kebutuhan dapur terpenuhi.

Nggak hanya itu, kita juga bisa hemat uang belanja karena biasanya jika berbelanja ke pasar maka banyak belanjaan yang dibanderol dengan harga yang lebih murah. Food preparation juga bisa mempercepat proses memasak dan menyajikan makanan.

Bahkan bahan makan yang dibeli seperti sayuran dan buah bisa tetap segar walau di simpan berhari-hari di kulkas lho Bu. Dengan catatan di simpan di wadah atau tempat tertutup di dalam kulkas.

Manfaat food preparation


Food preparation ternyata punya beragam manfaat lho Bu. Salah satunya adalah menghemat waktu, nah melansir Select Health berikut adalah manfaat food preparation lainnya:

1. Lebih hemat

Hal ini karena untuk berbelanja food preparation cukup seminggu sekali atau dua minggu sekali. Selain itu, dengan menerapkan food preparation sekaligus dapat menghemat pengeluaran untuk membeli makan di luar.

2. Menghemat waktu

Sebab, saat melakukan food preparation kita sudah tahu makanan apa yang hendak dibuat satu minggu ke depan. Sehingga bahan-bahannya pun sudah disiapkan, misalnya seperti sayuran yang sudah dipotong-potong, bumbu sudah dihaluskan dan lainnya.

3. Bisa mengatur porsi makan

 Food preparation memungkinkan Ibu untuk lebih mudah mengatur porsi makan keluarga sehingga tidak ada makanan yang dibuang. Ibu juga jadi tahu persis bahan apa yang akan dimasukkan ke dalam tubuh sehingga efeknya akan jauh lebih sehat.

4. Menurunkan stress

Menyiapkan dan memikirkan makanan apa yang hendak disajikan setiap hari untuk keluarga terkadang bisa membuat Ibu menjadi stress lho! Dengan food preparation maka hal tersebut bisa berkurang.

5. Lebih praktis

Mempersiapkan bahan makanan dapat membantu Ibu lebih mudah menemukan resep baru. Kemampuan memasak pun jadi bertambah, karena menganggap proses masak lebih praktis dan mudah.

6. Menghindari membuang makanan

Food preparation membuat Ibu lebih bisa mengatur dan mempersiapkan bahan makanan dan menghindari adanya makanan yang terbuang.

Tips food preparation untuk pemula


  • Buat jadwal menu yang akan dimasak seminggu ke depan. Kalau bisa buat dan tulis jadwalnya dalam papan tulis atau kertas yang di tempel di pintu kulkas.
  • Pisahkan bahan makanan berdasarkan jenisnya. Hindari menyimpan makanan dalam satu wadah. Tips food preparation yang satu ini sangat penting dan tidak boleh diabaikan jika ingin bahan makanan awet tahan lama.
  • Kategorikan bahan makanan sesuai olahan. Misalnya satu wadah untuk bahan sayur sop, satu wadah untuk bahan tumis tauge dan lainnya. Menyimpan bahan masakan dalam satu set wadah bisa mempermudah Ibu saat akan memasak. Tapi pastikan jika hendak menyatukan dalam satu wadah harus segera dimasak keesokan harinya ya Bu.
  • Buat stok bumbu dasar untuk mempersingkat waktu memasak. Bumbu dasar yang utama adalah bumbu merah, putih dan kuning yang dapat Ibu haluskan dengan blender. Tips food preparation yang satu ini nggak boleh dilewatkan demi mempersingkat waktu memasak.
  • Simpan bahan makanan di kulkas dengan cara yang tepat. Siapkan wadah tertutup dan kedap udara, alasi dengan kertas roti atau tisu dapur agar kelembapannya tetap terjaga.
  • Untuk bahan makanan seperti daging atau ikan ada baiknya cuci bersih dan rendam dengan jeruk nipis untuk menjaga keawetannya.

Secara keseluruhan food preparation memang sangat memudahkan Ibu dalam memasak ya Bu. Jangan lupa rencanakan food preparation ini dengan baik setiap minggunya dan semoga tips food preparation ini dapat membantu ya Bu.

Editor: Dwi Ratih