Keluarga

6 Tips Belanja Baju Bekas Supaya Tetap Untung!

6 Tips Belanja Baju Bekas Supaya Tetap Untung!

Belanja baju bekas saat ini tengah menjadi trend diberbagai kalangan, terutama anak-anak muda yang ingin selalu tampil hits dan fashionable. Sebenarnya belanja baju bekas ini sudah ada sejak lama, terutama di Negara maju lainnya.

Baju bekas pantas pakai dengan beragam merek desainer ternama kerap kali menjadi incaran karena biasanya dijual dengan harga yang lebih ramah di kantong. Thrifting sebenarnya sama juga dengan membeli barang-barang preloved, hanya istilahnya saja yang berbeda.

Melansir dari laman Habitat for Humanity of Broward, belanja baju bekas atau barang preloved lainnya ternyata mendatangkan manfaat baik untuk kehidupan. Selain dapat menghemat uang, belanja baju bekas dinilai mampu menyelamatkan lingkungan sekitar kita.

Bagaimana bisa belanja baju bekas dapat menyelamatkan bumi beserta isinya? Saat barang baru diproduksi oleh pabrik, maka tempat pembuangan sampah yang berisi limbah industri terus bertambah. Jika Ibu melakukan thrifting, maka hal ini dapat mengurangi limbah produksi yang memiliki potensi besar merusak lingkungan.

Wah, ternyata manfaatnya tak hanya tentang penghematan uang ya Bu? Tertarik untuk mulai belanja baju bekas? Kita simak lebih lanjut yuk!

Tips belanja baju bekas


Jika Ibu mulai menyukai kegiatan belanja baju bekas pantas pakai, maka Ibu wajib banget nih untuk menyimak tips membeli pakaian bekas, supaya barang yang didapatkan punya kualitas yang bagus dan tidak merugikan. Ikuti tips belanja baju bekas anti rugi berikut ini yuk Bu!

1. Buatlah rencana yang lebih matang

Thrifting atau belanja baju bekas bisa menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan, namun bisa juga sangat melelahkan karena bisa jadi barang yang ditemui belum sesuai harapan. Melansir dari laman The Good Trade, tips membeli pakaian bekas untuk pemula yang wajib dilakukan adalah membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu. 

Jika tidak merancang perencanaan yang matang, belanja baju bekas bisa salah alamat, alias mendapatkan harga yang tidak sesuai dengan barang yang ditawarkan. Tentukan dulu barang apa yang ingin Ibu cari secara detail. 

Misalnya: ingin mencari sepatu boots merk ZARA berwarna hitam. Sertakan juga foto sepatu yang ingin dibeli untuk lebih memudahkan. 

2. Tetapkan budget khusus


Jika sudah membuat list atau rencana belanja, maka tips belanja baju bekas berikutnya adalah dengan menetapkan berapa budget atau biaya yang harus disiapkan. Beberapa toko baju bekas ada yang menjual produknya dengan harga super miring, namun hati-hati juga karena ada beberapa toko yang menjual barangnya dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan harga aslinya.

3. Survey harga terlebih dahulu

Tips membeli pakaian bekas selanjutnya adalah dengan survey harga terlebih dahulu untuk produk yang Ibu inginkan. Sebelum memutuskan membeli pakaian bekas, sebaiknya Ibu tahu harga asli produk tersebut untuk membandingkan dengan harga di toko baju bekas supaya tidak merugi.

Harga baju bekas biasanya jauh lebih murah dari harga baju baru. Bila diketahui Ibu menemukan toko baju bekas yang menjual produknya sama seperti harga baju baru, maka sebaiknya dipikirkan ulang ya!

4. Teliti saat membeli barang bekas pakai


Sama halnya membeli baju baru, saat Ibu belanja baju bekas sebaiknya juga lebih teliti. Lihat baju secara menyeluruh apakah ada bagian yang cacat atau tidak sesuai. 

Jika menemukan cacat produk, sebagai pembeli Ibu perlu menginformasikan hal ini kepada pemilik atau pelayan toko. Mungkin saja mereka punya stok barang lain yang lebih baik.

5. Selalu cuci bersih pakaian sebelum digunakan

Kita tidak tahu kebersihan baju bekas yang Ibu inginkan, maka setelah membeli produk tersebut, ada baiknya tetap cuci bersih terlebih dahulu supaya lebih aman. Lakukan hal ini untuk barang-barang preloved lainnya juga ya!

6. Ajak teman saat belanja baju bekas

Belanja dengan sahabat atau kerabat memang sangat seru! Selain bisa memberi masukan untuk Ibu, kegiatan belanja ini bisa juga Ibu gunakan untuk me time dan bertemu dengan orang-orang terkasih. Tips belanja baju bekas yang satu ini cukup bermanfaat, apalagi jika Ibu dan teman shopping tersebut punya selera yang sama, wah pasti akan tambah seru ya!

Hindari kesalahan dalam belanja baju bekas ini

Selain tips membeli pakaian bekas, Ibu juga sebaiknya menghindari sejumlah kesalahan dalam belanja baju bekas berikut ini supaya lebih aman dan nyaman.

  • Sebaiknya hindari belanja baju bekas di hari weekend

Melansir dari laman Insider, para ahli mengungkapkan bahwa ide belanja baju bekas pada saat akhir pekan adalah ide yang buruk. Hal ini dikarenakan saat akhir pekan semua orang akan membanjiri toko untuk berbelanja.

Selain toko yang padat, Ibu juga akan lebih susah mendapatkan baju bekas impian karena bisa jadi tipe baju bekas tersebut hanya tersedia dalam jumlah yang terbatas. Wah, mulai pikirkan hari lainnya ya Bu!

  • Perhatikan kualitas meski barang tersebut dari brand ternama

Bagaimanapun juga, meskipun belanja baju bekas, Ibu tetap perlu mempertimbangkan kualitas barang yang akan Ibu beli. Jika terdapat noda, jahitan rusak, atau bolong pada baju bermerek yang Ibu incar, maka sebaiknya hindari untuk membelinya karena kerusakan tersebut akan menimbulkan biaya lain yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan.

  • Membeli barang hanya karena ikutan trend

Belanja baju bekas hanya karena ingin mengikuti trend yang ada justru akan membuat Ibu menyesal nantinya. Cobalah untuk pahami kembali keinginan dan kebutuhan pada diri Ibu, apakah saat ini belanja baju bekas lebih diperlukan ketimbang membeli barang baru dengan harga yang jauh lebih murah?

Editor: Aprilia