Keluarga

7 Aplikasi Belanja Sayur Online yang Dijamin Memuaskan

7 Aplikasi Belanja Sayur Online yang Dijamin Memuaskan

Semenjak pandemi Covid-19 melanda, mendadak aplikasi belanja sayur online laris manis. Pasalnya, dengan diberlakukan pembatasan, otomatis membuat aktivitas perdagangan di pasar dan supermarket menjadi terhambat.

Untuk memudahkan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, ada beberapa aplikasi belanja sayur online terbaik yang layak Ibu pertimbangkan. Dengan hadirnya aplikasi belanja online, masyarakat bisa mendapatkan barang segar tanpa harus pergi langsung ke pasar atau toko.

Aplikasi belanja sayur online ini juga menawarkan kemudahan pembayaran dengan menyediakan berbagai macam metode pembayaran.

Apa saja aplikasi belanja sayur online terbaik?

1. Sayur Box

7-aplikasi-belanja-sayur-online-yang-dijamin-memuaskan-1

Sayur Box merupakan salah satu aplikasi belanja sayur online yang terpopuler. Tidak hanya sayur dan buah saja, Sayur Box juga menyediakan berbagai kebutuhan pokok lainnya. Untuk memudahkan penggunaan, masyarakat tinggal mengunduh aplikasi Sayur Box melalui Google Play ataupun Apps Store.

Barang-barang yang dipasarkan oleh Sayur Box ada yang merupakan produk konvensional, hidroponik, ataupun organik. Selain itu, barang-barang tersebut bersumber langsung dari petani, produsen, dan pemasok.

Pembayaran untuk pembelanjaan di Sayur Box juga bervariasi, bisa menggunakan e-wallet (OVO dan Gopay), COD, transfer bank, hingga kartu kredit.

2. Segari

7-aplikasi-belanja-sayur-online-yang-dijamin-memuaskan-2

Segari termasuk aplikasi belanja sayur online terbaik yang unik. Segari bekerjasama dengan mitra yang tersebar di Jabodetabek, Yogyakarta dan Surabaya sehingga pihak Segari tinggal melakukan drop off pesanan barang di mitra yang untuk selanjutnya akan langsung diantarkan ke rumah Ibu oleh mitra tersebut.

Segari menawarkan sayur dan buah yang segar. Selain itu, banyak bahan makanan lain yang ditawarkan seperti telur serta roti artisan yang bekerja sama dengan beberapa toko terkemuka.

3. TaniHub

7-aplikasi-belanja-sayur-online-yang-dijamin-memuaskan-3

Awalnya startup Tanihub dibuat untuk menghubungkan antara petani dengan pembeli. Tanihub tidak hanya menyediakan aplikasi belanja sayur online untuk belanja sayur saja, kini Tanihub juga telah berkembang dengan menyediakan berbagai kebutuhan dapur lain termasuk produk-produk kemasan seperti bumbu dapur dan saus kemasan.

Mungkin Tanihub agak sedikit berbeda dengan aplikasi belanja sayur online lainnya karena di beberapa barang, Tanihub mensyaratkan minimal pembelian 1 kg. Aplikasi belanja sayur online ini cocok untuk pemilik usaha kuliner yang biasa membeli belanjaan dalam skala grosir.

Selain dapat diakses langsung dari aplikasinya, Ibu juga dapat membeli produk TaniHub melalui Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Blibli. Selain itu, jika Ibu berdomisili di Depok, Tangerang, Jakarta, dan Bekasi, Ibu juga dapat  menikmati promo ongkos kirim.

4. Tukangsayur.co

7-aplikasi-belanja-sayur-online-yang-dijamin-memuaskan-4

Bisa dibilang bahwa TukangSayur.co merupakan aplikasi belanja sayur online yang memiliki cakupan pengantaran terluas di Indonesia. Jika aplikasi belanja sayur online biasanya hanya dapat melayani Jabodetabek dan beberapa kota Besar di Jakarta, TukangSayur.co juga melayani kota-kota di pulau Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Sulawesi.

TukangSayur.co tidak hanya menyediakan sayur dan buah, tetapi juga menyediakan paket siap masak untuk berbagai masakan mulai dari bubur kacang hijau hingga terong balado. Ibu juga bisa menemukan produk ikan segar maupun olahan yang jarang bisa ditemukan di aplikasi belanja sayur online lainnya.

Biaya kirim jika berbelanja di Tukangsayur.co juga sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 10.000.

5. Happyfresh

7-aplikasi-belanja-sayur-online-yang-dijamin-memuaskan-5

Berbeda dengan aplikasi belanja sayur online lainnya, HappyFresh dikenal dengan Personal Shopper yang membelanjakan belanjaan pelanggan sesuai pesanan di supermarket yang diinginkan pelanggan pula. 

Bekerja sama dengan 17 toko panganan dan hingga 40 toko produk khusus, HappyFresh membuat belanja bisa berbelanja di toko swalayan favorit semudah menjentikkan jari. 

Beberapa supermarket yang bekerja sama dengan Happyfresh yaitu AEON, Grand Lucky, Carrefour, LOKA Supermarket, Lottemart, Super Indo, Giant, Hero, Tiptop hingga Ranch Market. Beberapa toko swalayan kecil juga bekerjasama dengan Happy Fresh.

Biaya pengantaran Happyfresh berkisar Rp 20-40 ribu tergantung jarak antara rumah dan supermarket yang dipilih. Selain itu, Ibu juga bebas menentukan jam pengantaran selama berada dalam rentang jam buka toko, yakni jam 10 pagi hingga jam 10 malam.

6. Brambang

7-aplikasi-belanja-sayur-online-yang-dijamin-memuaskan-6

Pada awalnya Brambang adalah portal belanja Online yang fokus menjual daging. Jenis daging yang ditawari sangat bervariasi. Mulai dari daging mentah berbagai potongan hingga daging siap masak yang sudah dimarinasi. 

Namun dalam perkembangannya, Brambang juga menyediakan berbagai sayur dan buah. Tidak hanya itu, Brambang juga menyediakan bumbu, rempah, makanan beku, dan snack.

Sama dengan aplikasi belanja sayur online lain, metode pembayaran yang dapat di gunakan di Brambang juga variasi, yakni transfer bank, e-wallet, dan kartu kredit.

7. Go-mart oleh Gojek

7-aplikasi-belanja-sayur-online-yang-dijamin-memuaskan-7

Dimulai dari menyediakan jasa ojek, Gojek juga menyediakan jasa Go-mart, yakni berbelanja online kebutuhan dapur. Sistemnya berupa pengguna memilih supermarket besar yang telah bekerjasama dengan Gojek seperti Carrefour dan Lotte Mart. Setelah itu, Ibu tinggal memilih barang apa saja yang ingin Ibu beli.

Biaya antar yang dikenakan pada jasa Go-mart ini bervariasi sesuai jarak pengiriman. Biasanya sekitar Rp 10 ribu bahkan bisa saja gratis dengan menggunakan promo Go-Pay dari toko rekanan. Sedangkan untuk toko yang bukan rekanan, akan dikenakan biaya pengantaran Rp 13 ribu jika berada dalam radius 0 hingga 4 kilometer dan tambahan Rp 2.500 untuk per kilometer berikutnya.

Itulah 7 aplikasi belanja sayur online yang sedang naik daun. Mana yang menjadi favorit Ibu?

Editor: Dwi Ratih