Keluarga Dibaca 516 kali

8 Ide Kado Ulang Tahun untuk Istri

Share info ini yuk ke teman-teman
Menur
8 Ide Kado Ulang Tahun untuk Istri

Hingga saat ini, momen bertambahnya usia masih menjadi sebuah perayaan bagi masyarakat perkotaan. Perayaan ulang tahun ini pula yang kerap dijadikan momentum untuk memberi hadiah bagi orang-orang terdekat, tak terkecuali bagi pasangan yang telah menikah. Para istri nampaknya cukup lihai dalam melihat kegemaran suami sehingga tidak memiliki kesulitan dalam memilih kado ulang tahun untuk suami. Tapi, bagaimana dengan para suami? 

Dalam nytimes.com, psikolog klinis Charity Wilkinson-Truong menjelaskan bahwa budaya masyarakat saat ini menganggap pemberian hadiah adalah bentuk kesetiaan dan kasih sayang. Ini yang membuat banyak suami merasa sedih dan kecewa ketika kado ulang tahun yang diberikan “gagal” memuaskan istri. Tidak hanya menyebabkan suami berpikir ada yang kurang dari dirinya atau ada yang salah dengan pernikahannya, hal ini juga menyebabkan suami merasa cemas ketika tiba saatnya membeli kado. 

Nah, bagi Anda para ayah millennial, berterima kasihlah kepada teknologi. Dengan adanya Google dan media sosial, memilih kado ulang tahun tidak perlu sampai menimbulkan rasa cemas. Ayah bisa mencari ide kado ulang tahun secara online jika tidak ingin bertanya langsung pada istri.

Agar tidak bingung memilih dari puluhan opsi di dunia maya, Ibupedia merangkum 8 kado ulang tahun yang bisa Ayah hadiahkan untuk para istri berikut ini.

  1. Liburan 

    Jangan kaget wahai suami! Liburan atau traveling kini bisa menjadi kado ulang tahun yang sangat diidamkan oleh para istri. Ada yang menyukai berlibur bersama keluarga, hanya dengan suami, bahkan liburan solo alias sendirian. Tahu sendiri kan, liburan sekeluarga bagi seorang ibu sama dengan menggandakan kerepotan demi kesenangan beberapa hari.

    Meskipun demikian, kado ulang tahun berupa paket liburan, meskipun itu hanya staycation di hotel, bisa membuat matanya berbinar. Bingung memilih tujuan liburan, moda transportasi, atau tempat menginap? Manfaatkan situs perjalanan seperti tiket.com atau traveloka.com. Namun, jika Ayah ingin memberi kado ulang tahun berupa paket perjalanan wisata ke luar negeri, cek situs tour and travel Golden Rama, Sentosa Wisata, atau Panorama.

  2. Perabot rumah tangga kekinian

    Setidaknya lima tahun belakangan, tren rumah minimalis dengan dominasi warna putih sedang booming. Hal ini tidak lepas dari perkembangan media sosial, khususnya Instagram, yang bisa menjadi “etalase” bagi seseorang untuk menampilkan isi rumahnya dan membuat orang lain terpukau (dan menginginkan hal yang sama).

    Para ibu merupakan salah satu kelompok yang mudah tergoda untuk urusan tata menata rumah ini. Bukan tanpa alasan, ibu rumah tangga menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah sehingga suasana rumah dapat memengaruhi suasana hatinya. Ibu bekerja pun membutuhkan tempat yang nyaman untuk beristirahat saat pulang dan untuk bercengkerama bersama keluarga.

    Jadi, jangan heran ya Yah, jika istri gemar membeli perabot dan pernak-pernik penghias rumah. Jika Ayah jeli melihat selera istri, perabot rumah tangga kekinian bisa menjadi kado ulang tahun anti gagal. Beli di IKEA, Informa, Fabelio, atau Dekoruma.

  3. High-end skin care 

    Suami mana yang tidak ingin melihat istrinya cantik terawat? Tapi, kecantikan tersebut biasanya membutuhkan perawatan, bukan sekadar make up. Skin care atau produk perawatan kulit merupakan salah satu andalan para istri untuk tetap tampil cantik meskipun seharian di rumah mengurus anak atau setiap hari harus terpapar make up karena bekerja.

    Nah, kado ulang tahun berupa high-end skin care alias skin care mewah tidak hanya membuat istri sangat bahagia, namun juga meningkatkan rasa percaya dirinya. Kenapa sih harus high-end?

    Biasanya, formula yang terdapat di dalamnya adalah hasil uji laboratorium sendiri sehingga efektivitasnya sudah teruji. Riset untuk mengetahui kinerja produknya pun tidak murah, sehingga harga jualnya juga menjadi mahal. Belum lagi kemasannya yang mewah serta diimpor dari negara lain. Beberapa high-end skin care yang terkenal adalah SKII, Sulwhasoo, Clinique, dan Kiehl’s, dan untuk produk lokal ada Skin Dewi.

    Semakin tua, elastisitas kulit semakin menurun. Skin care minimarket mungkin mulai tidak menunjukkan hasil. Karena itu, high-end skin care bisa menjadi solusi. Meskipun tergantung jenis kulit dan cara pemakaian, efek high-end skin care biasanya cepat terlihat. Berapa harganya?

    Untuk satu jenis produknya bisa mencapai 1-2 juta rupiah. Terdapat pula ukuran mini dengan harga ratusan ribu. Untuk menjamin keaslian, kunjungi Official Store merk tersebut di marketplace favorit. Untuk harga lebih murah, cari toko lain di marketplace tersebut yang berlogo Trusted Seller atau memiliki review yang baik dari pembeli. 

  4. Sehari “bebas tugas”

    Bangun paling pagi, menyiapkan sarapan, namun makan paling terakhir. Belum lagi jika tidak ada ART, anak masih balita, bisa dibayangkan berapa banyak energi yang harus dicurahkan para ibu setiap hari. Betapa indahnya jika bisa “bebas tugas” sehariii… saja.

    Nah, kenapa tidak Ayah jadikan hal tersebut sebagai kado ulang tahunnya? Ayah bisa memilih untuk di rumah mengurus si kecil seharian sementara istri memilih tempat favoritnya untuk me time, atau sebaliknya Ayah dan anak-anak yang we time di luar rumah sementara istri bersantai di rumah. 

  5. Bermanja dengan suami

    Setelah punya anak, Ayah mungkin merasakan bahwa hubungan dengan istri tidak seromantis dulu. Kesibukan masing-masing dan urusan anak yang menyita waktu membuat tak ada waktu tersisa untuk pacaran atau bermanja. Belum lagi jika komunikasi tidak lancar.

    Mengingat romantisme tetap menjadi unsur penting dalam sebuah pernikahan, istri tentu tak akan menolak jika kado ulang tahunnya adalah quality time untuk bermanja bersama suami. Apakah itu dilakukan di luar rumah atau di rumah saja, Ayah bisa mengatur waktu agar anak ada yang menemani. Agendakan pula hal-hal yang akan dilakukan bersama istri sehingga istri merasa hal tersebut benar-benar Ayah persembahkan untuknya.

  6. Peralatan rumah tangga elektronik

    Pekerjaan rumah tangga memang tidak ada habisnya. Inilah mengapa banyak keluarga yang mempekerjakan asisten rumah tangga. Tapi, ada juga pilihan lain yaitu membeli piranti elektronik yang dapat meringankan pekerjaan rumah tangga. Beberapa contohnya adalah vacuum cleaner robot otomatis (harga mulai dari Rp 200.000) yang bisa bergerak sendiri saat membersihkan lantai. 

    Istri suka memasak? Pressure cooker bisa memasak lebih cepat dan menjaga vitamin agar tidak berkurang terlalu banyak. Hand blender, juicer, penyedot debu anti tungau, hingga setrika uap portabel juga bisa menjadi pilihan kado ulang tahun yang tidak hanya bermanfaat tapi juga membuat pekerjaan istri lebih efisien.

    Ayah bisa mencari di marketplace seperti Tokopedia atau Shopee, dengan harga mulai dari Rp 200.000 (untuk vacuum robot, hand blender, pressure cooker), juicer mulai dari Rp 600.000, penyedot debu kasur anti tungau mulai dari Rp 1.200.000, dan setrika uap portable mulai dari Rp 165.000.

  7. Renovasi rumah

    Rumah yang dulu terasa lapang kini terlihat sesak sejak memiliki dua anak. Tembok mulai mengelupas catnya, atap ada yang bocor. Nampaknya, kado ulang tahun berupa renovasi rumah akan disambut gembira oleh istri. Meskipun manfaatnya dirasakan bersama, namun renovasi rumah bisa membawa suasana dan semangat baru. Menyerahkan pada istri tentang warna cat atau ubin akan membuatnya semangat 45.

    Untuk memilih jasa renovasi rumah, Ayah bisa meminta rekomendasi kerabat atau malah menggunakan jasa kerabat. Bertanya pada Google atau Instagram pun tidak ada salahnya. Gunakan kata kunci “jasa renovasi rumah di X (nama kota tempat Ayah tinggal)” dan lihat rating serta reviewnya di Google untuk membantu menentukan pilihan. Jangan lupa hitung budgetnya dengan seksama ya, Yah.

  8. Mentahnya saja

    Kado ulang tahun kok mentahan alias uangnya saja? Tidak perlu gengsi ya, Yah. Mungkin ini solusi terakhir jika Ayah masih tidak yakin kado ulang tahun pilihan Ayah akan digunakan dengan senang hati (dan bukan disimpan dalam lemari) oleh istri. Jika ingin sedikit selebrasi, Ayah bisa membungkus “kado ulang tahun” tersebut dengan cantik atau menyerahkannya di akhir sesi birthday dinner. Namun, ada istri yang tipenya terus terang sehingga Ayah tidak usah pusing merencanakan surprise. Transfer saja dan beres.

Jadi,  sudah memutuskan ingin memberi yang mana?

(Menur)