Keluarga

6 Kota Padat Wisatawan, Tanda Liburan Akhir Tahun 2023 Dimulai

6 Kota Padat Wisatawan, Tanda Liburan Akhir Tahun 2023 Dimulai

Parents, apakah sudah ada rencana untuk liburan akhir tahun 2023 ini? Yup! Liburan Nataru (Natal dan Tahun Baru) sudah di depan mata, nih.

Arus mudik mulai tercium akan meningkat jelang perayaan Natal 2023. Satu hal lain yang nggak bisa dihindari adalah kemacetan.

Wah, titik mana saja yang akan jadi sumber kemacetan dan kota apa yang pasti jadi tujuan wisata saat liburan akhir tahun 2023 ini, ya?

Arus mudik dan balik liburan akhir tahun 2023


Liburan akhir tahun 2023 selain bertepatan dengan perayaan Natal, juga bersamaan dengan liburan akhir semester ganjil bagi anak-anak. Nggak heran, ya, kalau Parents siap angkut anak-anak pergi liburan mengisi waktu kosong.

Bagi yang merayakan Natal, ini jadi momen untuk berkumpul bersama keluarga besar. Sehingga mudik tahunan kembali jadi tradisi.

Melansir dari Republika, setelah rapat tingkat Menteri di Jakarta, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyampaikan hasil survei Kementerian Perhubungan memperkirakan ada sekitar 107,63 juta orang, akan bergerak pada arus mudik di liburan akhir tahun 2023 ini.

Nah, arus mudiknya sendiri akan dimulai pada tanggal 22 Desember yang bertepatan dengan hari Jumat, hari terakhir bekerja pada mayoritas lini pekerjaan. Sampai tanggal 23 Desember arus ini masih akan padat, ya Parents.

Natal tahun ini jatuh pada hari Senin dan cuti bersama jatuh di hari Selasa, 26 Desember 2023. Jadi pada mayoritas lini pekerjaan liburan Natal ini cukup panjang, ya.

Di tanggal 26 Desember 2023 itu juga diprediksi akan jadi puncak arus liburan. Siap-siap dengan kemacetannya, nih!

Kondisi ini pun masih akan berlangsung sampai 31 Desember 2023. Nantinya, tanggal 1 dan 2 Januari 2024 akan masuk sebagai puncak arus balik liburan akhir tahun 2023.

Waspadai titik kemacetan


Karena arus liburan akhir tahun 2023 akan dimulai, Parents juga perlu mengetahui titik kemacetan yang akan ditimbulkan. Jalur wisata adalah yang paling utama mengalami macet saat menyambut liburan. Selain itu jalur menuju kota tertentu juga mengalami macet.

Dalam laman berita Detik News, disampaikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, bahwa ada beberapa titik yang diprediksi sebagai titik kritis kemacetan liburan akhir tahun 2023, yaitu:

  • Tol Cikopo-Palimanan (Cipali)
  • Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk
  • Pelabuhan Merak-Bakauheni.

Pak Menteri juga menegaskan bahwa titik macetnya kebanyakan menuju tempat wisata. Nah, apakah keluarga Parents jadi salah satu yang akan merencanakan lewat titik lokasi ini?

Kota-Kota yang diprediksi jadi tujuan liburan

Beberapa kota di Indonesia selalu jadi tujuan setiap kali libur. Apalagi liburan akhir tahun 2023 ini yang lengkap dengan liburan sekolah.

Kota wisata mana saja, sih yang kira-kira masih jadi langganan tujuan setiap libur?

1. Puncak Bogor

Photo source: @adungharis

Sudah nggak asing dan sudah pasti jadi langganan penduduk Ibukota yang butuh melepas penat dan menghabiskan waktu liburan. Melansir dari Pemerintah Kabupaten Bogor, Puncak sendiri sebenarnya adalah wilayah pegunungan dengan kebun teh yang termasuk dalam Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Pemandangannya yang indah dan hawanya yang sejuk bersih membuat liburan akhir tahun 2023 cocok dihabiskan di sini. Ada banyak tempat wisata, villa dan hotel yang bisa dipilih untuk menikmati waktu bersama keluarga.

2. Beberapa kota di Jawa Tengah

Photo source: @explore.solo

Jawa Tengah mulai banyak dilirik warga Ibukota sebagai provinsi yang nyaman untuk ditinggali di masa tua. Bahkan, nggak sedikit generasi milenial yang memutuskan untuk hijrah ke beberapa kota kecil di Jawa Tengah, seperti Solo, Purwokerto dan Banyumas.

Kota-kota ini juga semakin menarik wisatawan untuk dikunjungi, karena suasana kota, keramahan warga dan variasi kuliner yang semakin hits. Solo adalah salah satu tujuan wisata yang jadi pilihan mengisi liburan akhir tahun 2023.

Destinasi wisata sejarah, budaya dan kuliner khas Solo memanjakan pendatang yang haus kehidupan slow living.

3. Malang

Photo source: @panorama.malang

Biasanya, mereka yang tinggal di Jawa Timur akan berlibur ke Malang. Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu menawarkan banyak hal sebagai kota tujuan wisata.

Ada banyak sekali hiburan siang dan malam yang disuguhkan oleh kota-kota ini. Hawanya sejuk dan terletak di dataran tinggi.

Sehingga ragam wiasatanya juga sangat variatif. Mulai dari amusement park, wisata flora fauna, museum, sampai pemandian air hangat. Lengkap, deh.

4. Beberapa kota di Provinsi Bali

Photo source: @astridwidorini

Bali selalu jadi the most favorite province untuk dikunjungi dalam rangka menghabiskan liburan. Nggak cuma Denpasar, tapi juga Ubud, Badung, Klungkung, Tabanan dan Karangasem, akan diramaikan dengan wisatawan yang menghabiskan liburan akhir tahun 2023 ini.

Tempat wisatanya banyak pilihan, keindahan alamnya juga masih tetap juara. Ada yang berencana ke Pulau Dewata di liburan kali ini?

5. Lampung

Photo source: @tempat_wisata_lampung

Sebagai pintu masuk pulau Sumatera untuk arus lalu lintas Selat Sunda, Lampung akan jadi kota tujuan dan kota yang dilewati selama arus mudik. Pemandangan pantainya heart warming banget, lho.

Pesisir Kalianda, Pantai Gigi Hiu, Pantai Krui dan Kawah Nirwana biasanya jadi jujugan untuk berlibur. Sehingga kepadatan mungkin akan meningkat di beberapa tempat ini.

Sebenarnya, masih banyak kota lain yang selalu jadi langganan tujuan wisata saat liburan high season seperti sekarang. Apalagi kalau di kota-kota tersebut ada lokasi wisata yang diminati.

6. Yogyakarta

Photo source: @jogjaku

Tidak ada yang bisa meninggalkan romantisme kenangan tentang Yogyakarta. Jadi sudah tentu musim liburan akhir tahun 2023, wisatawan akan memilih Yogyakarta sebagai salah satu kota tujuan untuk berlibur.

Menyusuri Keraton, Malioboro, pasar, Taman Sari, sampai melipir ke kota sekitar untuk mengunjungi candi selalu jadi agenda. Hm, sudah terbayang juga nongkrong di angkringan.

Masih ada Lombok, Makassar, Pasuruan, Pontianak, Kalimantan, Jambi, bahkan Aceh. Semuanya memiliki titik padat wisatawan selama masa liburan ini.

Kalau Parents pilih pergi ke kota mana di liburan akhir tahun 2023 ini?

Editor: Aprilia