Keluarga

7 Aplikasi Chat Selain Whatsapp, Bisa Download Gratis, Lho!

7 Aplikasi Chat Selain Whatsapp, Bisa Download Gratis, Lho!

Pernah mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi chat selain Whatsapp? Untuk satu dan lain hal Whatsapp memiliki kekurangan yang mungkin bisa dipecahkan di aplikasi chat lain. Contohnya adalah kapasitas grup yang tidak begitu besar dan tidak bisa dimanfaatkan untuk pengguna yang membutuhkan grup skala besar.

Apalagi beberapa hari yang lalu, aplikasi chat Whatsapp sempat down. Dilansir dari laman Reuters, Whatsapp dilaporkan mengalami down pada 25 Oktober 2022, sekitar pukul 14.10 WIB-15.51 WIB. 

Bahkan situs Downdetector juga menunjukkan laporan dari 68.000 pengguna di Inggris, 19.000 pengguna di Singapura, dan 15.000 pengguna di Afrika Selatan. Indonesia pun mengalami hal serupa. Ternyata, sistem yang down ini di-iya-kan pihak Meta. Pihak Meta segera memberikan konfirmasi tentang error-nya sistem Whatsapp. 

Meski Meta telah memperbaiki sistem yang bermasalah dan Whatsapp kembali normal, ini bukan kali pertama Whatsapp mengalami server down dan pengguna tidak bisa melakukan aktivitas berkirim pesan atau lainnya.

Aplikasi chat selain Whatsapp

Dengan beberapa permasalahan yang ada, nggak ada salahnya, lho! Mulai mempertimbangkan penggunaan aplikasi chat selain Whatsapp. Ada beberapa aplikasi chat selain Whatsapp yang bisa kamu coba berikut ini:

1. Telegram


Telegram merupakan salah satu aplikasi chat selain whatsapp yang unggul dan memiliki fitur kombinasi antara email dan SMS. Pola berkirim pesannya kurang lebih sama seperti Whatsapp, tapi bisa lebih sederhana karena menggunakan nomor telepon saja untuk proses login akun.

Meski begitu, tenang saja, karena saat berkontak dengan orang lain, username Telegram kita-lah yang akan muncul, bukan nomor telepon. Jadi keamannnya terjamin.

Keunggulan Telegram lainnya adalah kapasitas grupnya yang besar hingga ribuan anggota. Sehingga bila kamu membutuhkan grup untuk berkordinasi dengan ribuan orang dalam satu grup, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Telegram.

Dilansir dari Telegram.org, Telegram memiliki basis cloud-based system atau penyimpanan berbagai layanan melalui internet dengan siknronisasi yang dipastikan mulus bebas hambatan. Ini memudahkan aplikasi ini dibuka di beberapa perangkat dalam satu waktu.

Telegram juga memiliki fitur Channel, yang mirip dengan channel Youtube, untuk menjangkau lebih banyak orang dengan video atau pesan menarik yang hanya bisa dikirim oleh user yang membuat. Hayoo, kamu tentu sudah pernah mencoba nonton film, web series, atau drama korea favorit di Telegram.

Telegram juga menyediakan fitur edit chat sehingga semisal kamu melakukan typo saat berkirim pesan, kamu masih bisa memperbaikinya. Telegram juga terbilang cukup ringan karena hanya membutuhkan kurang dari 100 MB kapasitas dari ponsel. Hmm, sepertinya kamu bisa mempertimbangkan Telegram sebagai aplikasi chat selain Whatsapp yang patut dicoba, nih.

2. Line


Aplikasi chat selain Whatsapp berikutnya adalah Line. Aplikasi yang perusahannya berbasis di Jepang ini menawarkan fitur yang menarik. Keunggulannya ada pada pilihan stiker yang beragam dan unik melebihi Whatsapp.

Sistem berkirim pesan, dokumen, foto, dan video sama mudah dan gratisnya dengan Whatsapp. Selain itu, Line juga bisa mengupdate status menggunakan gambar, video atau stiker. Meski tidak memiliki fitur yang lebih menonjol dibanding aplikasi lainnya, stiker di Line cukup menarik minat para pengguna. Kamu paling suka stiker yang mana di Line?

3. Snapchat


Aplikasi chat selain Whatsapp yang satu ini cukup banyak digemari pengguna Instagram. Karena fiturnya yang mirip, tapi dilengkapi dengan kelebihan-kelebihan tertentu pada layanan berkirim pesan dan visual.

Bila Whatsapp memulai percakapan dengan teks, Snapchat memulai dengan foto. Aneka jenis filter yang menarik membuat aplikasi ini digemari kaum remaja. Postingan, pesan dan video pada Snapchat tidak bertahan lama, hanya selama 24 jam saja. Ini membuat kapasitas Snapchat cukup ringan dibanding Whatsapp. Obrolan grup juga tersedia, lho. 

Bahkan ada fitur Snap Map yang memungkinkan kita melihat teman kita berada di mana secara live. Teman kita pun bisa melihat di mana lokasi kita. Tertarik mencoba aplikasi ini?

4. WeChat


Aplikasi chat selain Whatsapp yang satu ini cukup terkenal di awal kemunculannya. Rupanya WeChat merupakan versi internasional dari aplikasi chat utama di China, WeiXin.

WeChat di China memiliki banyak keunggulan termasuk sebagai marketplace dan media pembayaran segala hal. Karena kemudahannya inilah yang menjadikan aplikasi ini menjadi aplikasi utama. 

Secara internasional jumlah penggunanya tidak sebanyak di China. Tetapi fitur seperti WeChat Pay, Shake Phone untuk menemukan teman baru, dan fitur dasar berkirim pesan dan visual digemari banyak orang. 

Kamu bisa mempertimbangkan menggunakan aplikasi ini untuk menjangkau orang-orang baru yang mungkin belum pernah kamu bayangkan sebelumnya. Apalagi jika kamu berbisnis dan memasarkan produkmu lewat WeChat.

5. Facebook Messenger


Tidak menyangka bahwa Facebook Messenger telah menjadi aplikasi chat yang terpisah dari Facebook. Cara terhubungnya memang masih menggunakan akun Facebook, tapi fitur berkirim pesan yang sebelumnya adalah Inbox pada akun Facebook, kini menjadi aplikasi terpisah yang membuat aplikasi ini termasuk dalam aplikasi chat selain Whatsapp.

Bagaimana tidak? Hampir semua fitur Whatsapp ada pada Facebook Messenger. Untuk memiliki akun Facebook Messenger pun pengguna tidak perlu menyimpan nomor handphone seseorang. Cukup dengan akun Facebook-nya saja, kita bisa terhubung dengan banyak orang dan melakukan percakapan.

6. Viber Messenger


Mau tahu tentang aplikasi chat selain Whatsapp yang satu ini? Tak banyak orang mengtahui Viber. Tapi sebenarnya aplikasi chat ini cukup menunjang jika kamu mencari alternatif aplikasi chat yang serupa.

Dengan logo yang mirip tapi berwarna ungu, Viber memberikan fitur berkirim pesan dan aneka visual yang aman. Bahkan ada fitur Secret Chat yang memungkinkan pesan terhapus sesuai jangka waktu yang ditentukan pengguna. Tertarik untuk mencoba?

7. Kakao Talk


Penggemar aplikasi chat selain Whatsapp dengan stiker-stiker lucu pasti tidak bisa tidak sepakat kalau Kakao Talk pilihan yang menguntungkan. Fiturnya serupa dengan Whatsapp atau Line. Keunggulannya adalah kapasitas grupnya yang unlimited, menjangkau teman melalui nomor telepon atau ID, dan bila sinyal kita sedang tidak baik pesan kita tetap bisa sampai pada penerima. 

Cukup menguntungkan bukan? Dari beberapa aplikasi chat aman selain Whatsapp di atas, adakah yang belum pernah kamu coba gunakan?

Editor: Aprilia