Keluarga

Punya Banyak Fitur, Yuk Coba Pakai Aplikasi Chat Selain WhatsApp Ini

Punya Banyak Fitur, Yuk Coba Pakai Aplikasi Chat Selain WhatsApp Ini

Teknologi yang berkembang saat ini sedikit banyak dapat membantu seseorang yang tinggal berjauhan terasa lebih dekat, dengan mengandalkan fitur chat dan video call. Tapi belakangan ini salah satu aplikasi chat yang kerap diandalkan mengalami kendala.

Yup, beberapa waktu lalu aplikasi chat seperti WhatsApp memang mengalami masalah server down. Padahal WhatsApp merupakan aplikasi yang paling diandalkan oleh semua orang. Terutama bagi mereka yang memiliki smartphone.

Nah, untuk menghindari sewaktu-waktu aplikasi tersebut kembali down, Ibu perlu memiliki aplikasi chat lain sebagai alternatif penggantinya. Tujuannya agar tetap bisa berkomunikasi dengan pasangan, rekan kerja maupun keluarga.

Aplikasi chat selain WhatsApp terbaik

Nggak perlu khawatir, ternyaa ada banyak aplikasi chat selain WhatsApp yang bisa Ibu gunakan lho. Bahkan aplikasi chat selain WhatsApp tersebut tetap bisa digunakan dan di unduh di windows PC, Android dan iPhone. 

Untuk memudahkan Ibu dalam mencari aplikasi chat selain WhatsApp, yuk simak beberapa aplikasi berikut ini.

1. Skype

Photo source: Review Bukalapak

Dahulu Skype lebih dikenal dengan aplikasi yang menawarkan fitur video paling baik. Apalagi bagi mereka yang hendak melakukan video call ke luar negeri.

Padahal Skype juga memiliki fitur chat yang bisa dimanfaatkan untuk berkirim pesan lho. Nggak hanya itu Skype juga punya beberapa fitur menarik lainnya seperti berbagi foto, audio, emoticon, hingga panggilan telepon tanpa video.

Bahkan Skype juga memungkinkan kamu untuk bisa melakukan panggilan video call dengan lebih dari dua orang. Nah, buat kamu yang mencari aplikasi chat selain WhatsApp, mungkin Skype bisa jadi salah satu pilihan menarik yang bisa kamu gunakan nih Bu.

Skype bisa di unduh melalui Android, iPhone dan juga windows PC lho. Jadi kalau tiba-tiba WhatsApp lagi down, kamu tetap punya aplikasi chat selain WhatsApp yang bisa diandalkan.

2. Telegram

Photo source: Mashable

Telegram merupakan aplikasi chat selain WhatsApp terbaik yang awalnya paling populer di China. Melansir Wired sejak diluncurkan tahun 2013 yang lalu aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 500 juta orang lho.

Awalnya aplikasi Telegram memang lebih banyak digunakan oleh para gamers untuk bermain game. Tapi sekarang, Telegram juga sudah banyak dipakai oleh perusahaan dan pebisnis untuk tetap terkoneksi satu sama lain.

Tak berbeda jauh dengan WhatsApp, aplikasi Telegram juga membuat kita untuk dapat berkomunikasi dengan teman melalui private chat atau grup chat. Kamu juga bisa menghiasi chat dengan berbagai stiker, GIF, ataupun mengirim berbagai media seperti foto atau video.

Belum cukup sampai situ, kamu juga bisa nonton film lewat Telegram dengan sangat mudah dan pastinya gratis. Aplikasi ini juga bisa unduh di Android, iPhone dan juga PC lho.

3. Snapchat

Photo source: The Guardian

Ingin berbagi foto-foto lucu si kecil dengan keluarga besar? Yuk cobain pakai aplikasi chat selain WhatsApp yang satu ini. Snapchat punya fitur membagikan foto atau video lucu dengan berbagai filter yang disimpan dalam stories.

Tentu saja Snapchat juga bisa chatting dengan teman dan mengetahui apa yang terjadi di sekeliling kamu dengan fitur Snap Map. Kalau kamu pengguna iPhone wajib coba mengunduh aplikasi chat selain WhatsApp iPhone yang satu ini. Di jamin jauh lebih sering dibandingkan dengan WhatsApp deh!

4. Viber messenger

Photo source: DownloadFy

Untuk aplikasi chat selain WhatsApp yang satu ini banyak yang bilang merupakan kоlаbоrаsi аntаrа Blаckbеrry Mеssаgеr dan WhatsApp. Hal ini dikarenakan hampir semua fitur di WhatsApp dan Blackberry juga dimiliki oleh Viber.

Chatting menggunakan aplikasi ini bakal terasa sangat mudah dan menyenangkan karena kamu bisa menikmatif fitur GIF, sticker, foto, dan lainnya. Tentunya, kamu juga bisa melakukan panggilan suara atau video secara gratis.

Uniknya lagi Viber mempunyai fitur secret chat untuk membahas hal rahasia lho. Aplikasi chat selain WhatsApp ini juga dapat digunakan di PC maupun Android ya Bu. Kаlаu kаmu bоsаn dеngаn WhatsApp, kаmu bisа cоbа aplikasi yаng sаtu ini!

5. Facebook messenger

Photo source: Mashable

Walau masih satu payung alias satu perusahaan yang sama dengan WhatsApp, namun Ibu juga tetap bisa mencoba aplikasi chat selain WhatsApp yang satu ini. Yup, Facebook Messenger kini bisa menjadi pilihan alternatif di kala aplikasi WhatsApp sedang down.

Dari segi fitur maupun tampilannya Facebook Messenger memang sedikit mirip dengan WhatsApp. Melalui aplikasi ini kamu juga bisa melakukan panggilan telepon dan video call. Bedanya, kamu nggak perlu tahu nomor telepon seseorang agar bisa chatting.

Kamu hanya perlu tahu username Facebooknya saja. Sehingga privasi kamu tetap terjaga dengan baik. Wah, menarik kan?

6. LINE

Photo source: Suara.com

Kalau kamu pernah ke Negeri Ginseng alias Korea Selatan, pasti sudah nggak asing dengan aplikasi chat selain WhatsApp yang satu ini. Kalau di Korea sudah banyak sekali store yang menjual aneka pernak pernik Line yang lucu-lucu.

Tapi ternyata, LINE bukan berasal dari Korea Selatan lho melainkan berasal dari Jepang dan diprakarsai oleh LINE Corporation yang berkantor di Negeri Sakura sejak tahun 2011 lalu. Nah, aplikasi ini punya bentuk chat yang interaktif dengan berbagai sticker LINE lucu yang bisa mewarnai chat kamu.

Selain chatting, kamu dapat melakukan voice dan video call secara gratis di Android, iPhone atau PC. Nggak cukup sampai situ, di LINE kamu juga bisa bermain game sambil video call dengan teman. Wah, seru banget nih!

7. WeChat

Photo source: Tribun Jogja

Melansir Bussines Insider WeChat merupakan aplikasi bisnis dan komunikasi yang berasal dari China. Aplikasi ini dibentuk sejak awal 2011 yang diklaim mirip dengan Facebook.

Sаlаh sаtu fitur yаng раling mеnаrik dаri WеChat аdаlаh Nеаrby Реорlе. Dengan shаkе роnsеlmu, kаmu bisа lаngsung tеrhubung dеngаn оrаng yаng lоkаsinyа berada di dеkаtmu.

Jаdi, fitur ini sаngаt mеmungkinkаnmu mеndараtkаn tеmаn bаru. Sеlаin itu, WеChat jugа mеmрunyаi fitur sеlаyаknyа aplikasi chatting lаinnyа seperti video call, mеngirim stikеr, mеmbuаt gruр chat, dаn fitur mеnаrik lаinnyа.

Kamu juga bisa berbagi lokasi atau real time location dengan teman, bermain mini game dan juga bisa memposting sebuah story yang dalam aplikasi ini disebut dengan moments. WeChat bisa di unduh secara gratis melalui Android dan juga iPhone.

8. Kakao Talk

Photo source: Bungdus

Nah, kalau aplikasi chat selain WhatsApp yang terakhir ini memang berasal dari Korea Selatan dan sudah ada sejak tahun 2010 lalu. Aplikasi ini punya kecepatan yang luar biasa saat mengirim pesan lho. Jadi nggak bakal bikin pesan kamu terlambat dikirim deh.

KakaoTalk dibuat oleh developer Kakao Corporation dengan menawarkan berbagai fitur menarik, salah satunya yaitu kamu bisa membuat grup dengan anggota tanpa batas.

Selain itu KakaoTalk menyediakan kupon atau voucher yang bisa kamu dapatkan setiap hari untuk mentraktir temanmu.

KakaoTalk bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan teman yang juga memakai KakaoTalk baik di Android ataupun iPhone. Bahkan sejak tahun 2017 KakaoTalk juga sudah bisa di unduh di PC lho. Yuk, download sekarang!

Editor: Dwi Ratih