Keluarga

8 Cara Membuat Suami Bahagia, Praktekkan Sekarang, Yuk!

8 Cara Membuat Suami Bahagia, Praktekkan Sekarang, Yuk!

Karena sebuah pernikahan tak selalu tentang kebahagiaan istri, maka temukan cara terbaik untuk membuat suami bahagia. Seringkali kita dikotakkan pada fakta bahwa istri harus bahagia menjalani pernikahan, tanpa menimbang bahwa suami juga perlu kebahagiaan.

Cara apa ya yang bisa dilakukan untuk membuat suami bahagia? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut, yuk!

Ragam cara membuat suami bahagia

1. Membangun ‘rumah’ yang nyaman


Membangun rumah dalam konteks ini bukan rumah yang secara fisik dibangun di atas tanah atau dalam bentuk apartemen, lho. Rumah yang dimaksud adalah suasana nyaman ketika suami kembali ke rumah.

Seharian lelah bekerja, mungkin stres dengan lalu lintas di jalan, usai berdebat dengan rekan kerja, atau masalah-masalah lain yang suami temui di luar sana, tentu yang diharapkan adalah kondisi rumah yang hangat dan nyaman.

Hangat dan nyaman diciptakan dari apa yang bisa dilakukan istri. Seperti tersenyum menyambut suami, menyediakan minum, menyediakan makanan (tidak harus masak, kok), dan menemani ngobrol.

Meski hati istri mungkin sedang tidak baik, tetap upayakan melakukan rutinitas ini terlebih dahulu. Nantinya jika semua runtutan sudah selesai, baru ajak suami ngobrol tentang keluh kesah istri.

Ini akan membantu suami lebih bisa berpikir jernih dan memposisikan diri kembali di rumah, tanpa terganggu dengan pikiran lain dari aktivitasnya di luar.

2. Tampil maksimal di depan suami


Sebuah penelitian di tahun 2021 berjudul Sex Differences in Sexual Attraction for Aesthethics, Resources, and Personality Across Age disebutkan bahwa laki-laki lebih tertarik pada perempuan melihat dari penampilannya. Meski perempuan lebih tertarik pada kecerdasan, pendapatan dan koneksi emosi dari seorang laki-laki.

Berdasarkan penelitian inilah, istri bisa berusaha semaksimal mungkin untuk tampil rapi di depan suami. Bukan sebuah kewajiban bagi istri untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti saat sebelum melahirkan atau sebelum menikah.

Karena pada dasarnya apapun bentuk tubuh wanita tetaplah indah. Hanya saja, dengan merapikan diri, berpenampilan bersih, bahkan seksi untuk suami, bisa membuat suami bahagia, lho.

3. Memberi kesempatan suami mengambil keputusan


Suami memang diciptakan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Ini juga memengaruhi mereka dalam mengambil keputusan. Sebuah kebanggaan bagi mereka sendiri bila suami bisa memutuskan sesuatu yang baik untuk keluarganya.

Melansir dari Sciencelaki-laki memiliki area otak yang bervolume lebih besar daripada otak perempuan. Salah satunya adalah area dalam pengambilan keputusan. 

Untuk itu, jika istri secara agresif memutuskan suatu hal dalam rumah tangga secara sepihak, suami cenderung merasa kecewa. Nah, ada baiknya untuk membuat suami bahagia, libatkan suami dalam pengambilan keputusan dalam keluarga.

4. Memberi ruang pada suami


Membuat suami bahagia salah satunya dengan memberi ruang pada suami. Termasuk di antaranya memberi kesempatan melakukan hobi yang disukai, memberi ‘me time’, atau memberinya waktu untuk bersama teman-temannya. Ini baik untuk membangun kepercayaan dirinya.

Melansir dari Marriage, perempuan cenderung bergantung kepada laki yang sangat mereka cintai. Mereka suka selalu berdekatan dengan pasangannya. Sedangkan laki-laki kebaikannya. Sifat individualisme mereka membuat mereka butuh waktu-waktu tertentu untuk sendiri.

Bukan karena tidak mencintai pasangannya. Tapi sebagai pemenuhan kebutuhan psikisnya.

5. Memelihara cinta yang sama


Cara berikutnya untuk membuat suami bahagia adalah melakukan kebiasaan saat pacaran atau awal pernikahan. Apalagi kebiasaan ini dilakukan untuk membantu suami melepaskan penat usai bekerja. Kebiasan yang bisa sering dilakukan adalah nonton film berdua, minum teh sambil ngobrol, berpegangan tangan, mandi bersama, atau memvariasikan kegiatan di ranjang.

6. Hal kecil yang membuat bahagia


Siapa bilang hanya istri yang menyukai hal kecil? Suami juga suka, dong! Hal sederhana seperti memegang tangannya, membisikkan I love you, mencium pipinya, beribadah bersama, hingga mengucapkan selamat pagi dan selamat malam juga merupakan hal kecil yang membuat suami bahagia.

7. Jadilah pendengar yang baik


Meski pada dasarnya kemampuan bahasa istri lebih besar kapasitasnya daripada suami, bukan berarti suami tidak suka bercerita atau curhat. Adakalanya mereka ingin curhat dan menceritakan apa yang jadi keluh kesahnya.

Jadilah pendengar yang baik ketika suami sudah mulai bercerita. Bila ia meminta, berikan saran yang sesuai dan hindari menghakimi.

8. Memuji dan mengapresiasi suami


Laki-laki suka dipuji. Jadi tak heran kalau membuat suami bahagia salah satunya dengan memujinya. Ketika dipuji dan diapresiasi, suami akan merasa dirinya bangga dan sangat dibutuhkan oleh istrinya. Ini akan menambah semangatnya dan membuatnya semakin tertarik pada istrinya.

Sedikit tips, nih untuk para istri. Pujilah suami saat atau setelah hubungan seksual. Ini akan menambah gairahnya, membuatnya semakin bahagia, bahkan bisa merangsangnya untuk sesi kedua.

Bikin suami senang dengan cara-cara di atas berhasil untuk mayoritas suami. Meski begitu ada juga suami dengan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang cukup berbeda. Di sinilah peranan istri untuk memahami karakter suami dan bisa membuat suami bahagia dengan caranya sendiri.

Cara apa lagi nih yang bisa membuat suami bahagia versi Ibu? 

Editor: Aprilia