Keluarga

Tetap On Budget Saat Liburan Akhir Tahun, Terapkan 7 Tips Berikut

Tetap On Budget Saat Liburan Akhir Tahun, Terapkan 7 Tips Berikut

Liburan akhir tahun sebentar lagi tiba. Parents sudah punya rencana liburan, belum nih? Pada beberapa orang, liburan akhir tahun dianggap cukup spesial untuk berkumpul bersama keluarga.

Nggak heran, menjelang akhir musim liburan akhir tahun, berbagai penginapan, villa ataupun hotel sudah banyak yang full booking. Tapi, perlu diingat meski ini merupakan momen setahun sekali, namun liburan akhir tahun bersama keluarga tetap perlu dipersiapkan dengan matang, agar nggak over budget.

Sebab, over budget sedikit banyak bisa menyebabkan Parents mengalami ‘bocor alus’ pasca liburan. Lalu, gimana sih cara tepat mempersiapkan liburan akhir tahun? Yuk, simak dalam ulasan mengenai tips liburan akhir tahun berikut ini.

Tips liburan akhir tahun, tetap on budget


1. Pilih destinasi liburan yang tepat

Punya banyak wishlist destinasi liburan akhir tahun bersama keluarga tersayang? Tak jarang hal ini justru bikin Parents jadi bingung menentukan tujuan pilihan.

Untuk itu, Parents perlu memilih 3 destinasi yang diinginkan. Kemudian kerucutkan menjadi 2 pilihan, break down satu per satu destinasi tersebut dan mana yang kiranya membutuhkan biaya lebih besar/sudah sesuai budget.

Ibumin akui, memilih destinasi liburan akhir tahun memang nggak mudah. Tapi, atas kesepakatan bersama, dan pertimbangan budget, semua pasti bisa didiskusikan dengan kepala dingin bersama keluarga ya, Parents.

2. Datangi travel fair jauh-jauh hari sebelumnya

Bepergian pada akhir tahun bisa jadi mahal, karena bertepatan dengan liburan sekolah dan musim perayaan Natal dan Tahun Baru. Karenanya, wajar apabila banyak penerbangan dan akomodasi lain menaikkan tarif perjalanan mereka.

Untuk itu, dikutip dari The Straits Time sejak jauh-jauh hari, setelah memutuskan akan pergi liburan akhir tahun bersama keluarga, Parents bisa mengunjungi berbagai agen perjalanan atau datang ke event travel fair. Biasanya pada waktu tersebut, biro perjalanan, akomodasi dan lainnya akan menawarkan promo khusus dengan harga bersahabat.

Jangan lupa bandingkan dengan situs perjalanan travel lain yang serupa. Karena terkadang, hal ini bisa membuat Parents mendapatkan harga penawaran terbaik.

Mengunjungi event travel fair, juga bisa memungkinkan Parents mendapatkan penawaran di menit-menit terakhir. Hal ini juga membantu proses penyusunan anggaran dana, guna menghindari kebocoran keuangan saat liburan.

3. Susun anggaran dana, pastikan semua on the list!

Setelah memilih destinasi liburan akhir tahun yang telah disepakati, serta tiket berangkat-pulang yang best deal, kini saatnya menyusun anggaran dana. Dikutip dari Wall Street Journal menyusun anggaran dana ini perlu dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Tujuannya, supaya Parents mengetahui pengeluaran apa saja yang nantinya akan dikeluarkan. Buat list tempat wisata yang nantinya akan dikunjungi, berapa biaya masuknya, dan wahana apa saja yang akan dinaiki.

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari pengeluaran berlebihan. Supaya setelah liburan akhir tahun selesai, keuangan keluarga tetap aman.

4. Hindari pesan tiket secara mendadak

Tips liburan akhir tahun yang satu ini, juga sebaiknya nggak boleh dilanggar ya Parents. Memesan tiket transportasi dan akomodasi hotel secara mendadak, harga yang ditawarkan justru makin tinggi.

Hal ini jelas mengganggu budget liburan akhir tahun yang sebelumnya sudah disusun. Kalau Ibumin, selain rajin datang ke acara travel fair offline, biasanya juga rajin mengecek aneka promo tiket online yang ada di e-commerce.

Tapi biasanya, hal ini Ibumin lakukan berbulan-bulan sebelum waktu keberangkatan. Biasanya agen travel akan menawarkan tiket transportasi dan akomodasi liburan akhir tahun, di pertengahan tahun dengan tawaran best deal dan beragam promo menarik.

5. Bawal bekal, why not

Yup! Bawal bekal saat liburan akhir tahun, ternyata sedikit banyak bisa membantu menghemat pengeluaran, lho! Apalagi kalau tujuan liburan yang dipilih ke luar negeri.

Berbagai pilihan makanan seperti mie instant dan snack rasanya nggak boleh ketinggalan untuk di bawa. Lagipula, bekal untuk liburan memang sebaiknya nggak perlu terlalu besar.

Yang terpenting cukup untuk bekal selama perjalanan atau saat di penginapan. Perbekalan ini juga penting, terutama bagi Parents yang membawa si kecil yang picky eater dan sulit makan makanan tertentu di negara orang.

6. Packing barang secukupnya

Kalau destinasi liburan akhir tahun yang dipilih masih di dalam negeri, rasanya Parents nggak perlu khawatir ya. Cukup packing barang secukupnya, terutama soal pakaian.

Ibumin biasanya akan menghitung lamanya hari yang dihabiskan untuk berlibur. Tinggal hitung deh, kira-kira berapa pasang pakaian yang dibutuhkan setiap hari/masing-masing anggota keluarga.

Kalau kiranya nggak cukup, tenang Parents bisa memanfaatkan laundry pakaian di tujuan wisata nantinya. Beberapa hotel/penginapan juga sudah ada yang menawarkan fasilitas laundry kilat untuk pakaian.

Jadi, Parents nggak perlu bawa pakaian terlalu banyak. Supaya barang bawaan lebih ringkas.

7. Liburan tetap sehat, is a must!

Apalah artinya liburan tanpa kesehatan yang menunjang. Tapi, banyak yang bilang mustahil rasanya menjaga tubuh tetap sehat selama liburan.

Karena yang sebenarnya terjadi, jadwal makan seringkali jadi berantakan. Akibatnya, bikin kita jadi mudah jatuh sakit pasca liburan.

Mengutip dari Forbes Health menurut survei yang dilakukan oleh National Alliance of Mental Illness (NAMI) menunjukkan 63% orang mengaku merasakan terlalu banyak tekanan selama musim liburan. Untuk itu, usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan seimbang saat liburan berlangsung.

Pastikan juga saat liburan, Parents dan keluarga tetap makan tepat waktu, konsumsi vitamin dan minum lebih banyak air putih agar tidak dehidrasi saat tubuh terasa sudah lelah. Jangan lupa bawa perlengkapan tambahan seperti obat-obatan dan juga kotak P3K ya Parents, untuk berjaga apabila sakit dan mengalami sebuah insiden.