Keluarga

7 Ide Menu Bekal Keluarga Untuk Seminggu

7 Ide Menu Bekal Keluarga Untuk Seminggu

Scroll…scroll Instagram buat cari ide menu bekal hari ini. Hmm.. enaknya bikin apa ya? Keseharian jadi Ibu makin berwarna karena selain mikirin mau masak apa hari ini, juga perlu mikirin mau bikin bekal seperti apa buat keluarga. 

Nggak cuma anak-anak yang dibekalin, tapi Ayah dan bahkan Ibu yang pergi bekerja juga mulai punya bekal yang bervariasi. Bukan hal yang sulit saat ini untuk mencari ide menu bekal yang variatif dan tampilannya yang membuat selera makan bertambah. 

Karena banyak akun-akun instagram menu bekal yang inspiratif menyajikan menu dan tampilan yang cantik. Penasaran seperti apa ide menu bekal untuk anak dan orang dewasa yang bisa Ibu contoh?

Ide menu bekal selama seminggu

1. Crispy chicken steak (Senin)

Photo Source: IG @putrihabibie

Mengawali pekan dengan semangat di hari Senin bareng crispy chicken steak ala @putrihabibie yuk! Putri Habibie juga membagikan resep membuat crispy chicken yang tepungnya kriwil dan renyah. Ternyata ada teknik khusus untuk membuat lapisan tepungnya jadi kriwil. Nikmatnya lagi, steak ini disajikan dengan creamy mushroom sauce yang kental.

Sajian ini mudah dibuat dan cocok sebagai ide menu bekal keluarga, baik anak-anak maupun orang dewasa. Recook, yuk!

Bahan Ayam:

Dada ayam tanpa kulit tanpa tulang, dibelah lalu dipukul2 sampai jadi lebih tipis. Kemudian marinasi dengan garam dan kaldu ayam bubuk. Boleh langsung dimasak atau biarkan marinasi sejam sampai overnight. Boleh ganti potongan lain atau protein lain.
 
Bahan Tepung Kering:

  • Sekitar 200gr tepung terigu, atau lebihkan jika ayam lebih banyak;
  • 2sdt Paprika bubuk, atau lebih jika ingin lebih merah;
  • 2sdt kaldu ayam bubuk;
  • 1sdt garam.
  • Bahan Tepung Basah:
  • Ambil 2 sdm tepung kering yang sebelumnya, lalu campur dengan air. Konsistensinya seperti susu.

Bahan saus:

  • 1 bawang bombay kecil, iris;
  • 4 siung baput, iris atau chopped;
  • 150-200gr jamur champignon;
  • 2-3sdm minyak bekas goreng ayam tadi agar lebih enak, atau gunakan butter;
  • 2sdm tepung terigu (boleh pake sisa tepung kering tadi);
  • 300ml air + 1sdt kaldu ayam bubuk (larutkan);
  • 200ml susu;
  • garam, gula, lada;
  • parsley (optional).

Catatan:

  1. Saat ayam dibalur tepung, DIAWUR jangan ditekan, agar hasilnya kriwil;
  2. Goreng langsung dan hindari didiamkan terlalu lama;
  3. Masukkan ayam saat minyak sudah panas dengan kondisi api sedang;
  4. Goreng dalam minyak yang banyak agar metode kriwil berhasil.

Intip cara pembuatannya di sini ya.


2. Beef teriyaki dan penguin sushi (Selasa)

Photo source: IG @raniarainamumtaz

Ide menu bekal kali satu ini diperuntukkan bagi penganut prinsip hidup “Kalau bisa ribet kenapa harus simple” yang satu aliran dengan @raniarainamumtraz. Akun instagram satu ini memberikan banyak ide menu bekal menarik yang cantik untuk anak lengkap dengan #tutorialmempersulithidup-nya yang jadi andalan. Inilah yang justru menarik minat netizen untuk ikut mencoba juga.

Nah, kombinasi nasi berbentuk penguin sushi, beef teriyaki, sauted vegetables dan buah potong berikut ini bisa Ibu pilih untuk menu di hari Selasa. Simak tutorial mempersulit hidup untuk penguin sushi-nya juga yuk, Bu!


3. American breakfast (Rabu)

Photo source: IG @dapurbekal

Mau ide menu bekal yang sat set sat set langsung jadi, bisa pilih menu yang satu ini. American Breakfast ala @dapurbekal bisa dicontek untuk bekal anak, Ayah atau Ibu yang sedang bosan nasi. Resep dan cara membuatnya juga cukup mudah, lho!

Komponen:

  • Roti panggang: roti tawar dioles mentega lalu dipanggang;
  • Scrambled Egg: campurkan telur dengan susu secukupnya dan bumbui dengan garam dan merica, lalu kocok lepas. Lelehkan mentega dan masak telur sambil diaduk sampai tingkat kematangan yang diinginkan;
  • Sosis: sayat atau potong sosis sesuai selera, lalu masak di atas pan sampai matang;
  • Jamur champignon: tumis bawang putih dengan minyak sampai harum, lalu masukkan jamur. Bumbui dengan garam dan merica;
  • Tomat cherry
  • Kacang polong: rebus sebentar kacang polong dan sisihkan.

Bila semua sudah matang, tata di kotak bekal dan siap dibawa, deh. Mudah, bukan?


4. Pasta daging saus bolognaise dan rolade ayam (Kamis)

Photo Source: IG @kelincitertidur

Bu Kinci @kelincitertidur juga ikutan setting kotak bekal, nih. Kali ini menunya non nasi. Yup, pilihannya jatuh pada pasta! Kombinasi pasta daging saus bolognaise yang simpel dipadukan dengan rolade ayam homemade yang bisa di-stok frozen. Beri pelengkap lagi dengan otak sapi yang dibalur telur. Tumis buncis wortel jadi sayuran pendamping menu ini. Tambahkan juga pumpkin seeds dan buah potong biar makin segar. Wah, udah bikin ngiler aja nih ide menu bekal untuk Kamis.


5. Sate ayam dan sup sayur (Jumat)

Photo source: IG @margaret_tatta

Intip ide menu bekal dari @margaret_tatta, yuk! Nasi lucunya dibentuk beruang, dilengkapi dengan sate ayam homemade dan tumis buncis tempe. Sup sayuran juga bikin bekal tambah nikmat. Bekal ini bisa untuk anak-anak ataupun orang dewasa yang bekerja. Komposisi gizinya seimbang dan masakan rumahan bangeeet. Mau coba recook untuk Jumat ini, Bu?


6. Tamagoyaki (Sabtu)

Photo source: IG @mimi_3w

Siapa yang Sabtu masih ngantor atau anak-anak juga ada yang masuk sekolah? Di beberapa perusahaan dan sekolah memang masih ada yang masuk di hari Sabtu ya. Jadi kulik-kulik lagi nih ide menu bekal yang cocok untuk makan siang. Nah, pilihan menu simple pakai tamagoyaki bento ala @mimi_3w bisa dicontek nih, Bu.

Tata nasi berbentuk karakter sesuai request anak atau Ayah supaya lebih semangat, lalu tambahkan tamagoyaki yang super simpel cara membuatnya. Lengkapi juga dengan brokoli rebus atau sayuran lainnya.


7. Sandwich simpel (Minggu)

Photo source: IG @bekalsekolah_hazell

Finallyyyyy sampai juga di hari Minggu. Nggak sedikit lho Ibu yang masih nyiapin bekal buat pergi piknik atau jalan-jalan keluar bareng keluarga. Selain lebih hemat, makan bekal jadi makin seru karena bareng keluarga formasi lengkap. Intipin ide menu bekal ala @bekalsekolah_hazell yang simpel ini, yuk.

Buat sandwich dengan isi smoke beef, keju slice, dan sayuran hijau. Isian bisa suka-suka Ibu dan anggota keluarga lainnya, ya. Tambahkan juga buah sebagai pelengkap supaya makin segar.

Lengkap deh, inspirasi menu bekal untuk seminggu! Ibu nggak pusing-pusing lagi dong mau cari menu apa untuk bekal keluarga? Hari ini mau pilih yang mana dulu, Bu?


Editor: Aprilia