Keluarga

6 Macam Arti Mimpi Keguguran, Pertanda Baik Atau Buruk?

6 Macam Arti Mimpi Keguguran, Pertanda Baik Atau Buruk?

Mimpi merupakan bunga tidur. Meski tak jarang, saat sang bunga tidur ini muncul, dan kita terbangun setelahnya, kadang bikin kita jadi overthinking dan memikirkan arti mimpi tersebut.

Apalagi, kalau kamu mengalami mimpi keguguran saat tengah hamil. Yes! Waktu hamil dulu, Ibumin juga pernah mengalami mimpi keguguran.

Dampaknya bikin Ibumin kepikiran hingga berhari-hari, dan jadi was-was dengan kondisi kehamilan saat itu. Tapi, mimpi keguguran yang Ibumin alami pada akhirnya Ibumin jadikan peringatan untuk lebih awas dalam menjaga diri dan buah hati di dalam kandungan.

Kamu pernah mengalami mimpi keguguran bayi? Apa saja sih sebenarnya arti mimpi keguguran tersebut? Benarkah jadi pertanda baik atau buruk?

Simak ulasan berikut, guna mengetahui arti mimpi keguguran anak!

Arti mimpi keguguran


Sebenarnya, mengutip dari Inside My Dream arti mimpi keguguran baik saat hamil maupun tidak, sejatinya hanyalah sebuah simbol. Namun, mimpi keguguran artinya bisa menjadi pengalaman yang kuat dan emosional.

Makna spiritual dari mimpi keguguran dapat diartikan berbeda oleh setiap individu tergantung pada keyakinan si pemimpi, riwayat pribadi, dan keadaan emosi. Biasanya, mimpi keguguran adalah simbol dari perubahan besar dalam hidup.

Hal ini bisa mewakili akhir dari suatu hubungan, karier, atau bagian penting lainnya dari kehidupan si pemimpi. Kondisi ini juga sering dikaitkan dengan melepaskan mimpi atau harapan yang belum bisa terwujud.

Mimpi keguguran, juga bisa menandakan sebuah pengingat bagi si pemimpi. Bahwa, inilah saatnya untuk menerima kenyataan dan terus melanjutkan hidup.

Makna spiritual dari mimpi keguguran juga dapat mewakili kebutuhan akan pertumbuhan. Mimpi keguguran ini, juga bisa menjadi pertanda bahwa si pemimpi perlu memeriksa kehidupannya dan membuat perubahan yang diperlukan untuk bergerak maju ke arah yang positif.

Jadi, mimpi keguguran sedikit banyak bisa jadi tanda kekuatan dan keberanian yang baru ditemukan. Daripada melihat situasi sebagai kerugian atau kegagalan, saat mimpi keguguran, Ibu dapat memilih untuk fokus pada aspek positif dari perubahan.

Serta menemukan keberanian untuk mengambil langkah yang diperlukan agar bisa terus maju. Meski begitu, tak jarang juga mimpi keguguran bisa menjadi simbol ketakutan dan kecemasan di alam bawah sadar si pemimpi.

Ini bisa menjadi pertanda bahwa, si pemimpi perlu mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi ketakutannya dan mengendalikan hidupnya. Intinya, mimpi keguguran dapat memberikan dampak spiritual yang kuat bagi si pemimpi.

Tapi, menurut Ibumin, ketika mengalami mimpi keguguran, jadikan hal ini sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Kemudian, temukan keberanian untuk melakukan perubahan, demi menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi diri kamu dan orang lain.

Beragam arti mimpi keguguran


1. Arti mimpi keguguran saat hamil

Dikutip dari Miller’s Guide arti mimpi keguguran saat hamil memang tak jarang bikin Ibu jadi khawatir dan cemas. Namun, arti mimpi keguguran saat hamil, sebenarnya bisa jadi pertanda Ibu bisa mengalaminya lagi.

Untuk itu, Ibu diharapkan bisa lebih waspada dalam menjaga kesehatan selama hamil, untuk mencegah kejadian tak menyenangkan tersebut terulang kembali. Para ahli pun sepakat, mimpi keguguran saat hamil bisa diakibatkan oleh perubahan hormon Bumil.

Hal ini, juga berkaitan dengan psikologis Ibu yang cenderung merasa khawatir tentang kehamilan yang sedang dijalankan. Apalagi, jika kehamilan kali ini memiliki banyak rintangan dan drama.

2. Arti mimpi melihat seseorang mengalami keguguran 

Kadang kala, mimpi yang kita alami memang se-random itu ya Bu. Kita bisa saja mengalami mimpi keguguran, meski bukan kita yang merasakan.

Misalnya saja, bermimpi melihat orang yang tidak kita kenal mengalami keguguran. Masih mengutip Miller’s Guide, arti mimpi keguguran seperti ini tidak selalu berarti bahwa kamu akan mengalami sebuah musibah.

Mimpi ini dapat menunjukkan bahwa ada akhir dari beberapa hubungan kamu. Bisa dengan pasangan, teman, atau bahkan pekerjaan. Tetaplah waspada dan cari beragam solusi untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan ya Bu.

3. Arti mimpi keguguran bayi secara berulang

Ibu, apakah kamu pernah mengalami mimpi keguguran secara berulang? Baik saat hamil maupun tidak? Jelas, hal yang berulang ini tentu bikin kamu jadi overthinking.

Mengutip dari Aunty Flo mimpi keguguran yang berulang memang tergolong mimpi yang tidak biasa. Mimpi seperti itu, bahkan dapat menunjukkan ketakutan akan kegagalan dalam diri kamu.

Apalagi, jika kamu pernah mengalami beberapa fase kegagalan dalam hidup. Misalnya, saat memulai bisnis dan gagal, di alam bawah sadarmu ada rasa takut akan mengalami kegagalan.

Nah, sebisa mungkin hindari segala macam ketakutan dalam hidup. Sehingga saat mimpi keguguran berulang, kamu jadi lebih bisa menghadapi semua tantangan dalam hidup.

4. Arti mimpi istri keguguran

Ayah, apakah pernah mengalami mimpi seperti ini juga? Jika iya, sebenarnya arti mimpi istri keguguran yang dialami bisa diakibatkan karena Ayah sedang stres, lho!

Bahkan, arti mimpi keguguran yang dialami istri bisa juga jadi tanda Ayah sedang kelelahan bekerja dan ada beban pikiran tertentu yang mengganjal di hati. Selain itu, mimpi ini juga bisa dipicu dari rasa kekecewaan akibat sebuah kehilangan di dunia nyata.

Solusinya, apabila mengalami mimpi istri keguguran, ada baiknya komunikasikan hal ini pada keluarga atau pasangan ya! Sebaiknya, jangan dipendam sendiri agar Ayah tidak tambah stres.

5. Arti mimpi keguguran bayi dan mengeluarkan banyak darah

Mengalami keguguran, bahkan dengan mengeluarkan banyak darah tentu akan membuat Ibu panik dan ketakutan. Tapi bagaimana kalau hal ini terjadi dalam mimpi?

Apakah jadi pertanda baik, atau buruk, ya? Percaya atau tidak, konon mimpi keguguran anak dengan banyak darah tersebut bisa dimaknai bahwa kamu akan mengalami sebuah peristiwa tertentu. Peristiwa ini, tak jarang menuntutmu untuk mengeluarkan banyak biaya alias uang.

Namun, mimpi keguguran anak dan mengeluarkan banyak darah juga bisa menandakan bahwa kamu sedang merasa lelah dan stres. Ambil jeda waktu untuk beristirahat dan tetap kendalikan emosimu saat menghadapi mimpi seperti ini, ya!

6. Arti mimpi keguguran menurut Islam

Ibumin percaya, di dunia ini nggak ada satupun Ibu yang ingin mengalami keguguran. Namun, mimpi keguguran baik saat hamil maupun tidak terkadang memang nggak bisa dihindari ya, Bu.

Tapi, dari pada bingung menafsirkan mimpi, lebih baik cari tahu dulu arti mimpi keguguran menurut pandangan Islam. Mengutip dari Umma dalam kitab Muntakhabul Kalam fi Tafsiril Ahlam (halaman 134), Imam Ibnu Sirin menjelaskan mengenai tafsir mimpi keguguran.

Tafsir mimpi keguguran ini, berlaku baik yang mimpi itu lelaki (mengenai istrinya yang keguguran) atau perempuan sendiri yang mimpi keguguran sebagaimana berikut:

‎من رأى أنه سقط فإنه لا يتم له ما يريده من أمر هو قاصده وكذلك المرأة

Artinya: Lelaki yang bermimpi bahwa ada seseorang yang mengalami keguguran, itu pertanda bahwa ia tidak akan tercapai apa yang sedang diinginkannya. Ini pun berlaku untuk perempuan.

Jadi, dengan kata lain, arti keguguran dalam Islam tidak mesti berkaitan dengan kandungan perempuan. Ini bisa saja berkaitan di luar dengan perempuan hamil.

Namun, intinya mimpi keguguran anak, bisa jadi sebuah tanda kita akan mengalami hambatan dalam meraih cita-cita yang sedang dituju. Akan tetapi, sebagai umat muslim kita diharapkan tidak boleh berputus asa.