Keluarga

6 Cara Merawat Bean Bag Agar Tetap Seperti Baru

6 Cara Merawat Bean Bag Agar Tetap Seperti Baru

Bean bag menjadi salah satu tempat duduk favorit sebagian orang, bagaimanakah cara merawat bean bag yang baik dan benar agar tetap awet? Ternyata cara merawat bean bag tidak dibutuhkan perawatan rumit agar tetap tahan lama. 

Tidak hanya di rumah-rumah saja, bean bag juga banyak ditemukan di kafe atau bahkan kantor karena bentuknya yang estetik dan meningkatkan nilai ruang. Fungsi dan manfaat bean bag yang beragam membuat bean bag menjadi banyak dicari. Harganya pun banyak yang ekonomis.

Namun jangan salah, harga bean bag juga beragam tergantung dari bahan, ukuran dan desainnya. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah!

Ibu pasti menginginkan bean bag yang awet apalagi jika harga bean bag tersebut cukup mahal. Ternyata, perawatan bean bag bisa sangat sederhana bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Bagaimanakah cara merawat bean bag yang baik dan benar agar tetap awet?

1. Perhatikan perletakan bean bag

6-cara-merawat-bean-bag-agar-tetap-seperti-baru-1

Permukaan di mana bean bag diletakkan harus diperhatikan karena ini merupakan cara merawat bean bag agar tetap awet. Ibu tidak boleh menaruh bean bag di permukaan yang kasar seperti bebatuan karena dapat merusak dan menggores kain sarung bean bag.

Tidak hanya permukaan kasar, Ibu juga tidak boleh meletakkan bean bag di permukaan yang basah seperti bekas hujan atau di pinggir kolam renang. Bean bag yang basah dan lembab dapat menyebabkan munculnya jamur pada bean bag. 

Oleh karena itu, letakkan lah bean bag di tempat yang kering dan permukaan yang tidak kasar seperti di atas lantai rumah dan karpet.

Namun, ada beberapa bean bag yang dirancang agar dapat digunakan di luar ruangan. Meski tipe bahan bean bag merupakan bahan yang lebih kuat dan dapat diletakkan di luar ruangan, pastikan bean bag berada di dalam ruangan pada saat penyimpanan. 

Hal ini dapat mencegah paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu lama serta mencegah bean bag terkena air hujan yang meningkatkan potensi tumbuhnya jamur. Pastikan ruangan penyimpanan bean bag kering dan sejuk karena ini merupakan cara merawat bean bag dengan benar.

2. Hindari terkena sinar matahari langsung

Kelebihan bean bag adalah didesain memiliki warna yang menarik. Tidak hanya itu, beberapa model bean bag juga memiliki motif lucu pada sarungnya. Meski terlihat menarik, menghindari menaruh bean bag terkena sinar matahari langsung adalah salah satu cara merawat bean bag agar tetap awet. 

Paparan sinar matahari langsung dapat memengaruhi kecerahan warna dari sarung bean bag tersebut. Ibu pasti tidak ingin bean bag di rumah Ibu terlihat kusam bukan?

3. Membersihkan sarung bean bag secara berkala

6-cara-merawat-bean-bag-agar-tetap-seperti-baru-2

Debu dan kotoran yang menempel adalah permasalahan biasa tiap harinya. Begitu pula pada bean bag. Sarung bean bag yang tidak rutin dibersihkan akan membuat bean bag tersebut dipenuhi oleh debu dan kotoran sehingga menjadi sarang penyakit. 

Jadi, cara merawat bean bag yang tepat adalah memastikan untuk membersihkannya dengan rutin.

Biasanya desain bean bag berupa kantung besar yang dilengkapi sarung dan muda dibuka pasang dengan menggunakan resleting. Ibu dapat menggunakan air hangat dan sabun untuk membersihkan sarungnya. Air dingin juga bisa digunakan untuk membersihkan bean bag.

Jangan gunakan sikat yang kasar karena akan dengan mudahnya menggores kain. Gunakan sikat halus seperti sikat gigi dengan bulu lembut untuk noda membandel. Jangan lupa untuk menjemur sarung bean bag dan memastikannya sudah benar-benar kering saat dipasang kembali.

4. Tidak melompat di atas bean bag

6-cara-merawat-bean-bag-agar-tetap-seperti-baru-3

Bean bag mungkin terlihat empuk, namun jangan sampai si kecil tergoda untuk meloncatinya. Tidak melompat di atas bean bag adalah salah satu cara merawat bean bag agar tetap awet. Meskipun bean bag didesain dengan bentuk berupa kantung dengan resleting, tapi sarung ini juga memiliki jahitan yang rentan sobek jika bean bag sering dilompati.

Apalagi jika bean bag yang dimiliki merupakan bean bag dengan kualitas kurang bagus dan jahitannya jelek. Melompat di atas bean bag akan mempermudah jahitan robek sehingga akan merusak sarung bean bag.

Selain itu, melompat di atas bean bag berarti menekan udara di dalam bean bag dengan sangat kencang secara tiba-tiba sehingga memberi tekanan pada jahitan. Jika bean bag sudah robek, bukan tidak mungkin butiran styrofoam yang ada pada bean bag akan menyebar kemana-mana dan justru membuat ruang berantakan.

5. Segera mereparasi bagian yang sobek

Bagaimana jika bean bag kesayanganmu sobek?

Jangan khawatir, segera jahit bean bag kesayanganmu sebelum menyebabkan kerusakan di bagian dalam. Ini merupakan cara merawat bean bag yang penting.

Bahkan, beberapa produsen dan merk bean bag tertentu menawarkan garansi layanan menjahit bean bag yang sobek. Jangan khawatir jika tidak ada garansi seperti itu, kamu juga tetap dapat menjahitnya sendiri.

6. Mengisi ulang bean bag

6-cara-merawat-bean-bag-agar-tetap-seperti-baru-4

Cara merawat bean bag berikutnya adalah mengisi ulang bean bag jika mulai kempes atau jika ada bagian dalam yang menggumpal. Ibu hanya perlu mengeluarkan isi yang lama dan menggantinya yang baru. Untuk membeli isiannya, bisa dibeli melalui toko daring. Tambahkan juga beberapa kantong silica gel agar bean bag tidak mudah lembap.

Itulah 6 cara merawat bean bag agar tetap awet. Apakah Ibu sudah menerapkannya?

Editor: Dwi Ratih