Keluarga

7 Drama Korea Tentang Dokter Terbaik Tahun 2017-2022

7 Drama Korea Tentang Dokter Terbaik Tahun 2017-2022

Apakah kamu termasuk penggemar drama Korea tentang dokter? Biasanya karakter dokter di dalam drama Korea punya tempat tersendiri di hati para penonton. 

Selain digambarkan sebagai sosok yang jenius, drama Korea tentang dokter juga diperankan oleh aktor dan aktris yang rupawan.

Nah, dalam kurun waktu lima tahun terakhir, ada banyak rekomendasi drama Korea tentang dokter yang bisa kamu tonton. Berikut daftar lengkap drama Korea tentang dokter, terbaik dari tahun 2017 sampai 2022.

1. Live Up To Your Name (2017)

Photo source: archabella.com

Live Up To Your Name adalah sebuah drama Korea tentang dokter yang tayang di tvN pada tahun 2017 lalu. Cerita drama ini terbilang cukup unik, lantaran mengisahkan seorang ahli medis era Joseon yang secara tidak sengaja melakukan perjalanan waktu ke Seoul 400 tahun kemudian. 

Dibintangi oleh Kim Nam Gil, Kim Ah Jung, dan Moon Ga Young, drama Korea tentang dokter bergenre fantasi ini sukses menghibur pemirsa.

2. Cross (2018)

Photo source: soompi.com

Go Kyung-pyo, Cho Jae-hyun, dan Jeon So-min menjadi sederet pemain di drama Korea tentang dokter berjudul Cross. Masih di channel TV yang sama, yaitu tvN, 16 episode drama ini tayang mulai tanggal 29 Januari hingga 20 Maret 2018. 

Melalui kisah drama ini, pemirsa diajak untuk lebih menyadari atas pentingnya transplantasi atau donor organ tubuh. Adegan bedah di ruang operasi yang jadi bagian cerita pada drama ini tampak seperti situasi nyata. Hal inilah yang membuat drama Cross banyak menuai pujian penonton.

3. Dr. John (2019)

Photo source: dailytimes.id

Rekomendasi drama Korea tentang dokter bertajuk Dr. John ini diadaptasi dari novel Jepang berjudul On Hand of God atau Kami no Te, yang ditulis oleh Yo Kusakabe. Persis seperti judulnya, cerita berpusat pada karakter dokter John atau Cha Yo Han yang diperankan oleh aktor Ji Sung. 

Pada drama Korea tentang dokter ini, dr. John digambarkan sebagai seorang yang jenius karena bisa mencari tahu penyakit yang diderita pasiennya hanya dalam 10 detik.

4. Doctor Prisoner (2019)

Photo source: soompi.com

Tayang di tahun yang sama dengan drama Korea Dr. John, rupanya drama Doctor Prisoner juga sukses mencuri perhatian penonton. Sederet aktor dan aktris papan atas, seperti Nam Goong Min, Kwon Na Ra, Kim Byung Chul, dan Choi Won Young turut membintangi drama Korea tentang dokter ini. 

Berbeda dari kebanyakan karakter dokter yang bekerja di rumah sakit ternama, drama ini justru menghadirkan kisah kehidupan seorang dokter yang bekerja di sebuah penjara.

Sukses meraih rating tinggi hingga mencapai angka 15,8 persen, Doctor Prisoner dikabarkan akan segera memproduksi musim keduanya. Meskipun belum bisa dipastikan tanggalnya, ternyata cukup banyak penonton yang menantikan kembali aksi akting Nam Goong Min dan Kwon Na Ra di drama ini.

5. Hospital Playlist  (2020-2021)

Photo source: layar.id

Hospital Playlist tentu masuk dalam daftar rekomendasi drama Korea tentang dokter, karena paling banyak mencuri perhatian penonton.  Bahkan 2 season drama Hospital Playlist sukses mencetak rating tertinggi. 

Drama Hospital Playlist dibintangi oleh Jo Jung-suk, Yoo Yeon-seok, Jung Kyung-ho, Kim Dae-myung, dan Jeon Mi-do. Selain itu, drama bergenre romantis ini juga menampilkan kameo berupa aktor dan aktris papan atas, seperti Yoo Jae-myung, Lee Kyu-hyung, sampai aktris senior Cha Chung-hwa.

Popularitas drama Hospital Playlist tentu bukan sekadar hanya karena faktor para pemain yang dihadirkan. Cerita kehidupan cinta dan persahabatan yang terjalin di antara para dokter di drama inilah yang paling berkesan bagi penontonnya. 

Meski plot cerita yang dihadirkan cukup ringan, setiap episode Hospital Playlist terdapat kejutan yang membuat penonton tidak mudah merasa bosan.

6. Hometown Cha-Cha-Cha (2021)

Photo source: kdramadiary.com

Siapa bilang drama Korea tentang dokter punya jalan cerita yang selalu serius dan menegangkan? Hometown Cha-Cha-Cha yang tayang pada pertengahan tahun 2021 lalu sukses menggugurkan anggapan tersebut. 

Selama penayangannya, drama bergenre komedi romantis ini bahkan menduduki puncak popularitas di dalam dan luar negeri. Mengisahkan kehidupan seorang dokter gigi bernama Yoon Hye Jin (Shin Min Ah) dan pengangguran yang setiap harinya selalu sibuk membantu warga desa Gongjin, Hong Doo Shik (Kim Seon Ho). 

Selain akting para pemain yang memukau, penonton juga dimanjakan dengan pemandangan pantai yang indah dan tepian laut sebagai latar tempat di banyak adegan drama ini. Kamu yang suka dengan pemandangan seperti ini dijamin akan mudah terbawa suasana dan ingin tinggal di desa Gongjin juga!

7. Ghost Doctor (2022)

Photo source: liputan6.com

Satu lagi rekomendasi drama Korea tentang dokter, yaitu Ghost Doctor. Persis seperti judulnya, kisah drama ini dimulai dari seorang dokter ahli bedah kardiotoraks bernama Cha Young Min (Rain) yang secara mengejutkan mengalami kecelakaan, sehingga harus terbaring koma selama beberapa bulan di rumah sakit. 

Selama masa koma ini, arwah sang dokter dikisahkan bergentayangan mengelilingi seluruh isi rumah sakit.

Selain aktor Rain, drama Korea yang tayang di tvN dan platform streaming Viu ini juga menampilkan akting dari sejumlah aktor dan aktris populer. Mulai dari Kim Bum, Uee, Son Na Eun, Kim Jae Yong, Lee Tae Sung, dan Sung Dong Il. Ada pula Hani EXID yang hadir sebagai cameo di episode ke 7 Ghost Doctor.

Jadi, apakah kamu sudah menonton semua rekomendasi drama Korea tentang dokter tadi? Kira-kira mana cerita yang paling jadi favorit kamu?

Editor: Dwi Ratih