Keluarga

7 Tips Berkunjung Ke Taman Safari Bogor, Biar Lebih Nyaman

7 Tips Berkunjung Ke Taman Safari Bogor, Biar Lebih Nyaman

Libur sekolah telah tiba, salah satu tempat yang biasanya ramai dikunjungi adalah Taman Safari Bogor. Hayo, siapa yang sudah pernah datang ke tempat wisata Taman Safari Bogor?

Bagi Ibumin, Taman Safari Bogor adalah destinasi yang paling sering dikunjungi saat si kecil libur sekolah. Yes! Meski harga beli tiket Taman Safari Bogor tergolong pricey, tapi entah kenapa tempat ini jadi destinasi favorit bagi anak Ibumin.

Selain bisa melihat secara langsung beraneka ragam satwa, di Taman Safari Bogor, kita juga bisa melihat aneka pertunjukan yang dilakukan langsung oleh para hewan di sana, lho! Cuaca di Kota Hujan yang sejuk, bikin berlibur ke Taman Safari Bogor terasa jadi lebih menyenangkan.

Nah, Ibumin punya tips khusus nih agar ke Taman Safari Bogor jangan sampai merugi. Mengingat harga tiketnya cukup mahal, Ibu tentu perlu melakukan beberapa persiapan agar liburan lebih nyaman.

Tips jalan-jalan ke Taman Safari Bogor


1. Datang pagi is a must!

Yup! Salah satu tips penting kala berlibur ke Taman Safari Bogor adalah wajib datang sepagi mungkin. Jam operasional di Taman Safari Bogor sendiri sejatinya adalah jam 8.30-17.00 saat weekday, dan weekend/hari libur di 8.00-17.00.

Tapi, mengingat lokasinya yang jauh dari Ibukota Jakarta, Ibumin sarankan untuk datang sebelum jam buka. Apalagi, biasanya semakin siang kita datang maka antrian di pintu masuk kendaraan alias Safari Journeynya bakalan lebih mengular.

Pssst, pokoknya jangan mau rugi ya Bu. Karena tiket masuk Taman Safari Bogor ini cukup pricey. Sebisa mungkin luangkan waktu dan datang sepagi mungkin agar bisa puas berpetualang di dalam.

2. Bikin itinerary

Hal yang satu ini juga nggak boleh dilewatkan jika hendak ke Taman Safari Bogor ya, Bu. Karena berlibur ke Taman Safari Bogor hanya bisa dilakukan satu hari, tentu nggak semua pertunjukkan hewan bisa kita tonton semua.

Jadi, saran Ibumin lebih baik bikin itinerary dan cek jadwal pertunjukan hewan yang diinginkan. Kalau favorit Ibumin sih Birds of Prey and Sea Lion, tapi kalau usia si kecil sudah agak besar Ibumin juga sarankan untuk nonton Cowboy Show, dijamin seru!

3. Nggak usah naik wahana

Perlu diakui, wahana di Taman Safari Bogor memang cukup banyak dan bervariasi. Di sana juga terdapat arung jeram mini yang bisa dinaiki oleh dewasa dan anak-anak. Seru banget deh!

Tapi, kalau mau puas eksplor Taman Safari Bogor, saran Ibumin lebih baik nggak usah naik wahana lagi ya Bu. Sebab, beberapa wahana di Taman Safari Bogor sebagian besar berbayar lagi di luar biaya tiket masuk di awal.

Apalagi wahana-wahana di sini cukup jadi favorit para wisatawan. Nggak heran, kalau mau bermain kita masih perlu antri.

Tapi, kalau mau mampir sebentar ke Baby Zoo Taman Safari Bogor boleh banget kok. Di sana kamu bisa berfoto dengan berbagai macam hewan, seperti baby bird, baby tiger dan lain sebagainya. Tentu saja, untuk masuk dan berfoto ini, berbayar kembali ya Bu.

4. Pilih outfit yang paling nyaman

Setelah Safari Journey berakhir, biasanya kita akan turun dari mobil, mampir ke area wahana dan food court untuk beristirahat atau sekadar jalan-jalan. Untuk itu, saran Ibumin, wajib memilih outfit yang paling nyaman buat Ibu, Ayah serta si kecil.

Kalau Ibumin sih biasanya menggunakan sepatu keds, celana jeans nyaman dan topi. Karena Bogor adalah Kota Hujan, jadi menurut Ibumin nggak ada salahnya prepare the worst case jikalau hujan datang, dengan membawa payung atau jas hujan.

5. Taman Safari Bogor, stroller friendly

Baru mau turun jalan-jalan, eh nggak taunya si kecil malah bobo. Dari pada dibangunin, lebih baik letakkan ia di dalam stroller saja ya Bu.

Jangan khawatir, karena Taman Safari Bogor tergolong tempat wisata yang stroller friendly, lho! Tapi, memang untuk menuju ke beberapa show hewan, kita perlu berjalan sedikit lebih jauh dan menanjak.

Kalau kamu hendak berkunjung ke Istana Panda, biasanya juga disediakan kereta wisata yang siap mengantar dan menjemput kamu secara gratis, lho! Apalagi, letak Istana Panda berada di atas dan kalau berjalan kaki dirasa cukup jauh, karena tracknya pun lumayan menanjak.

Jadi, biar lebih nyaman, saran Ibumin coba naik kereta wisata ini ya Bu! Dijamin kamu nggak akan capek dan pegal, deh.

6. Bawa bekal, why not? 

Seperti yang kita tahu, harga beli tiket di Taman Safari Bogor bisa dikatakan cukup mahal. Jadi, demi menghemat budget dan si kecil tetap happy, saran Ibumin nggak ada salahnya membawa bekal ya Bu.

Apalagi, di musim liburan seperti sekarang food court di sana juga cukup antri. Belum lagi harga makanannya yang tergolong pricey.

Jadi, kalau mau bawa bekal, why not? Mengingat waktu keberangkatan ke Taman Safari Bogor lebih pagi, bikin si kecil rentan crancky di jalan. Salah satu tips dari Ibumin ini, jangan sampai dilewatkan ya!

7. Beli tiket terusan secara online

Kalau Ibumin lebih suka beli tiket Taman Safari Bogor lewat aplikasi online. Karena, biasanya terdapat banyak promo menarik dari klaim kode voucher dan lain sebagainya.

Selain itu, beli tiket Taman Safari Bogor via aplikasi biasanya juga terdapat paket tiket terusan. Nah, tiket terusan ini biasanya sudah include dengan:

  • Safari Journey
  • Istana Panda
  • 13 wahana permainan
  • 8 presentasi edukasi (show hewan)
  • Baby zoo
  • Kubah burung
  • Pusat primata
  • Komodo Dragon Island
  • Air Terjun Curug Jaksa
  • Kampung Papua
  • Humboldt Penguin, dan lain sebagainya.

Jadi, buat Parents yang berencana mengajak si kecil berlibur ke Taman Safari Bogor dalam waktu dekat, jangan lupa ikuti tips dari Ibumin ini ya!