Keluarga

7 Tips Liburan Hemat Ke Singapura Dan Lokasi Murah Untuk Dikunjungi

7 Tips Liburan Hemat Ke Singapura Dan Lokasi Murah Untuk Dikunjungi

Liburan sekolah sudah dimulai. Parents sudah ada rencana ajak anak-anak ke mana, nih?

Salah satu tempat yang kerap jadi tujuan wisata favorit liburan akhir tahun adalah negara Singapura. Sayangnya biaya wisata dan makan sehari-hari di Negeri Singa tersebut, tergolong cukup mahal. 

Meski begitu, nyatanya masih banyak cara liburan hemat ke Singapura yang bisa diterapkan, lho! Apalagi, kalau liburan hemat ke Singapura kali ini Parents akan membawa seluruh anggota keluarga.

Cobain tips liburan murah ke Singapura bersama anak ala Ibumin berikut ini, yuk!

Tips liburan hemat ke Singapura


1. Pilih jam terbang pagi

Rata-rata penerbangan ke Singapura dari Jakarta punya jam malam. Jakarta Singapura tidak butuh waktu yang terlalu lama.

Hanya sekitar 2-3 jam saja. Tapi dengan ambil jam terbang malam, sampai di Singapura juga jadi kelewat malam.

Sudah masuk jam tidur anak dan nggak bisa langsung eksplor Jewel Changi Airport. Padahal, kalau ingin liburan hemat ke Singapura, eksplor Jewel Changi Airport adalah salah satu agenda.

Selain itu, dengan tiba di Singapura pagi atau menjelang siang, akan menghemat budget menginap 1 hari dibanding tiba saat malam.

Nah, coba kulik lagi penerbangan yang menyediakan jam terbang pagi. Salah satu caranya adalah berangkat dari kota lain (direct/transot). Carilah tiket yang cukup murah untuk pergi dari kota asal ke kota awal penerbangan.

Misalnya Semarang, harga tiketnya cukup terjangkau dan masih menang banyak daripada harus bayar ekstra untuk penginapan. Harga tiket penerbangan ke Singapura juga kurang lebih sama dengan keberangkatan dari Jakarta.

2. Langsung eksplor Jewel Changi Airport

Pagi sampai menjelang siang anak-anak masih mungkin masih bersemangat. Saat tiba di jam mereka aktif, anak yang super excited cocok buat langsung diajak eksplor Jewel Changi Airport.

Nikmati dulu keadaan sekitar. Kalau sudah puas, next tinggal ajak ke destinasi selanjutnya.

3. Pilih hostel untuk menginap

Berikutnya, beri jeda sejenak dengan datang ke hostel dan meletakkan barang-barang. Parents bisa pilih untuk makan dulu sambil menunggu jam check in, atau check in dulu baru makan.

Untuk meminimalisir repot sama barang bawaan, disarankan untuk check in dulu di hostel. Yup, pilih hostel untuk menginap daripada hotel.

Telusuri aja aplikasi yang menyediakan info penginapan di Singapura, dan temukan hostel yang family friendly tapi tetap terjangkau.

4. Siapkan budget makan sekitar 15-20 dolar Singapura

Budget makan di Singapura adalah sekitar 15-20 dolar Singapur per orangnya. Kunjungi tempat-tempat murah sejenis food court, kedai kaki lima atau pasar malam untuk mendapatkan makanan dengan harga lebih terjangkau. 

5. Pilih transportasi umum

Transportasi umum adalah kunci jalan-jalan nyaman buat dompet di Singapura. MRT, trem atau bus bisa Parents pilih untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Selain itu, bila menggunakan taksi, tidak ada car seat yang disediakan untuk anak-anak. Artinya Parents harus membawanya sendiri.

Malah lebih repot, bukan? Gunakan kartu khusus turis yang bisa Parents manfaatkan untuk memudahkan transportasi.

6. Tentukan tujuan wisata yang diinginkan

Mau liburan hemat ke Singapura, bisa dengan memilih tujuan wisata yang terjangkau bahkan gratis? Kalau Universal Studio adalah tujuan Parents dan anak-anak, siapkan budget sekitar Rp 600.000 per orang untuk tiketnya saja.

Tapi kalau budget Parents tidak sampai di nominal itu, masih banyak eksplorasi lokasi lain yang murah meriah bahkan gratis.

7. Bawa tumbler selalu

Akses air minum sangat mudah dan gratis di Singapura. Seorang travel blogger, Melissa, membagikan pengalamannya untuk selalu membawa botol air minum sendiri.

Jalan-jalan tentu menguras tenaga, jangan sampai dehidrasi. Apalagi anak-anak yang sangat aktif, mudah sekali mengalami dehidrasi.

Ada banyak air keran yang aman untuk diminum di fasilitas umum. Parents tinggal mengisi ulang jika air minum habis.

Tujuan wisata untuk liburan murah ke Singapura bersama anak

1. Garden by The Bay

Ini merupakan tempat paling direkomendasikan untuk ajak anak-anak eksplor Singapura. Garden by The Bay adalah taman di dekat pusat kota, dengan banyak hal untuk dilakukan dan dikunjungi. 

Pemandangan siang atau malamnya sama indahnya. Kalaupun cuma mau duduk-duduk menikmati sekitar juga bisa. Lebih seru lagi kalau masuk ke area Children’s Garden, dan Marina Barrage yang free entry.

Lokasinya pun masih di sekitaran Garden by The Bay. Nah, yang bikin seru adalah, kedua tempat ini menawarkan permainan air.

Anak-anak udah pasti doyan main air. Children’s Garden punya air mancur untuk anak-anak mandi dan main air. Sedangkan Marina Barrage, menyediakan kolam-kolam air untuk main dan berenang yang dikelola resmi oleh Dewan Utilitas Publik Singapura.

Photo source: @beondi_producer

2. Library @HarbourFront

Honey Kids Asia memberikan saran, untuk mengunjungi Library @HarbourFront yang gratis dan punya banyak referensi buku untuk dibaca. Ada area khusus anak yang lebih nyaman untuk anak bereksplorasi.

Photo source: National Gallery of Singapore

3. Keppel Center for Art Education

Dibawah naungan National Gallery Singapore, Keppel Center for Art Education menawarkan kegiatan-kegiatan seni untuk anak dan keluarga. Tiket masuknya gratis, lho!

Anak-anak dijamin suka dan bisa lebih dekat dengan orang tua. Keppel Center for Art Education ini letaknya ada di Level 1, City Hall Wing, ya.

4. Mengunjungi pemadam kebakaran

Sudah pernah berkunjung ke Pemadam Kebakaran di Indonesia, sekarang eksplor juga Fire Station di Singapura. Ada beberapa kantor pemadam kebakaran, yang menjadi lokasi kunjungan dan Parents bisa pilih lokasi terdekat dari lokasi menginap.

Untuk kunjungan ini diperlukan online booking di slot jam-jam tertentu. Cek dan booking langsung lewat Singapore Civil Defence Force ini ya.

Photo source: Visit Singapore

5. Belajar sejarah di Fort Canning Park

Nah, sudah jalan-jalan, main air, baca buku, bikin prakarya, sampai mengunjungi pemadam kebakaran, boleh banget tambah pengetahuan anak-anak dengan mengunjungi benteng.

Fort Canning Park salah satu benteng sejarah yang menarik untuk dijelajahi bersama keluarga, dan anak-anak. Benteng ini juga dekat aksesnya dengan Orchard Road dan National Museum, lho! Jadi makin hemat biaya transportasi, deh!

6. Orchard Road

Orang-orang pasti sudah banyak yang hafal dengan tempat ini, ya. Selain biaya masuknya yang free entry alias gratis, di sini Parents juga bisa mengajak anak berbelanja sepuasnya, lho!

Kalau memutuskan untuk belanja di sini, jangan lupa siapkan budget khusus utuk oleh-oleh. Pastikan belanja dengan bijak dan tidak kalap.

7. National Museum

Mengunjungi museum adalah jalan ninja untuk wisata edukasi yang disukai anak. Banyak hal yang bisa anak pelajari di sini, mulai dari seni, sejarah, anatomi tubuh, sampai pameran digital.

Tiket masuknya juga terbilang murah. Hanya berkisar Rp 100.000-an saja, dan untuk anak-anak lebih murah lagi.

Nah, itulah tips dan rekomendasi tujuan untuk liburan hemat ke Singapura. Yuk, segera packing dan berangkat bareng anak-anak dan terapkan tips liburan hemat ke Singapura ala Ibumin di atas!

Editor: Aprilia