Keluarga

8 Cara Membersihkan Wajan Hitam dengan Mudah

8 Cara Membersihkan Wajan Hitam dengan Mudah

Bagaimanakah cara membersihkan wajan hitam yang kerap membuat Ibu jengkel?

Munculnya kerak hitam di wajan atau gosong adalah salah satu yang tidak terhindarkan sebagai efek dari kegiatan memasak. Kerak hitam muncul akibat suhu api kompor yang tidak sesuai. Jika api yang dinyalakan lebih besar dari kebutuhan, maka wajan akan cepat gosong. Noda kerak hitam yang menempel di panci disebut juga dengan jelaga.

Jika jelaga ini terus dibiarkan, maka akan semakin bertumpuk, mengerak, dan menjadi sangat sulit dihilangkan. Namun, Ibu tetap bisa membuat wajan kesayang Ibu kinclong kembali dengan melakukan beberapa cara membersihkan wajan yang hitam.

Berikut cara membersihkan wajan gosong yang bisa Ibu lakukan dirumah:

1. Menggunakan air panas dan sabun cuci piring

8-cara-membersihkan-wajan-hitam-dengan-mudah-1

Cara membersihkan wajan yang berkerak pertama adalah dengan menggunakan air panas dan sabun cuci piring. Ini adalah cara pertama yang paling dasar. Rendam wajan gosong dengan air panas sesegera mungkin setelah digunakan. Selain itu, tambahkan sabun pencuci piring untuk membantu melembabkan kerak yang menempel pada wajan. Ini akan membuat kerak hitam lebih mudah terangkat ketika dibersihkan. Cara membersihkan wajan hitam ini cukup simpel.

2. Menggunakan cuka

Cuka memiliki kandungan asam asetat yang terbukti ampuh untuk mengangkat kerak hitam yang ada di dasar wajan. Oleh karena caranya yang mudah, menggunakan cuka adalah cara membersihkan wajan yang hitam favorit. 

Cara membersihkan wajan hitam dengan menggunakan cuka hanya dengan menyiramkan cuka ke dasar wajan yang berkerak dan kemudian didiamkan selama beberapa menit terlebih dahulu.

Kandungan asam asetat akan bereaksi dengan karbon yang ada pada wajan gosong. Kemudian Ibu tinggal mengelap dasar wajan yang terdapat jelaga dan Ibu akan mendapatkan wajan yang seperti baru kembali. 

Jangan lupa kemudian untuk mencucinya kembali menggunakan sabun pencuci piring seperti biasa hingga bersih.

3. Menggunakan baking soda dan air

8-cara-membersihkan-wajan-hitam-dengan-mudah-2

Baking soda adalah produk yang mudah didapatkan di pasaran. Selain untuk membuat kue atau gorengan, baking soda memiliki fungsi lain seperti untuk membersihkan noda membandel. Jadi, cara membersihkan wajan gosong lain adalah menggunakan baking soda dan air. 

Cara membersihkan wajan hitam adalah dengan mencampur baking soda dengan aiir, kemudian tinggal dioleskan ke bagian wajan yang berkerak.

Diamkan olesan baking soda tersebut untuk beberapa saat agar hasilnya maksimal. Setelah itu, Ibu dapat mencuci wajan tersebut dengan sabun cuci piring biasa hingga bersih. Wajan pun tampak baru.

4. Menggunakan abu gosok

Mungkin menggunakan abu gosok adalah cara membersihkan wajan gosong yang tradisional. Cara membersihkan wajan hitam dengan menggunakan abu gosok adalah mencampurkan abu gosok dengan air hingga membentuk sebuah adonan. Setelah itu, abu gosok yang sudah membentuk adonan digosokkan ke wajan yang berkerak hitam. Bilas dengan air bersih. JIka masih tersisa noda hitam, Ibu dapat mengulangi kembali langkah tersebut.

5. Menggunakan jeruk nipis

8-cara-membersihkan-wajan-hitam-dengan-mudah-3

Selain sering dikonsumsi, ternyata air jeruk nipis memiliki banyak manfaat loh! Salah satunya sebagai cara membersihkan wajan yang berkerak.

Cara membersihkan wajan hitam dengan menggunakan jeruk nipis adalah didihkan air dan letakkan di sebuah baskom yang sekiranya cukup untuk menampung wajan. Kemudian, Ibu dapat menyiapkan campuran sabun cuci piring dan jeruk nipis. Aduk hingga rata.

Jiwa kerak pada wajan Ibu sangat parah, Ibu dapat merendam wajan berkerak hitam semalaman. Setelah direndam, Ibu dapat mencuci kembali wajan tersebut seperti biasa dengan sabun dan air bersih.

6. Menggunakan minyak sayur

Cara membersihkan wajan yang hitam berikutnya dengan menggunakan minyak sayur. Minyak sayur mudah didapat sehingga tidak sulit untuk melakukan cara ini.

Cara membersihkan wajan hitam dengan minyak sayur adalah mengoles wajan dengan minyak sayur tipis-tipis. Ibu juga bisa langsung memasukkan minyak sayur ke dalam sebuah wadah dan menyemprotkannya ke wajan.

Tidak disangka, dengan hanya mengoleskan atau menyemprotkan minyak sayur saja, wajan Ibu bisa kembali seperti baru.

7. Membekukan di kulkas

8-cara-membersihkan-wajan-hitam-dengan-mudah-4

Mungkin cara membersihkan wajan yang berkerak ini tidak pernah terpikirkan oleh Ibu sebelumnya. Ternyata, noda membandel di wajan bisa hilang lho dengan cara ini.

Cara membersihkan wajan hitam dengan membekukan di kulkas adalah memastikan dahulu apakah kulkas Ibu cukup dimasuki oleh wajan. Kemudian, Ibu tinggal menyimpan wajan di kulkas hingga beberapa jam sampai kotoran yang membandel bisa terangkat. Setelah itu, Ibu dapat mencuci wajan dengan sabut dan air bersih seperti biasa.

8. Membuat pasta pembersih sendiri

JIka kerak di dasar wajan kesayangan Ibu sudah terlalu parah dan sulit dibersihkan, Ibu tidak perlu khawatir karena bisa membersihkannya dengan pasta pembersih yang dapat dibuat sendiri.

Cara membersihkan wajan hitam dengan menggunakan pasta adalah mencampurkan baking soda dan air perasan jeruk nipis hingga terbentuk pasta.

Kemudian, Ibu dapat mengoleskan pasta buatan tersebut ke dasar wajan yang menghitam. Diamkan kurang lebih selama 10-15 menit hingga pasta mengering. Setelah itu, isi air di dalam wajan yang sudah dioleskan pasta tersebut. Panaskan wajan yang sudah berisi air kurang lebih 10-15 menit. 

Disarankan agar tidak mengaduk bagian dasar wajan menggunakan spatula dengan kencang karena dikhawatirkan dapat merusak wajan. Setelah dipanaskan 10-15 menit, matikan kompor. Biarkan wajan selama seharian atau semalam penuh agar keesokan harinya wajan mudah dibersihkan menggunakan sabun cuci dan air bersih.

Itulah cara membersihkan wajan hitam yang bisa Ibu coba sendiri di rumah. Manakah yang menjadi favorit Ibu?

Editor: Dwi Ratih