Keluarga

6 Rumah Sakit Umum Jakarta Timur, Mulai Tipe A sampai Tipe D!

6 Rumah Sakit Umum Jakarta Timur, Mulai Tipe A sampai Tipe D!

Rumah sakit umum Jakarta Timur terbilang cukup beragam. Kamu bisa menemukan hampir semua tipe rumah sakit di sini, mulai dari tipe A sampai tipe D. Tentu saja, penetapan tipe-tipe rumah sakit ini tidak sembarangan. 

Seluruh pembagian tipe rumah sakit di Indonesia sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 340/Menkes/Per/III/2010.

Berdasarkan fasilitas dan kemampuan pelayanannya, rumah sakit tipe A adalah yang paling tinggi kedudukannya. Pada tipe ini rumah sakit wajib memiliki 4 medik spesialis dasar, 5 spesialis penunjang medik, 12 medik spesialis lain, dan 13 medik subspesialis. 

Sementara di urutan paling akhir, yaitu rumah sakit tipe D, hanya tersedia 2 pelayanan medik spesialis dasar.

Untuk memudahkan kamu memilih rumah sakit umum Jakarta Timur, berikut ini adalah sejumlah daftar rekomendasi lengkap dengan tipe rumah sakit tersebut. Yuk, simak selengkapnya!

1. RSUP Persahabatan

Photo source: djangkarubumi.com

RSUP Persahabatan adalah rumah sakit tipe A yang cukup populer di kalangan masyarakat ibukota. Meski memiliki fasilitas cukup megah, rumah sakit umum Jakarta Timur ini menerima pasien rujukan BPJS. 

Salah satu layanan unggulan RSUP Persahabatan, yaitu Respiratory Intensive Care Unit (RICU). Melalui layanan ini RSUP Persahabatan menyediakan ruang perawatan khusus bagi pasien penderita gangguan respirasi maupun infeksi paru-paru akut. 

Alamat: Jl. Persahabatan Raya No.1, Jakarta Timur, 13230.

Telp: (021) 4891708

Email: info@rsuppersahabatan.co.id

Website: www.rsuppersahabatan.co.id

2. RS Premier Jatinegara

Photo source: mpasi.org

RS Premier Jatinegara merupakan salah satu rumah sakit umum Jakarta Timur tipe B yang dikelola oleh pihak swasta. Selain menyediakan fasilitas pengobatan yang lengkap, fasilitas intensive care untuk bayi atau NICU (Neonatal Intensive Care Unit) juga menjadi unggulan RS Premier Jatinegara. 

Lengkap dengan peralatan medis modern dan mutakhir, seperti ventilator, bubble CPAP dan Neopuff. Menariknya, di sini juga tersedia paket medical check up khusus untuk pengajuan visa Australia, visa Selandia Baru dan visa Korea Selatan.

Alamat: Jl. Raya Jatinegara Timur No. 85-87, Jakarta Timur, 13310.

Telp: (021) 2800 888

Call Center IGD & Ambulance: 1500 907

Website: www.ramsaysimedarby.co.id/rspj

3. RS EMC Pulomas

Photo source: kumparan.com

Lebih dulu dikenal masyarakat dengan nama RS Omni Pulomas, rumah sakit umum Jakarta Timur ini sekarang berganti nama RS EMC Pulomas. Sejak beroperasi di tahun 1972 silam, rumah sakit ini terus memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. 

Tak heran jika rumah sakit tipe B ini sukses meraih sertifikat Akreditasi Paripurna (bintang lima). Dua layanan unggulan RS EMC Pulomas, yaitu Cardiovascular Center dan Orthopedic Center, yang juga sudah dilengkapi dengan fasilitas medis modern, canggih, dan terkini. 

Dokter serta tenaga medis yang bekerja di RS EMC Pulomas juga berpengalaman, profesional, serta terampil dalam menangani pasien.

Alamat: Jl. Pulomas Barat VI No. 20, Jakarta Timur, 13210.

Telp: 021 2977 9999

Call Center IGD: 1500 108

Website: www.omni-hospitals.com/pulomas

4. RS Hermina Jatinegara

Photo source: herminahospitals.com

RS Hermina Jatinegara merupakan salah satu cabang Hermina Hospitals yang paling pertama beroperasi di Indonesia sekitar tahun 1991. Dibandingkan dengan rumah sakit umum Jakarta Timur lainnya, RS Hermina Jatinegara menawarkan layanan unggulan untuk produk Obgyn, Pusat Pediatrik, Fetomaternal, Fertilitas dan Onkologi Wanita.

Dilengkapi dengan dokter umum, dokter spesialis, juga tenaga medis yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya. Pasien rujukan BPJS pun bisa berobat ke RS Hermina Jatinegara.

Alamat: Jl. Raya Jatinegara Barat No.126, Jakarta Timur, 13320.

Telp: (021) 8191223

Call Center IGD: 1500 488

Website: www.herminahospitals.com

5. RS Harapan Bunda

Photo source: mapio.net

Jangan keliru, meskipun berawal dari sebuah klinik bersalin, RS Harapan Bunda kini sudah menjadi sebuah rumah sakit umum Jakarta Timur tipe B. Tidak hanya menyediakan fasilitas yang lengkap, di sini pasien juga akan dirawat oleh dokter spesialis dan tenaga medis berpengalaman, profesional, serta terampil. 

Pasien rujukan BPJS pun bisa dengan mudah berobat di RS Harapan Bunda. Termasuk jika kamu hendak berobat ke Pusat Rehabilitasi Medik RS Harapan Bunda. Konsultasi atau tindakan langsung dilakukan oleh dokter spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (Sp.KFR).

Alamat: Jl. Raya Jakarta-Bogor KM 22 No. 42, Jakarta Timur, 13830.

Telp: (021) 8400257

Email: info@rsharapanbunda.com

Website: www.rsharapanbunda.com

6. RSUD Kramat Jati

Photo source: antaranews.com

RSUD Kramat Jati merupakan rumah sakit umum Jakarta Timur tipe D milik pemerintah DKI Jakarta. RSUD Kramat Jati terbuka bagi pasien BPJS. Tersedia fasilitas rawat inap, termasuk rawat inap dewasa, anak, dan bersalin, serta HCU, Isolasi, dan Perinatologi. 

Di samping itu, tersedia pula sejumlah poliklinik rawat jalan bagi pasien yang membutuhkan perawatan kesehatan secara berkala. Mulai dari poli umum, poli gigi, poli spesialis penyakit dalam, poli spesialis anak, poli spesialis kebidanan dan kandungan, hingga poli rehabilitasi medik.

Alamat: Jl. Raya Inpres No.48, Jakarta Timur, 13540. 

Telp: (021) 87791352

Email: rsudkramatjati@jakarta.go.id

Website: www.rsukramatjati.jakarta.go.id

Itulah tadi enam rumah sakit umum Jakarta Timur dari tipe A sampai tipe D yang bisa kamu kunjungi ketika berobat. Pastikan untuk lebih dulu menyediakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan jika kamu berencana menggunakan rujukan BPJS selama berobat. Semoga sehat selalu, ya!

Editor: Dwi Ratih