Keluarga

6 Rekomendasi Sekolah Montessori Di Jakarta Untuk Generasi Tangguh

6 Rekomendasi Sekolah Montessori Di Jakarta Untuk Generasi Tangguh

Ibu yang tinggal di Ibukota Jakarta, boleh juga memilih sekolah Montessori untuk memberi anak pengalaman sekolah yang berbasis practical life skill. Sekolah Montessori, didesain untuk membiasakan anak belajar melalui kegiatan sehari-hari.

Sehingga mereka terbiasa melakukan kesehariannya sendiri. American Montessori Society juga menjelaskan bahwa sekolah Montessori memfasilitasi anak belajar, sesuai dengan kecepatannya masing-masing dan cara yang mereka sukai.

Mengingat setiap anak punya waktu dan cara  belajar yang berbeda-beda. Nah, dengan kelebihan-kelebihan ini sekolah Montessori semakin banyak peminat. Beberapa rekomendasi sekolah Montessori di Jakarta ini bisa Ibu pilih untuk calon sekolah anak Ibu nantinya.

Rekomendasi sekolah Montessori di Jakarta

1. Twinkle Stars Early Childhood Education Centre

Photo source: @twinklestarsjkt

Sekolah Twinkle Stars telah berdiri sejak tahun 1998 di Jakarta, menghadirkan lebih dari sekedar prasekolah, tetapi juga layanan daycare bagi anak usia dini

Berdasarkan filosofi Montessori, anak-anak terlibat dalam aktivitas yang dimulai dari tugas-tugas sehari-hari seperti merawat mainan, melipat kain, hingga membangun menara mainan atau proses belajar membaca menulis meliputi huruf dan bunyi alfabet kayu.

Ada beragam kelas yang ditawarkan di Twinkle Stars Jakarta, mulai dari:

  • Toddler (18 bulan - 3 tahun), 
  • Pre-K (3-4 tahun), Kindy 1 (4-5 tahun), Kindy 2 (5-6 tahun)

 Kelebihan lainnya, Twinkle Stars memiliki 2 kampus di Jakarta Selatan dan 1 di Jakarta Barat, memberi kemudahan bagi ibu yang mencari sekolah Montessori.

Pilihan kampus di Jakarta Selatan berada di Jalan Cilandak Tengah Raya No. 5 serta Jalan Bango 3 No. 81, Pondok Labu. Sementara untuk wilayah Jakarta Barat, kampusnya berada di Greenville Blok BK No. 9, Kebun Jeruk. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di www.twinklestarseec.com.

2. Kids Republic

Photo source: kidsrepublic.sch.id

Kids Republic menganut filosofi Montessori dan bertujuan untuk mendukung perkembangan sosial, emosional, fisik, nutrisi, intelektual dan nilai moral anak. Difasilitasi dengan lingkungan yang mendukung penuh kegiatan anak, anak diharapkan menikmati proses belajarnya di masa-masa emasnya. 

Bahkan, sekolah ini tak hanya mengusung metode Montessori, tapi juga melengkapinya dengan Kurikulum Pemimpin yang mencakup berbagai ranah pembelajaran seperti kesenian, matematika, bahasa, sosial, sains dan kepemimpinan.

Sekolah ini merupakan sekolah Montessori di Jakarta Timur yang berlokasi di  Jl. Cipinang Bali I No. 5A, Cipinang Muara, Jatinegara.

3. Green Montessori

Photo source: greenmontessori.sch.id

Satu lagi sekolah Montessori di Jakarta, tepatnya di Jakarta Selatan yang ditujukan untuk anak pra-sekolah dan taman kanak-kanak. Green Montessori merupakan TK Montessori di Jakarta Selatan berbasis Islam dan mengusung jargon Learning with Islamic Value. 

Sekolah ini juga merupakan sekolah Montessori otentik pertama yang mengusung nilai keislaman di Indonesia, lho! Semua mata pelajarannya berbasis Montessori dan bersntra pada murid.

Mata pelajaran yang diajarkan di sekolah ini seperti:

  • Pendidikan Agama Islam
  • Kemampuan Praktis Harian
  • Eksplorasi Sensorik
  • Pendidikan Jasmani
  • Literasi
  • Matematika
  • Geografi
  • Botani
  • Sains
  • Musik
  • Tari
  • Kesenian

Wah, lengkap banget, ya. Untuk Ibu yang tertarik dengan sekolah ini, lokasi sekolah ada di Jl. Duren Tiga Raya No. 133, Pancoran, Jakarta Selatan.

4. Modern Montessori International School

Photo source: @mmikelapagading

Kalau Ibu sedang mencari sekolah Montessori di Jakarta dari pra sekolah sampai tingkat SD, Ibu sebaiknya memilih Modern Montessori International School. Karena pilihan program mereka lengkap di tiap jenjang usia anak.

Program-program yang ditawarkan adalah:

  • Mum & Me: kelas Montessori untuk bayi dan Ibu
  • Montessori Toddler Town: untuk anak usia 2-3 tahun
  • Montessori Kinder World: untuk anak usia 3-6 tahun
  • Lower Primary Zone: untuk anak usia 6-9 tahun
  • Upper Primary Zone: untuk anak usia 9-12 tahun

MMIS memiliki kurikulum terstruktur, pembelajaran langsung yang interaktif, menumbuhkan kecintaan belajar untuk bekal pembelajaran anak seumur hidup, serta mengembangkan pola piker yang inovatif. Kalau Ibu tertarik untuk memilih sekolah ini, bisa datang ke lokasi sekolah di Jl. Mawar No.1, Ampera, Cilandak Timur, Jakarta Selatan.

Sedangkan di Jakarta Utara, ada MMI Kelapa Gading di Mall of Indonesia, Italian Walk Blok B-46.

5. Jakarta Montessori School

Photo source: jakartamontessori.sch.id

Jakarta Montessori School juga termasuk dalam jajaran sekolah Montessori di Jakarta yang direkomendasikan. Di JMS, anak-anak di tingkat SD belajar kemampuan dasar Matematika dan bahasa dipelajari anak melalui metode Montessori.

Mendampingi proses ini, guru akan menjelaskan sebuah narasi tentang alam semesta, bagaimana kehidupan terbentuk dinamika sosial. Melalui narasi ini anak belajar Sains, sejarah, geografi, geologi, biologi, zoology, kimia, fisika, astronomi, dan materi-materi lainnya.

Penyampaian yang mudah dicerna anak ini akan menumbuhkan rasa penasaran anak. Berikutnya, anak akan dibimbing dalam diskusi kelompok dan proyek bersama. Menarik sekali, bukan?

6. Indonesia Montessori Preschool and Kindergarten

Photo source: indomontessori.com

Indonesia Montessori merupakan sekolah Montessori di Jakarta Timur yang menyediakan fasilitas pendidikan Montessori untuk anak usia dini. Bermula sejak 2004, sekolah Montessori di Jakarta yang satu ini menekankan pembelajaran seni kreatif untuk membangun pondasi belajar bahasa, pra-literasi, matematika dan sains untuk anak-anak pra-sekolah.

Sedangkan di tingkat Kindergarten, anak-anak akan belajar membangun kepercayaan diri untuk persiapan di jenjang SD. Sekolah ini beralamat di Jl. Utan Kayu No. 20, Jakarta Timur.

Dari rekomendasi-rekomendasi tersebut, manakah yang paling berkesan di hati Ibu untuk menjadi sekolah pilihan bagi buah hati?

Editor: Aprilia