Keluarga

8 Merek Kolam Renang untuk Anak dengan Kualitas Super!

8 Merek Kolam Renang untuk Anak dengan Kualitas Super!

Merek kolam renang untuk anak sangatlah beragam, namun ada baiknya Ibu tetap mencari tahu apa saja kolam renang untuk anak yang aman digunakan untuk berenang di rumah. Selain membuat anak bahagia karena ia dapat bermain air sepuasnya, manfaat berenang untuk anak ternyata juga banyak lho Bu.

Manfaat Berenang untuk Anak


Berenang menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari di berbagai kalangan usia karena interaksi dengan air yang membuat kondisi psikis menjadi lebih baik. Selain menjadi salah satu olahraga yang digemari, berenang telah dipertimbangkan menjadi salah satu skill yang ada baiknya bila dikuasai dan dipelajari sejak kecil. 

Tak heran bila saat ini sekolah berenang untuk bayi, anak-anak, hingga dewasa banyak dibuka untuk umum. 

Melansir dari laman Swimming, berenang mendatangkan banyak manfaat untuk bayi Ibu meskipun tak dipungkiri sebagai orang tua, kekhawatiran dan bayangan tentang kecelakaan atau cedera saat berenang untuk si kecil juga cukup besar. 

Melalui laman situs ini juga dijelaskan bahwa bayi boleh berenang sejak lahir dengan beberapa hal yang harus dipertimbangkan salah satunya adalah suhu air yang pas untuk si kecil. 

Umumnya, banyak orang tua yang mulai mendaftarkan sekolah renang pada anaknya mulai usia tiga bulan dengan melampirkan surat rekomendasi kondisi kesehatan yang layak dari dokter. Berikut ini merupakan manfaat berenang yang bisa didapatkan bagi bayi dan anak-anak Ibu:

1. Membangun Kepercayaan Diri Sejak Dini

Yang membuat kepercayaan diri si kecil dapat dibangun sejak kecil adalah karena kegiatan berenang ini membuat seluruh anggota keluarga berinteraksi secara bersama-sama. Kebersamaan ini membuat si kecil merasa berada dilingkungan yang saling menyayangi dan mencintai sehingga ia lebih percaya diri untuk tumbuh lebih baik lagi. 

Selain hal ini, ia juga akan terlatih untuk menghadapi rasa takutnya dan memgembangkannya menjadi suatu aktifitas positif dan bermanfaat untuknya.

2. Berenang Membantu Menjaga Keseimbangan

Sebagian besar tubuh si kecil akan ditopang dengan air jadi yang menjadi fokus utamanya adalah menjaga keseimbangannya selama berada di air. Bayi yang biasa berenang akan memiliki keseimbangan yang lebih baik saat berada di luar kolam renang.

3. Membantu Menguatkan Tubuh Bayi

Berenang untuk bayi ternyata dapat menguatkan otot-ototnya secara efektif dan menjadikan tubuhnya menjadi lebih kuat. Kekuatan otot si kecil nantinya dapat digunakan untuk membantu si kecil belajar berdiri, duduk, hingga berjalan dan masih banyak lagi. 

4. Mendatangkan Manfaat untuk Kesehatan

Mengutip dari laman Aquastream Swim School, selama aktifitas kardiovaskular, kondisi jantung dan paru-paru bayi dan anak-anak akan membaik secara signifikan. Gerakan aktif saat berenang juga akan meningkatkan kekuatan daya tahan serta kelenturan pada tubuhnya. 

Bayi dan anak-anak yang melakukan olahraga renang secara teratur juga akan terhindar dari masalah kesehatan seperti obesitas pada masa kanak-kanak.

5. Meningkatkan Sejumlah Ketrampilan

Sejumlah ketrampilan juga akan meningkat saat si kecil rutin berenang seperti keterampilan sosial dan keterampilan keselamatan. 

Ketrampilan sosial yang terasah saat berenang adalah karena saat si kecil mengikuti kelas renang, ia akan bertemu dengan lebih banyak orang sehingga kemampuan interaksi sosial dan komunikasinya dapat terjalin dengan baik. 

Selain itu, melansir dari laman Aquastream Swim School, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit setempat mengungkapkan fakta bahwa seperlima dari setiap orang kehilangan nyawa dengan usia di bawah 14 tahun dikarenakan tidak dapat berenang atau tenggelam. Oleh karenanya, mengajarkan anak berenang cukup penting untuk mengasah ketrampilan menyelamatkan dirinya sendiri.

6. Membuat Pola Tidur dan Nafsu Makan Menjadi Lebih Baik

Pola tidur pada bayi bisa saja masih berubah-ubah, namun dengan rutin melakukan olahraga renang, bayi Ibu akan memiliki pola tidur yang lebih teratur. Ini diakibatkan karena energi yang digunakan untuk berenang juga cukup besar dan membuatnya lebih mudah mengantuk. Nafsu makan si kecil juga akan turut membaik karena setelah berenang bayi akan lebih mudah merasa lapar.

7. Dapat Mengatasi Stress Saat Anak-Anak

Stress dapat juga menimpa bayi dan anak-anak sehingga sebagai orang tua, Ibu perlu memberi perhatian penuh kepada mereka. Berenang dapat mengurangi tingkat stress pada bayi dan anak karena endorfin di otak meningkat serta membuat pola gaya hidup mereka juga turut seimbang.

Tips Memilih Merek Kolam Renang untuk Anak


Di mana saja si kecil berenang pasti akan membuatnya bahagia! Bila pergi ke tempat renang dirasa belum memungkinkan untuk saat ini, Ibu tetap bisa menyiasati kegemaran si kecil ini dengan mempertimbangkan sejumlah merek kolam renang untuk anak yang banyak dijual dipasaran saat ini supaya si kecil tetap bisa berenang di rumah. 

Sebelum menemukan merek kolam renang untuk anak yang cocok, yuk ketahui dulu tips memilih kolam renang untuk anak yang dilansir melalui laman Mom Junction berikut ini:

1. Kekuatan Bahan yang Digunakan

Segala jenis merek kolam renang untuk anak yang ditawarkan dipasaran memang memiliki beragam bentuk yang lucu, tapi bentuk yang menarik bukanlah hal utama dalam memilih merek kolam renang untuk anak yang tepat. 

Kolam renang untuk anak biasanya terbuat dari bahan polietilen densitas tinggi yaitu semacam plastik atau karet yang keras supaya bentuknya dapat dipertahankan dan bertahan lebih lama. Selain itu, pilihlah merek kolam renang untuk anak yang menyediakan tambalan perbaikan sebagai cadangan.

2. Kolam Renang Anak yang Mudah Digunakan

Pilihlah merek kolam renang untuk anak yang mudah dikempiskan dan mudah digembungkan kembali mengingat kolam renang untuk anak nanti akan digunakan untuk berenang di rumah yang sebaiknya tidak memakan banyak tempat dan dapat disimpan dengan rapi di suatu tempat tertentu. 

Sebelum memilih kolam renang untuk anak, ada baiknya Ibu juga mempertimbangkan pompa yang akan digunakan nantinya. Cek kembali apa merek kolam renang untuk anak yang Ibu pilih disertai dengan pompanya atau pompa harus dibeli secara terpisah.

3. Pertimbangkan Ukuran Kolam Renang untuk Anak yang Pas

Kolam renang untuk anak jenis portable tersedia dalam berbagai macam ukuran dan bentuk, pilihlah yang sesuai sehingga tidak menyusahkan saat akan digunakan. Perhatikan juga tingkat kedalaman kolam renang untuk anak supaya lebih aman. Dimanapun si kecil berenang, sebaiknya tetap dengan pengawasan penuh kedua orang tua ya.

Rekomendasi Merek Kolam Renang untuk Anak

Sudah mantap ingin segera menentukan merek kolam renang untuk anak dan membuat acara berenang di rumah menjadi lebih seru? Simak merek kolam renang untuk anak berikut ini, dilansir dari berbagai sumber.

1. Kolam Renang Bestway Persegi Panjang


Merek kolam renang untuk anak Bestway ini sudah cukup terkenal dan memiliki banyak ukuran. Kolam renang untuk anak Bestway memiliki tiga ukuran yang dapat Ibu pilih yaitu ukuran 201 x 150 x 51 cm, 262 x 175 x 51cm, dan 239 X 206 X 86 cm. Terbuat dari bahan yang yang sangat kuat dan dinding kolamnya di desain ganda serta besar sehingga terbilang akan aman dari kebocoran atau kerapuhan. 

Disertai juga dengan tiga lubang angin untuk menyesuaikan tingkatan ketinggian yang Ibu inginkan. Membersihkannya juga cukup mudah, Ibu bisa membuka lubang bagian bawah supaya air dapat mengalir dengan sendirinya tanpa harus satu persatu mengeluarkannya secara manual. Kolam renang Bestway ada yang didesain cukup dalam, untuk penggunaannya harus dengan pengawasan orang dewasa. Kisaran harga yang ditawarkan berkisar Rp 225,000 hingga Rp 500,000an.

2. Kolam Renang Kisubo Persegi Panjang


Merek kolam renang Kisubo menawarkan kedalaman hingga dua meter dan terbuat dari bahan yang sama bagusnya dengan merek Bestway. Kolam renang untuk anak ini diklaim sudah SNI sehingga terbilang aman digunakan. Ukuran kolam renang Kisubo ini adalah 200 x 150 x 50 cm dan harga yang ditawarkan berada pada kisaran Rp 250,000an.

3. Kolam Renang Bestway Ocean Pool Tanpa Pompa


Ingin mencari merek kolam renang untuk anak yang bisa digunakan tanpa harus dipompa? Merek kolam renang untuk anak Bestway juga punya varian tanpa harus dipompa dengan desain kolam renang yang sangat menarik pada dindingnya. 

Bentuk kolam renang ini melingkar dan punya ukuran yang cukup luas untuk wahana berenang di rumah bagi anak, yaitu 183 x 38 cm yang memiliki kapasitas air sebanyak 749 liter. Harga yang ditawarkan beragam, yaitu Rp 185,000 – Rp 195,000.

4. Kolam Renang Intex Fruit Pattern


Merek kolam renang untuk anak berikut ini punya corak yang sangat ceria dan penuh dengan gambar buah-buahan yang cukup menyenangkan. Kolam renang merek Intex didesain penuh warna dan pola yang cantik sehingga akan membuat anak-anak betah berenang di rumah. 

Ukuran kolam renang untuk anak ini adalah 132 cm x 28 cm yang akan muat digunakan untuk tiga anak. Setiap pembelian kolam renang ini akan mendapatkan pompa dan bola gratis. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau yaitu kisaran Rp 130,000an saja.

5. Intex Metal Frame Pool with Filter Pump


Sedang mempertimbangkan merek kolam renang untuk anak dan seluruh keluarga besar? Intex Metal Frame Pool with Filter Pump sudah tersedia di marketplace Indonesia lho Bu. Kolam renang ini terbuat dari bahan PVC tiga lapis lengkap dengan tangga untuk masuk ke kolamnya, penutup kolam renang, terdapat metal frame yang sangat kokoh, serta dilengkapi dengan pompa dengan kekuatan hingga 240 volt. 

Kolam renang ini cocok diletakkan di halaman yang sangat luas dan bisa dijadikan kolam renang permanen yang dapat dibersihkan karena terdapat penutup khusus untuk kolam renangnya. Harga yang ditawarkan cukup fantastis dengan kisaran Rp 2000,000 hingga Rp 10,000,000 ke atas.

6. Bestway Steel Pro Frame Pool For Family


Kolam renang untuk anak dan seluruh keluarga juga bisa Ibu dapatkan di merek Bestway dengan ukuran kolam 300 x 201 x 66 cm dan kapasitas air yang diperlukan 3300 liter. 

Terbuat dari bahan PVC yang aman dan dilengkapi dengan frame yang sangat kokoh sehingga aman untuk digunakan. Kedalaman kolam dapat mencapai 3 meter oleh karena hal ini, anak-anak perlu diawasi oleh orang tua. 

Perakitan memang memerlukan waktu hingga tiga puluh menit namun kolam renang ini tidak membutuhkan pompa. Harga yang ditawarkan cukup beragam yaitu hingga Rp 2000,000an.

7. Intex Ocean Inflatable Play Center


Intex merupakan salah satu merek kolam renang untuk anak yang tak pernah berhenti berinovasi. Ini terbukti dengan varian Intex Ocean Inflatable Play Center yang dilengkapi dengan perosotan dan berbagai macam permainan anak lainnya yang bisa si kecil mainkan saat berenang. 

Dimensi kolam ini adalah 2.54m x 1.96m x 79cm (100 x 77 x 31 inch) dan cenderung tidak dalam sehingga cocok untuk bayi Ibu yang baru akan memulai diperkenalkan dengan air. Harga yang ditawarkan untuk satu set kolam renang ini adalah Rp 1,633,000.

8. Intex Swim Center Paradise Inflatable Pool


Kolam renang untuk anak berikut ini adalah varian lain dari merek Intex dengan ukuran  2,62m x 1,6m x 46cm, dapat menampung kapasitas air sebanyak 572 liter, dan disertai dengan tambalan cadangan. 

Ukuran yang cukup luas dan desain yang menarik membuat acara berenang di rumah sangat menyenangkan bagi anak-anak. Merek kolam renang untuk anak yang satu ini juga terbuat dari bahan PVC dan vynil yang berkualitas dan kokoh. Harga yang ditawarkan berada di kisaran Rp 500,000 ke atas.

Editor: Dwi Ratih